Beberapa Hal yang Ingin Ibu Katakan Padamu, Nak….

Ditulis oleh: Azza Waslati

Saya berharap 10 hal yang saya katakan kepada anak-anak saya ini membuat mereka selalu dapat merasakan cinta saya :).

Yang ingin ibu katakan pada anak

Ada yang bilang anak seperti kertas kosong. Orang tua dan lingkungan yang mewarnainya. Dan ketika si anak sudah cukup besar untuk mewarnai dirinya sendiri, seringkali kita lupa bahwa bagaimana pun juga ini adalah hidupnya. Sering kita memaksakan dia memilih warna tertentu hanya karena menurut kita itu yang terbaik.

Lupa adalah kebiasaan manusia. Segala teori mendidik anak yang mengutamakan kebahagiaan dan kesehatan jiwa raga si anak bisa hilang dikalahkan kebiasaan dan pelajaran hidup yang kita dapatkan. Seringkali kita mendidik anak dengan cara kita dididik. Dihardik saat berbuat salah. Dipaksa belajar keras menjelang ujian. Dibanding-bandingkan.

Niatnya sih baik, ingin si anak lebih dari kita. Namun ya itu tadi, lupa. Tidak apa, nanti saat ingat, kembalilah lagi menjadi orang tua terbaik yang kita bisa.

Berikut adalah beberapa hal yang sebenarnya ingin dikatakan oleh seorang ibu kepada anaknya, namun kerap tak tersampaikan karena sibuk berjibaku dengan hidup.

Semoga bisa mengingatkan bahwa semua yang kita lakukan adalah karena cinta dan harapan anak kita akan bahagia.

1. Ibu juga manusia, pasti bisa berbuat salah.

2. Ibu ingin sekali jadi ibu yang lebih baik, tapi ibu ya seperti ini adanya. Meski begitu, ibu selalu berusaha untuk menjadi lebih baik untukmu, Nak.

3. Terima kasih kamu suka masakan ibu. Buatmu mungkin sederhana, tapi melihatmu lahap makan membuat ibu teramat bahagia.

4. Terima kasih sudah menjadi anak yang sehat. Ibu tak akan ragu memberikan semua, termasuk jiwa raga ibu, untuk memastikan kamu sehat sempurna.

5. Kamu sangat berharga.

6. Iya, ibu sangat bangga padamu!

7. Kalau ibu sedang berargumen atau bahkan mungkin ribut dengan ayahmu (maaf ya), itu bukan salahmu. Orang dewasa terkadang tidak sependapat, dan itu biasa saja, kok. Nanti juga kami akan menemukan jalan keluarnya.

8. Kamu sangat spesial! Jangan pernah lupa itu.

9. Tolong, berbahagialah. Apapun yang mungkin ibu katakan, yang bisa jadi membuatmu tak bahagia, sebenarnya semua yang ibu lakukan hanyalah untuk membahagiakanmu. Tolong ingatkan ibu kalau kamu jadi tak bahagia karenanya. Ingat nomor 1 tadi, kan?

10. Kamu tidak terlahir dengan buku panduan dan ibu sampai sekarang tidak punya buku “Being a Mother for Dummies” (tapi ini ide bagus). Kadang ibu pun tak yakin bahwa ibu melakukan hal yang benar dengan cara ibu membesarkanmu. Karena itu, terima kasih sudah bertahan dengan ibu. Terima kasih sudah menjadi anak ibu. Ibu sayang kamu :).

Baca juga: 

Terimakasih Nak, Karena kalian Telah Mengajarkan Mama 7 Hal Ini


Post Comment