Punya Toddler Namun Tetap Bisa Me Time? Ini Triknya!

Ditulis oleh: Saskia Elizabeth

Suka mengeluh tidak bisa me time karena sibuk menemani si toddler? Hmmm, mungkin karena mommies belum tahu triknya :D.

Drama me time ini memang nggak kelar-kelar ya, apalagi untuk working mom. Saya jadi ingat, saat baru punya si kakak, memang saya sama sekali nggak pernah punya me time. Waktu itu saya belum resign dari kantor, dan lagi ada drama ART, si kakak saya ajak ke kantor seharian bahkan sampai ke liputan. Boro-boro punya me time, work time aja juga nggak selesai. Dan, kalau saya lihat timeline sosmed saya sekitar 4 tahun lalu, hahahha. Rambut nggak jelas belahannya dan muka terlihat lebih tua! Mungkin itu alasannya saya lebih sering upload foto anak-anak dibanding saya (well, its a phase then!).

Tapi setelah hadir si adik, saya sudah mulai canggih dan menemukan berbagai trik yang akan saya share yang mudah-mudahan bisa diterapkan oleh mommies. Because all moms deserve a good quality of ‘me time’ (walau mungkin hanya 10 menit)! Kuncinya ada di “keep them busy”!

1. Siapkan kesibukan dalam satu area yang bisa Anda awasi dari jauh

a. Siapkan meja kecil berisi dengan gelas berbagai ukuran dan warna.
b. Pouch atau tas kecil isi berbagai hal yang selama ini benar-benar penasaran ingin ia berantakin seperti dompet Anda, HP, makeup case, dompet koin. Tentunya ganti dengan uang-uangan mainan, kartu-kartu buatan sendiri dari karton, dan semua bahan yang aman dipegang si kecil.
c. Siapkan 3 kotak ukuran besar, medium dan kecil berisikan berbagai macam dan warna jenis bola berukuran sedang.

Percayalah, they will love it. Mereka akan sibuk , mengeluarkan isi dompet mungkin merobek uang-uang mainan itu, memainkan gelas, memindahkan bola dan…melemparnya dan…mengacaukannya.

2. Pasang video dancing. Yup. Let them dance.

Pasang bukan hanya film ya tapi video yang berisikan dance semacam zumba video untuk anak-anak.

3. Ubah kamarnya menjadi area penuh rintangan. Yes, kids love obstacles.

me time untuk ibu

*Image dari kidsactivitiesblog.com

Semakin banyak tantangan mereka semakin giat. Tumpuk bantal-bantal, biarkan ia merangkak di bawah meja, lalu melompat pada area yang sudah ditentukan tempat landing lompatnya, buat kolam bola mini, kosongkan storage box mainannya dan biarkan ia bisa masuk ke dalamnya. Apapun yang ada di kamarnya diubah menjadi rintangan.

4. Dress them up.

Entah jadi superhero, princess, penari balet, main ski, atau apapun deh yang membuat mereka berfantasi menjadi karakter lain sejenak. It always work.

5. Toddler love play with colours!

Me time untuk ibu dengan anak toddler

*Image dari cafemomstatic.com

Siapkan kertas kosong dengan berbagai peralatan gambar. Mulai dari crayon, pensil warna, dan cat air. Alasi dengan banyak koran atau kertas bekas atau karpet yang mudah dilap. Its going to be dirty and mess. Tapi kalau bisa membuatnya sibuk 20 menit sembari melatih motoriknya, why not?

6. Play with the clean laundry

me time untuk ibu dengan anak toddler

Setelah ia mandi biarkan ia bermain dengan tumpukan baju bersih di tempat tidur.

7. Biarkan ia main air dengan menyuruhnya membersihkan mainan di dalam ember berbusa

Beri tempat duduk kecil dan biarkan ia menyikat semua mainannya sambil Anda tetap mengawasinya.. Lumayan bisa duduk, baca majalah, dan minum teh sambil mengawasinya.

8. Yang terakhir, apabila ada, ipad dan tab dengan pemilihan games yang aman selalu menjadi jalan yang memuaskan. Tapi dijatahi waktunya ya.

Intinya sih, berikan mereka kesibukan yang menyenangkan namun tetap aman dan yang memungkinkan bagi mommies untuk mengawasinya dari kejauhan :).

Baca juga:

8 Hal yang Saya Lakukan Saat Anak Tidak di Rumah

6 Hal yang Wajib Dilakukan Ibu Bekerja untuk Diri Sendiri


Post Comment