banner-detik
CAREER

4 Hal yang Akan Membuat CV Anda Dilirik HRD

author

Mommies Daily15 Nov 2016

4 Hal yang Akan Membuat CV Anda Dilirik HRD

Berniat mencari pekerjaan baru, atau sekadar memperbaharui CV? Jangan lupakan 4 hal ini yang akan membuat CV Anda dilirik HRD.

 CV yang Dilirik HRD, Seperti Apa? Image: www.recruitmentinmotorsport.co.uk

Biasanya akhir tahun banyak orang yang memasukkan pindah kerja dan mencari penghasilan lebih baik dalam list to do di tahun depan :D. Jadi, menyiapkan CV akan masuk juga dalam daftar kerjaan yang harus dilakukan. Apakah di antara mommies ada yang sedang mengalaminya?

Sebelumnya, kita harus ingat bahwa CV kita akan bersaing dengan puluhan, ratusan  bahkan ribuan orang lainnya (apalagi kalau perusahaan yang kita incar adalah perusahaan besar). Ditambah lagi, HRD perusahaan pun kian memperketat seleksi rekrutmen mereka. Nah, salah satu yang menjadi nilai tambah di awal adalah CV yang kita miliki. Bagaimana cara agar CV kita menarik minat HRD sehingga kita memiliki kesempatan untuk dipanggil dan menunjukkan kemampuan secara langsung?

  • Personal Info
  • Susun CV dengan ringkas dan jelas. Mommies dapat memulainya denganinformasi diri yang mencakup poin-poin utama, seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor telepon yang dapat dihubungi, serta e-mail. Hindari alamat e-mail yang jauh dari kesan profesional. Ada baiknya mommies menyiapkan satu alamat e-mail khusus untuk mencari pekerjaan dengan menggunakan nama mommies sebagai username. Alangkah baiknya jika mommies aktif dalam LinkedIn, dan mencatumkan alamat LinkedIn mommies sebagai pelengkap.

  • Pendidikan, Pengalaman, Pelatihan dan Prestasi yang relevan
  • Selanjutnya, cantumkan pendidikan terakhir dan pengalaman kerja mommies sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar. Bagi mommies yang memiliki prestasi atau penghargaan dari sejumlah kompetisi, mommies dapat mencantumkan prestasi yang paling relevan dan bisa menjadi nilai tambah Mommies di mata perusahaan. Jika ada, Mommies juga dapat mencantumkan sertifikasi pelatihan atau seminar yang pernah Mommies ikuti.

  • Menggunakan Bahasa Formal
  • Pastikan mommies menulis CV dengan menggunakan bahasa yang formal. Untuk pemilihan bahasa yang digunakan, ada baiknya mommies menggunakan Bahasa Inggris untuk beberapa perusahaan, terutama perusahaan multinasional, agar HRD dapat melihat kemampuan Bahasa Inggris mommies dari CV yang Mommies buat.

  • Desain Simple dan Professional
  • Untuk desainnya, pastikan layout CV Mommies tidak terlalu penuh sehingga mudah bagi HRD untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pilih font yang cocok untuk CV, dengan jenis dan ukuran yang tidak terlalu kecil dan nyaman dibaca dengan dibaca, seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 11. Selain itu, penting bagi mommies untuk melakukan cek kembali tulisan dalam CV Mommies, untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik atau typo.

    That’s it, selamat membuat dan merapikan CV mommies kembali untuk mencari pekerjaan baru. Remember, make it simple and professional. Semoga sukses!!

    Penulis: Rebecca – Experd Consultant. berkecimpung dalam dunia Human Resources sejak tahun 2009.

    Baca juga:

    4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Wawancara Kerja

    4 Hal yang Harus Diperhatikan oleh Pewawancara Kerja

    Share Article

    author

    Mommies Daily

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan