Hospital Bag Check List for Newmom & Newborn

Ditulis oleh: Monik Wulandari

Menjelang hari lahir, salah satu yang bolak-balik saya cek adalah isi tas yang akan saya bawa ke rumah sakit. Ini 5 barang wajib ada untuk saya dan si bayi. Siapa tahu bisa membantu para expectant mom lainnya.

Saat due date semakin dekat, saya ingat banget salah satu yang bolak balik saya cek adalah isi tas yang akan kami bawa ke rumah sakit. Takut banget kalau sampai tertinggal. Sedikit tips dari saya untuk para bumil yang saat ini lagi deg-degan menanti hari lahirnya si kecil.

1. Buat catatan terlebih dahulu mengenai apa yang dibutuhkan oleh ibu maupun oleh bayi untuk dibawa ke rumah sakit. Baru masukkan barang-barang itu ke dalam tas.

2. Pastikan seluruh orang rumah tahu di mana tas itu diletakkan! Takutnya, kalau calon ayah dan calon ibu keburu panik dan kelupaan, maka orang rumah bisa mengingatkan.

3. Saya menyiapkan tiga buah hospital bag. Tiga hospital bag itu saya bagi menjadi berikut: satu ditaruh di rumah, satu di mobil dan satu di kantor (untuk yang bekerja). Takutnya saat kontraksi datang kita sedang tidak di rumah. Daripada ribet di hari H, saya mending ribet jauh-jauh hari.

Hospital Bag Check List for Newmom & Newborn - Mommies Daily

Lalu, apa saja isi di dalamnya?

Untungnya saya sering banget browsing dan bertanya ke teman-teman yang sudah menjadi ibu. Masalahnya kalau mengikuti kata hati sih, inginnya semua dibawa, hahaha. Faktanya, nggak sebanyak itu juga keperluan saya dan Kenzo selama empat hari di rumah sakit.

1. Pakaian bukaan depan
Pilih pakaian dengan bahan nyaman yang memiliki kancing depan. Di antara baju tidur, selipkan kemeja manis untuk dikenakan saat menerima tamu. Waktu itu saya membawa 2 baju tidur dan 2 kemeja semua kancing depan.

2. Pakaian dalam
Selain bra menyusui dan undies, jangan lupa membawa serta korset, breast pad dan pembalut khusus untuk masa nifas. Untuk bra menyusui saya membawa 4, celana dalam saya membawa 8, satu korset, 6 breastpad dan satu bungkus pembalut khusus. Dengan perhitungan akan berada selama 4 hari di rumah sakit.

3. Peralatan mandi
Memang peralatan mandi sudah disediakan pihak rumah sakit, namun saya lebih nyaman memakai koleksi sendiri. Aroma favorit saya bisa membantu mood ketika merasa lelah.

4. Pakaian bayi

Hospital Bag Check List for Newmom & Newborn - Mommies Daily

Selama di rumah sakit Kenzo mendapat baju dan bedong pinjaman dari rumah sakit. Jadi saya hanya membawa dua stel pakaian untuk pulang dengan model jumpsuit, satu buah selimut dan topi.

5. Popok sekali pakai

Hospital Bag Check List for Newmom & Newborn - Mommies Daily
Ini yang menurut saya penting. Sudah jauh-jauh hari saya browsing dan menanyakan pada rumah sakit, merek popok sekali pakai apa yang mereka gunakan. Hasil browsing dan rekomendasi mommies di beberapa grup whatsapp menyarankan untuk menggunakan Pampers Premium Care New Baby. Alasannya, karena popok ini didesain khusus untuk kulit bayi yang masih harus beradaptasi, dengan lima keunggulannya, yaitu, bahan ekstra lembut, berdaya serap tinggi, bagian pinggangnya lentur, sirkulasi udara terjaga, dan ada lotion yang melindungi kulit dari rasa gatal. Jadi saya tak ragu untuk memakaikannya pada Kenzo.

Kini Moms dapat melihat info produk dan artikel mengenai perkembangan bayi melalui website Pampers di sini. 

Happy packing mommies.

*Artikel ini merupakan hasil kolaborasi antara Mommies Daily dengan Pampers.


2 Comments - Write a Comment

  1. Pampers memang lebih dikenal orang.
    Saya dua kali dikira sales ketika menanyakan Mamy Poko. Padahal, saya mau beli. Mungkin penjualnya sudah menyimpulkan, apa pun mereknya, orang menyebutnya Pampers. Jadi, kalau ada orang menyebut merek lain, pasti sales.

    Suatu hari….
    Saya: “Bu, Mamy Poko.”
    Pemilik Warung: “Masih ada, Mas.”
    S: “Lo.”
    PW: “Stok saya masih ada. Minggu depan saja.”
    S: “Saya mau beli, Bu!”
    PW: “Oh, maaf, Mas. Saya kira mau jual.”

    :D

  2. Gue sempat nyoba dua mereka pospak lain sebelum akhirnya makai Pampers. Dulu emang nyaman-nyaman aja sih di duan anak gues. Sayangnya dulu teknologinya belum secanggih sekarang (ya iyalaaaah, hahahahaha). Tapi sekarang sebagian besar teman-teman gue yang jadi ibu baru, mereka pada pakai Pampers emang.

Post Comment