Mengenal Olahraga Barre

Mencari alternatif olahraga baru? Coba deh ikutan Barre yang bagus untuk menjaga bentuk tubuh, menjaga metabolisme, melatih otot, dan pastinya menjaga kesehatan.

Mengenal Olahraga BarreImage: Exclusive from Solubox

Beberapa bulan terakhir ini, saya sedang mencari-cari jenis olahraga yang bisa saya terapkan secara rutin yang bisa membuat saya tahan dari godaan rasa bosan, hahaha. Saya sadar diri banget kalau sehari-hari hidup saya sudah digempur dengan berbagai macam polusi dan asupan makanan yang enak namun kesehatannya masih dipertanyakan :D. Intinya, saya mau rutin lagi berinvestasi pada kesehatan, karena sehat itu mungkin saja mahal, tapiiii kalau kita sakit pasti jauh lebih mahal kan, Mommies?

Saat masih bingung mencari jenis olahraga yang seru dan nggak ngebosanin, nggak sengaja saya melihat tayangan berita di TV swasta yang sedang membahas jenis olahraga bernama Barre. Yang membuat saya tertarik karena ada kombinasi gerakan balet di dalamnya.

Mengenal Olahraga BarreImage: Exclusive from Solubox

Kebetulan Barre yang saya lihat ini, ada di Soulbox, sebuah tempat kebugaran yang memiliki macam-macam program menarik, di antaranya Barre, yang mereka beri nama Soulbarre. Cari-cari tahu saya berhasil menghubungi Reza Setiawan, yaitu Marketing Communication Director Soulbox yang berlokasi di daerah SCBD.

Dan bersyukurlah saya karena respon dari mas Reza juga menyenangkan. Beliau menawarkan saya untuk mencoba olahraga Barre ini bersama Kimberly Mcferron, Program Developer dan Instruktur Barre dari sebuah pusat kebugaran ternama di New York, Equinox, yang sengaja didatangkan Soulbox. Asyiiiiiik kan!!!

Sesi latihan dimulai jam 8.30, saat kelas berlangsung bukan untuk pemula. Tapi saya cukup menikmatinya, karena pada dasarnya menurut saya gerakan latihan ini, sedikit mirip dengan yoga, tapi mengadaptasi cukup banyak gerakan balet.

Mengenal Olahraga BarreImage: Exclusive from Solubox

Selama mengikuti kelas Kim, saya merasakan otot di beberapa bagian tubuh saya bekerja lebih intens, terutama otot-otot tubuh yang jarang saya pakai. Contohnya pergelangan kaki, paha, dan lengan bagian atas. Lalu yang paling saya senang, saat mengikuti olahraga ini saya merasa seperti balerina, Kim memang mengakui Barre yang ia buat ini memang mengadaptasi gerakan balet tradisional.

Sesuai namanya kelas Barre yang saya ikuti, juga memanfaatkan “barre” yang biasanya digunakan untuk latihan balet, I really love it! Lengkap dengan pose agak jinjit, dengan tangan membentang ke atas, dan satu kaki tertumpu pada kaki lainnya, lalu ditahan dalam sekian hitungan, benar-benar membuat otot-otot saya mengalami peregangan  yang aduhai, alias terasa pegal (in good way). Selain menggunaka barre, alat bantu lainnya berupa mat, bola dan semacam alas untuk kaki agar bisa bergerak lebih fleksibel.

Mengenal Olahraga BarreImage: Exclusive from Solubox

Untuk saya yang senang olahraga high intensity tapi nggak high impact, Barre ini kayaknya cocok deh. Kim juga bilang, Barre bagus untuk menjaga bentuk tubuh, menjaga metabolisme, melatih otot, dan pasti untuk menciptakan kesehatan. Oh iya, Mommies, menurut Reza, Soulbox juga menyediakan kelas Hot Soulbarre, bagi yang ingin tantangan lebih, berlatih Barre di ruangan yang dipanaskan hingga 35°.

Usai kelas, Kim memberikan kiatnya sebelum dan sesudah mengikuti kelas olahraga Barre:

  • Jangan datang latihan dengan perut kosong, karena latihan ini fokusnya pada otot-otot, jadi pastikan tubuh kita memiliki energi dan terhidrasi dengan baik.
  • Setelah kelas juga usahakan tubuh terhidrasi dengan baik, bisa dengan air putih atau air kelapa. Dan konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidart komplek.

Secara keseluruhan saya menikmati sesi latihan hari itu, hmmm…tertarik mencoba Mommies?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Post Comment