8 Cara Mudah dan (Murah) Membuat Rumah Lebih Sehat Untuk si Kecil

Membuat rumah menjadi rumah yang sehat sebenarnya nggak perlu biaya yang mahal. Saya mencobanya dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Sejak menikah dan memiliki anak, hobi bersih-bersih saya yang memang sudah ada sejak remaja semakin menjadi-jadi. Melihat debu sedikit aja, atau semut berseliweran di lantai, tangan sudah gatal mau membersihkan. Khawatir kalau itu akan berpengaruh pada kesehatan si kecil. Biasa kan namanya juga ibu muda (eheeem) suka parno kalau urusannya dengan kesehatan dan keamanan si kecil.

Bersyukur saya memiliki mama yang juga mempunyai pemikiran yang sama, jadi banyak aturan atau kebiasaan-kebiasaan mama dulu yang kini saya terapkan di rumah. Kebiasaan yang cukup membantu untuk membuat rumah kami menjadi lebih sehat dan aman tanpa perlu biaya mahal. Ini penting :D.

Cara murah membuat rumah sehat

1. Menyediakan alas kaki khusus untuk di dalam rumah

Saat anak-anak saya pulang sekolah atau sehabis bermain dari luar, sepatu atau sandal yang mereka kenakan harus langsung dilepas di tangga teras. Tidak ada yang namanya alas kaki dari luar menginjak lantai bagian dalam rumah. Dan saya akan menyediakan sandal khusus untuk di dalam rumah. Setidaknya ini mencegah kotoran dari luar terbawa ke dalam rumah. Saya kan nggak tahu alas kaki dari luar sudah menginjak apa saja (eeeuuuh).

2. Selalu mencuci tangan dan kaki setelah dari luar

Anak-anak, suami dan siapapun yang sering main ke rumah saya sudah sangat paham bahwa begitu masuk rumah mereka wajib mencuci tangan dengan sabun serta ke kamar mandi untuk mencuci kaki :D.

3. Berganti baju sebelum naik tempat tidur

Setelah pergi dari mana pun wajib mengganti baju luar dengan baju rumah sebelum merebahkan diri di tempat tidur.

4. Membuka jendela setiap pagi

Setiap bangun pagi, saya segera mematikan AC dan membuka jendela-jendela agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik dan udara segar serta sinar matahari memasuki rumah.

5. Memiliki jadwal membersihkan rumah besar-besaran sebulan sekali

Di weekend terakhir setiap bulan, kami sekeluarga plus ART di rumah akan kerja bakti untuk membersihkan rumah. Ini artinya, mengelap segala macam debu yang ada di atas lemari, belakang lemari, sela-sela ventilasi dan menyortir serta membuang barang-barang tidak terpakai yang ada di setiap ruang.

6. Rutin mengganti seprei, handuk, keset serta spons cuci piring

Biasanya, seprei, handuk dan keset saya ganti setiap satu minggu sekali. Sedangkan spons cuci piring biasanya sebulan sekali saya ganti dengan yang baru.

7. Memilih alat pembersih multifungsi

Menggunakan alat pembersih yang multifungsi tidak hanya membantu membersihkan rumah namun juga bisa membuat waktu saya lebih efisien plus dompet saya lebih aman, hehehe. Salah satu pembersih yang penting untuk memiliki fungsi ganda adalah pembersih lantai. Kenapa saya bawel banget untuk urusan lantai?

Masalahnya, yang namanya lantai itu nggak hanya kotor atau debu, namun hal lain yang cukup gengges adalah kehadiran serangga, seperti semut, nyamuk, kecoa dan sejenisnya. Kebayang nggak, kalau lantai yang sudah kita anggap bersih, ternyata belum sepenuhnya aman karena kehadiran serangga? Terutama untuk ibu dengan anak balita yang aktif bereksplorasi, pasti khawatir kalau si kecil terkena gigitan serangga kan?!

Jadi yang saya lakukan adalah menggunakan alat pembersih multifungsi. Untuk di rumah, saat ini saya menggunakan Wipol Ultra Protection Pengusir Serangga. Yang saya suka saat pertama kali mencoba produk ini adalah karena selain membersihkan dan membunuh kuman, Wipol Ultra Protection Pengusir Serangga juga bisa membantu mengusir serangga, seperti kecoa, nyamuk dan semut.

Jadi selain lantai menjadi bersih, saya juga tenang karena tahu bahwa serangga akan menjauh sehingga si kecil aman dari gigitan semut (yang ukurannya kecil tapi sakit banget), gigitan nyamuk penyebab DBD atau kuman yang dibawa oleh kecoa dan lalat *__*.

Mungkin karena Wipol ini memiliki kandungan sereh di dalamnya kali ya. Kan, sereh terkenal sebagai bahan alami pengusir serangga dan wanginya juga menenangkan. Jadi sudahlah multifungsi, kandungan bahannya juga alami :).

8. Rutin mengosek WC dan membersihkan kulkas

Nah dua area ini juga penting, jangan sampai terlewat untuk dibersihkan.

Lihat kan, 8 cara yang saya lakukan ini murah meriah namun dampaknya cukup dahsyat kok untuk membuat rumah tetap sehat dan menjadi rumah idaman (asiiiik :D).


One Comment - Write a Comment

  1. Ini benaaaaar banget mbak Fia, saya biasain banget anak saya selalu mandi setiap abis pergi2, terus kalau kulkas pasti setiap dua minggu sekali saya bersihin, suka ada makanan yang udah basi kesimpan kalau nggak begitu. Ngomong-ngomong si Wipol ini bisa untuk lantai kamar mandi nggak ya?

Post Comment