banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Taman Punya Peran Penting Bagi Masa Depan Anak

author

adiesty28 Oct 2016

Taman Punya Peran Penting Bagi Masa Depan Anak

Sadarkah Mommies kalau taman yang tersebar di tengah kota memiliki peran yang sangat penting bagi masa depan anak?

Beberapa waktu lalu saya sempat datang ke acara peluncuran kampanye terbaru ''brightFuture'' dari  Unilever. Tahun ini Unilever mengangkat tema yang menurut saya pribadi sangat menarik, “Selamat Tinggal Dunia Lama”. Maksudnya apa, sih, meninggalkan dunia lama?

Sebenarnya, kampanye ini didasari atas pemahaman akan pentingnya membangun dunia yang baik demi masa depan generasi mendatang. Intinya, sih, lewat kampanye ini, Unilever ingin mengingatkan kita untuk meninggalkan cara cara pandang pesimistis mengenai kondisi lingkungan yang bisa dibilang sudah penuh masalah, khususnya kondisi lingkungan.

Selanjutnya, tentu saja berharap agar kita semua sama-sama bergandengan tangan untuk membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak kita. Dunia tempat anak bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat serta menjalani masa kecil dengan gembira.

Benar juga, sih, kalau melihat kondisi lingkungan saat ini, di mana polusi dan sampah yang kian menumpuk, pasti akan memengaruhi lingkungan ke depannya. Lingkungan di mana anak kita tumbuh. Sementara anak-anak butuh lingkungan yang sehat tempat mereka bermain.

main di luar

Seperti yang kita ketahui, bermain di luar ruangan, seperti beberapa taman yang sudah tersedia, punya manfaat yang besar bagi pertumbuhan anak-anak. Hal ini pun diakui Retno Dewanti Purba, Psikolog dari SAUH Psychological Services. Saat acara peluncuran kampanye Bright Future, ia menandaskan kalau bermain di luar ruangan punya peran penting terhadap perkembangan fisik, kepribadian serta kecerdasan anak di masa depan.

Pasalnya, ada ragam manfaat yang bisa didapatkan anak. Mulai dari menghilangkan rasa stress karena merasa gembira, bermain di luar ruangan juga melatih motorik kasar dan halus, dan mengembangkan anak untuk bisa belajar bersosialisasi dan mengembangkan kreativitas. Oleh karena itulah, perilaku bermain di luar yang merupakan yang esensial untuk hidup yang membahagiakan dan masa depan yang lebih cerah.

Dalam hal ini, sudah bisa dipastikan, ya, kalau taman bermain yang bersih di kota-kota besar punya peran yang sangat penting. Tempat anak-anak bisa bereksplorasi. Sadar kalau fasilitas taman sangat besar bagi perkembangan tumbuh kembang seorang anak, maka kali ini lewat kampanyenya, Unilever menggerakkan kita-masyarakat, untuk melakukan hal nyata dengan mendonasikan Rp 500 untuk memperbaiki atau melengkapi fasilitas taman bermain di lima kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Makassar dan Yogyakarta.

Nggak hanya memperbaiki kondisi taman saja, lewat kampanye ini,  nantinya taman-taman tersebut akan dilengkapi fasilitas cuci tangan, fasilitas toilet higienis, fasilitas bermain dan juga beberapa materi edukasi penting yang perlu diajarkan pada anak-anak seperti nutrisi maupun cara sikat gigi.

Dalam kampaye ini, Unilever juga menggandeng Hypermart dan World Wild Fund (WWF) dan untuk mengajak kita lebih aktif dalam menciptakan lingkungan yang lestari. Jadi, selama periode kampanye ini berlangsung mulai 6 Oktober hingga 1 November 2016, setiap membeli produk Unilever tertentu di Hypermart, kita langsung ikut ambil bagian dalam kampenye ini.

Mommies sudah ikut terlibat kampanye ini?

 

 

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan