Pelihara Kucing? Coba Cek 3 Ciri Vital Kucing yang Sehat

Mommies dan si kecil pecinta kucing? Sudah tahu belum, sih, kalau kucing yang sehat itu punya ciri-ciri vital yang menunjukkan kesehatannya?

Dari dulu saya suka banget sama kucing. Selalu dibikin gemas dengan tatapan mata jernih dan bulu-bulunya. Saya masih ingat benar, ketika masih duduk dibangku SD, saya sempat merengek pada Mama saya agar diperbolehkan memelihara kucing. Sayangnya karena saya alergi bulu plus punya penyakit asma, jadilah keinginan saya ini ditolak mentah-mentah. Walaupun sempat kecewa, tapi ya sudahlah, ya… dari pada asma saya kambuh, saya pun akhirnya sadar diri dan nggak memaksa untuk memelihara kucing.

kucing sehat

Kini, setelah jadi ibu dan punya anak, saya sendiri cukup paham kalau memelihara binatang punya dampak positif untuk anak. Bumi pun sempat tertarik untuk memelihara hamster, tapi begitu usia hamsternya tua dan meninggal, sepertinya anak saya cukup kehilangan dan belum mau memelihara binatang lagi.

Balik lagi soal memelihara kucing, siapa di antara Mommies yang tertarik memelihara kucing? Atau justru baru berniat memelihara kucing? Menurut dr. Wellen Rahmi, Veterinarian untuk Mars Petcare Indonesia menegaskan kalau ada beberapa hal yang perlu disiapkan saat memelihara kucing. Pertama tentu saja soal tanggung jawab, jadi kita harus punya waktu untuk memelihara dengan baik. Main bersama, merawat kesehatan dengan memberikan vaksin termasuk memberikan nutrisi.

“Saat mau mengadopsi kucing, sama saja seperti mau mengadopsi anak. Harus punya komitmen dan tanggung jawab yang besar. Memelihara kucing itu sama saja dengan menganggapnya sebagai bagian keluarga.”

Dr. Wellen juga menjelaskan kalau sampai saat ini ada 70 ras kucing di seluruh dunia. Dan ternyata binatang yang masuk dalam kategori karnivora ini biasanya bisa bertahan hingga berumur 12 tahun. “Umur kucing biasanya hanya sampai 12 tahun, tapi usia 12 tahun pada kucing  seperti usia manusia 100 tahun,” kata dr. Wellen.

Saat saya temui dalam acara Whiskas Meongku Superstar 2016, ada tiga ciri vital kucing yang sehat. Apa saja?

Mata sehat

Kucing yabg sehat memiliki mata yang jernih, yang bebas dari lapisan atau cairan berkabut. Kalau mata kucingnya belekan, mengindikasikan kalau kucing tersebut tidak sehat.

Bulu bersinar

Bulu mengilap adalah ciri yang mudah dilihat dari kucing yang sehat. Dengan memberikan diet seimbang, membantu kita untuk menjaga bulu mengilap kucing peliharaan.

Aktif dan lincah

Diet kaya nutrisi yang sesuai memberikan kucing energi yang dibutuhkan untuk tetap aktif dan siap untuk bermain. Diet yang khusus dirancang untuk kucing Anda akan memastikan otot kuat dan sendi yang sehat dalan jangka panjang, serta memberikan sistem kekebalan yang kuat.

“Dalam memberikan makan kucing, pilih makanan yg bernutrisi, dan nilai gizi yang seimbang,” tambah dr. Willen.

Jadi, sudah paham dong, ya, jangan kasih kucing makanan sisa dari kita :D. Apalagi kalau sampai memberikan ikan asin, thok, hehhehe…. Oh, ya… selain mengumumkan pemenang Whiskas Meongku Superstar 2016, buat Mommies yang ingin konsultasi dengan dokter hewan, grooming atau mau adopsi kucing, bisa langsung datang main atrium Pejaten Village, ya. Acara ini berlangsung hingga 18 September 2016.


Post Comment