Lidah Putih Pada Bayi, Bisa Berbahaya Kalau…

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Tak hanya warna kulit kekuningan yang harus diperhatikan. Warna lidah juga bisa menjadi sebuah penanda ada atau tidak adanya penyakit berbahaya pada bayi.

Lidah Putih Pada Bayi, Bisa Berbahaya Kalau… - Mommies Daily

Jarak 5 tahun antara Dhia, si kakak dengan anak kedua saya, Giavana, membuat saya lupa-lupa ingat saat harus menghadapi bayi yang baru lahir. Jadi, saat ada sesuatu yang terjadi di luar kebiasaan, saya pun kembali dilanda kecemasan. Seperti saat melihat lidah Gia tiba-tiba berwarna putih. Gia hanya minum ASI, tapi kenapa lidahnya bisa berwarna putih? Apa penyebabnya? Lalu, boleh dibersihkan nggak sih?

Bertanyalah saya pada dr. Yulianto, SpA dari Markas Sehat tentang lidah putih ini. Menurut dr. Anto, yang dinamakan lidah putih, bukanlah lidah yang berubah warna menjadi putih secara keseluruhan. Warna putih hanya terjadi pada lapisan permukaan lidah saja. Sementara lidahnya sendiri tetap berwarna merah muda, karena organ ini kaya akan pembuluh darah yang mengandung oksigen.

Penyebab lidah putih bisa dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama disebabkan oleh infeksi, dan yang kedua akibat non infeksi. Penyebab non infeksi ini yang sering terjadi pada bayi, yaitu akibat bekas susu yang terperangkap di antara tonjolan lidah. Hal ini tidak berbahaya, apalagi bila anak masih terlihat sehat dan aktif. Warna putih di lidah akibat bekas susu umumnya mudah dibersihkan.

Sementara, lidah putih yang disebabkan oleh infeksi bisanya disertai dengan gejala lain seperti demam. Infeksi yang sering terjadi pada lidah adalah infeksi jamur. Salah satu penyebab tumbuhnya jamur hingga mengakibatkan warna putih pada rongga mulut adalah karena penggunaan antibiotik yang berlebihan. Penyebab lain yang bisa membuat lidah anak berwarna putih adalah geographic tongue, leukoplakia, oral lichen planus dan keganasan di mulut atau lidah yanng jarang terjadi pada bayi dan anak.

Bagaimana cara mengatasi lidah putih pada bayi? Karena yang paling sering terjadi adalah akibat bekas susu atau ASI, maka cukup bersihkan saja. Caranya mudah, cukup bersihkan noda putih pada lidah bayi menggunakan kain kassa yang dicelupkan air hangat matang. Balut kain kassa pada jari telunjuk, lalu dengan gerakan memutar, bersihkan lidah bayi. Lakukan secara perlahan, namun jangan dipaksakan. Dengan membersihkan lidah, membuat rongga mulut lebih segar dan membuat Gia nyaman. Selain itu, kesehatan mulut Gia juga lebih terjaga.

Namun, saat lidah putih tersebut sulit dibersihkan, atau terdapat bercak darah, dr. Yulianto menyarankan untuk segera membawa anak ke dokter. Hindari memaksa membersihkan lidah putih bayi. Apalagi bila anak juga merasa nyeri dan nafsu makan serta minum berkurang. Hal ini menandakan warna putih yang terdapat di lidah disebabkan oleh infeksi. Bila warna lidah bayi menjadi kebiruan, berarti darah yang beredar adalah darah yang miskin oksigen. Hal ini merupakan penanda penyakit jantung bawaan.

Selesai membaca artikel ini, jangan lupa cek lidah si kecil ya mommies.

Baca juga:

RUM, IRUM dan Sontekan Pertanyaan Saat ke Dokter


Post Comment