Pulang Kerja Tepat Waktu dan Pelajaran Berharga yang Saya Dapat

Dengan mencoba sebisa mungkin pulang tepat waktu dari kantor, ternyata saya menemukan beberapa pelajaran berharga.

Pernah ada masanya ketika saya pulang kerja on time dan rekan-rekan kerja lain masih asik berkutat dengan pekerjaan mereka masing-masing, saya merasa bersalah. Ada rasa “Kok nggak enak ya pulang tepat waktu.” Tapi setelah dipikir-pikir, kenapa juga harus merasa nggak enak? Kan jam kerja kita memang sampai jam segitu di surat kontrak kerjasama, hahaha. Lagipula, pulang kerja on time ternyata mengajarkan saya bebera hal berharga.

Manfaat pulang kerja tepat waktu

1. Saya belajar bahwa dunia kerja saya tidak akan hancur hanya karena saya menunda beberapa pekerjaan untuk dikerjakan keesokan harinya

Pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya. Namun, skala prioritas membuat saya tahu, bahwa mana yang harus dikerjakan hari ini, mana yang bisa menunggu besok atau mana yang masih aman jika diselesaikan di minggu depan. Bahwa membalas email klien yang masuk pada pukul 9 malam tidak harus dilakukan saat itu juga. Jika keluarga saya pernah saya buat menunggu ketika saya sibuk dengan pekerjaan, maka pekerjaan saya pun juga bisa menunggu.

2. Saya jadi belajar untuk bekerja dengan efisien

Memaksa diri pulang on time membuat saya selalu menuliskan To Do List setiap pagi dan memastikan bahwa itu harus selesai saat jam kerja saya berakhir. Saya jadi terbiasa membuat planning, menentukan skala prioritas pekerjaan dan target.

3. Saya memiliki waktu luang untuk diri sendiri

Saat weekend susah rasanya bagi saya menikmati film dewasa karena saya pasti akan menghabiskan waktu bersama kedua anak saya. Maka, pulang kerja on time membuat saya bisa pergi bersama teman-teman menonton film yang saya suka (dan itu tidak melulu film kartun atau film dengan kategori Semua Umur!)

4. Saya membuat orang lain menghargai waktu yang saya punya

Saat saya mengerjakan tugas-tugas dengan baik, memenuhi tenggat deadline tepat waktu, orang lain melihat bahwa tidak ada pentingnya menganggu saya di saat jam kerja sudah usai. Ini membuat mereka memahami bahwa saya adalah pekerja yang bertanggung jawab. Dan membuat mereka menghargai waktu dan aturan yang saya punya.

Bagaimana dengan mommies?

Baca juga:

Bagaimana Aturan Main Bekerja di Perusahaan dengan Mayoritas Pegawai Perempuan?

7 Kesalahan yang Sering Kita Lakukan di Tempat Kerja


Post Comment