Fluoride Topical, Tindakan Preventif Merawat Gigi Keluarga

Rutin menyikat gigi adalah sebuah keharusan untuk memastikan kondisi gigi dan mulut sehat. Selain itu, tindakan preventif yang perlu dilakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut adalah menggunakan fluoride topical.

Familiar, dong, dengan kata floride? Sebuah kandungan yang sering kita temukan dalam pasta gigi. Keberadaan dan fungsi floride ini memang cukup penting bagi kesehatan gigi. Tentunya, dengan catatan, apabila kandunganya pas dan tidak berlebihan. Segala sesuatu yang sifatnya berlebihan memang nggak akan baikkan? Makan kekenyangan saja, bikin perut jadi nggak enak bahkan susah napas.

Saya pernah membaca artikel kesehatan yang menyebutkan kalau di tahun 2007 silam, WHO, FDI dan IADR (International Association for Dental Research) pernah mencetuskan Deklarasi Beijing dengan tema ‘All to action to promote oral health by using fluoride in China and Southeast Asia’ yang menjelaskan kalau bahwa pasta gigi yang mengandung fluoride aman digunakan dan terbukti menurunkan angka karies. Bahkan floride juga aman digunakan anak-anak.

Kandungan floride ini selain didapatkan lewat pasta gigi, ternyata juga bisa didapatkan dengan cara berbeda, yaitu dengan dioleskan secara langsung pada gigi. Jadi, ya, belum lama ini 3M kembali mengeluarkan inovasi di bidang kesehatan dengan menawarkan perawatan kesehatan gigi melalui produknya, Clinpro White Varnish.

Produk ini punya kandungan 5% sodium floride yang efektif untuk merawat gigi sensitf dan dentin yang terbuka secarta permukaan akar yang sensitive. Selain itu, produk ini juga mengandung tri calcium phosphate yang dapat mengembalikan mineral gigi dan memaksimalkan penyerapan floride pada gigi.

floride untuk kesehatan gigi

Karena penasaran, waktu acara peluncuran saya pun sempat mencoba dan menggunakan produk ini. Sebelum dokter gigi memberikannya, langkah awal yang perlu saya lakukan menyikat gigi dulu. Memastikan kondisi gigi sudah bersih. Setelah itu, baru deh, cairan pitih yang mirip odol namun lebih cair ini dioleskan ke seluruh permukaan gigi dengan kuas. Rasanya? Umh, waktu itu sih, saya dan beberapa teman media yang mencoba merasakan kalau gigi jadi terasa lebih kesat. Untuk rasa, enak, karena memang ada taste apelnya, hahahaa. Jadi saya pikir anak-anak pun bakal suka.

Iya, produk ini memang aman digunakan seluruh keluarga. Tapi perlu diketahui, ya, kalau produk ini nggak dijual bebas, artinya bagi Mommies dan si kecil baru bisa menggunakannya sebagai pelengkap perawatan gigi saat datang ke klinik dokter gigi.

Udijanto Tedjosangsoko, drg., Sp.KGA(K)., Ph.D. selaku Ketua IDGAI Pusat menjelaskan kalau penambahan mineral floride dapat mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula serta membantu menguatkan email gigi dan meredakan linu. “Lebih jauh lagi, kandungan floride juga membantu menghilangkan plak,” ungkapnya.

Dalam rangka membantu proram pemerintah, Indonesia Bebas Keries 2030, 3M juga berpartisipasi dalam Pemeriksaan Karier Gigi dan Aplikasi Floriede Topical Kepada 2000 siswa pada 28-29 Oktober yang lalu di Batu. Aaah… semoga saja 3M bersama IDGAI bisa datang ke lebih banyak sekolah lagi di penjutu Tanah Air, ya! Termasuk sekolah anak saya.


Post Comment