Cara Menyiapkan Dana Umrah Bersama Pasangan

Ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance.

Berencana umrah bersama pasangan, tapi bingung bagaimana cara menyiapkan dananya? Coba cek beberapa kiat dari Prita Ghozie,  Chief Financial Planner ZAP Finance.

Pergi untuk menjalankan ibadah umrah bagi mommies yang muslim, mungkin menjadi sebuah tujuan keuangan dalam keluarga. Dikarenakan membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka ada baiknya perencanaan ini dimulai dari sekarang. Jika mommies ingin menyiapkan dana umrah bersama pasangan, ini dia langkahnya.

menyiapkan dana umrah

  1. Tentukan Waktu Keberangkatan Umrah

Pemilihan waktu keberangkatan ibadah umrah, dapat berdampak pada besaran biaya. Sebagai contoh, umrah di momen Ramadhan mematok biaya hingga 2x kali lipat, jika dibandingkan dengan umrah di momen bulan lain. Maka, pastikan mommies memilih waktu yang sesuai dengan kemampuan finansial.

  1. Memilih Agen Perjalanan

Faktor dalam penentuan agen perjalanan terdiri dari jadual perjalanan (itinerary), kelas hotel dan pesawat, fasilitas makan dan transportasi, serta jumlah peserta dalam rombongan. Secara umum, kita tentu tidak mau memiliki rombongan yang berjumlah sangat besar, karena akan lebih sulit untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal. Mommies juga sebaiknya mendatangi moslem travel fair untuk mengetahui agen perjalanan yang tersedia, mau pun bertanya kepada rekan dan keluarga untuk rekomendasi.

  1. Menghitung Kebutuhan Dana Umrah

Kebutuhan biaya umrah yang perlu dipersiapkan tidak hanya terkait biaya perjalanan yang dibebankan oleh agen melainkan juga biaya uang saku dan perlengkapan lain yang diperlukan. Jika saat ini biaya perjalanan umrah sebesar USD2.500 atau sekitar Rp35 juta, maka biaya umrah bersama pasangan menjadi Rp70 juta. Pahami, bahwa biaya ini masih diluar biaya pribadi seperti pakaian dan oleh-oleh. Dengan asumsi kenaikan biaya 10%, maka kebutuhan dana umrah sebesar Rp70 juta saat ini akan menjadi sekitar Rp93 juta tiga tahun mendatang.

  1. Mengumpulkan Dana Umrah

Apabila rencana keberangkatan umrah kurang dari 1 tahun, maka disarankan untuk menabung. Caranya, dengan menyisihkan dana dari gaji atau mengambil alokasi dari bonus tahunan. Jika rencana berangkat diatas 1 tahun lagi, pilihannya bisa berinvestasi di produk reksadana campuran syariah. Jika asumsi hasil investasi adalah 10% per tahun,  maka untuk mencapai target dana biaya umrah 3 tahun lagi, dibutuhkan investasi sebesar Rp2.2 juta per bulan.

  1. Persiapan Sebelum Keberangkatan

Mendekati bulan keberangkatan, lakukan persiapan finansial penting seperti menukar uang tunai kedalam mata uang Riyal, membawa perlengkapan ibadah yang diperlukan, serta membawa alat komunikasi yang dapat dipergunakan dari Arab Saudi. Jangan lupa juga untuk meninggalkan dana darurat yang dititipkan ke keluarga apabila mommies masih memiliki anak kecil yang tidak ikut serta.

Selamat menyusun rencana ibadah umrah! Live a beautiful life!

 Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.


Post Comment