5 Tips Tetap Semangat Bekerja

Memang nggak mudah mengenyahkan keinginan untuk bermalas-malasan walaupun waktu untuk bekerja telah di depan mata. Tapi bukan berarti tidak ada cara yang membuat semangat bekerja, dong? Ini beberapa tips dari saya.

Siapa yang masih merasakan malas untuk kembali bekerja setelah menjalani libur? Saya yakin, pasti banyak yang masih ingin menghabskan waktu bersama keluarga, bebas dari pekerjaan selama beberapa hari. Saya pun merasa demikian, meski saat ini status saya adalah freelancer.

Memang, perihal mengembalikan semangat untuk bekerja pasca liburan panjang terdengar cukup sepele. Kenyataannya, hal ini sulit untuk dilakukan. Biasanya, kita masih terbawa suasana liburan (baca : leyeh-leyeh) hingga akhirnya berujung pada penurunan poduktivitas kerja di hari pertama masuk kerja. Padahal, momen hari pertama hari pertama masuk kerja itu menentukan performa kita hingga beberapa hari ke depan.

IMG_9753

 

Bayangkan jika di hari pertama kita masih loyo untuk bekerja, pasti beberapa hari selanjutnya kita masih terpengaruh dengan rasa malas itu. Terus, ada cara nggak sih untuk selalu bersemangat di hari pertama bekerja? Jelas ada dong, simak beberapa tips dari saya ya.

Mulai dari pekerjaan yang paling mudah. Biasanya, ada beberapa daftar pekerjaan yang sudah terpampang untuk diselesaikan minggu ini. Nah, sebaiknya Mommies memilih pekerjaan yang lebih mudah agar bisa diselesaikan saat itu juga. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam hari yang sama ya.

Fokus pada satu pekerjaan. Nah, fokus adalah langkah kedua yang harus Mommies terapkan untuk menjaga semangat dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebisa mungkin, Mommies tidak ber-multitasking saat bekerja di hari pertama bekerja.

Gunakan jam istirahat di kantor secara optimal. Walaupun sedang fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, namun Mommies tidak boleh melewatkan jam istirahat yang telah disediakan. Justru, gunakanlah waktu istirahat dengan sebaik-baiknya. Jangan pernah mencuri waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan Mommies meski hanya beberapa menit saja. Jika Mommies tetap memotong jam istirahat karena fokus pada pekerjaan, maka ini sama saja dengan menyiksa tubuh Mommies (terutama otak) loh.

Jangan tergoda untuk membawa pekerjaan ke rumah. Yakin deh, ketikaa Mommies sanggup untuk fokus pada sebuah pekerjaan, maka Mommies tidak perlu membawa pekerjaan ke rumah. Jika pekerjaan tersebut belum bisa diselesaikan pada hari yang sama, maka ada dua pilihan untuk Mommies yaitu menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan resiko pulang lebih malam atau menunda hingga esok hari dan usahakan selesai pada hari yang sama. Karena ketika Mommies memutuskan untuk membawa pekerjaan ke rumah di hari pertama bekerja, dijamin Mommies akan mengalami kelelahan tubuh yang luar biasa. Dan bagaimana Mommies akan beristirahat jika membawa lemburan ke rumah. Namun, jika keadaan memaksa Mommies untuk membawa pekerjaan ke rumah, maka aturlah dan kompromikan keadaan ini dengan para penghuni rumah, terutama suami dan anak-anak.

Bekerja dengan teratur. Dari keseluruhan tips yng ada, bekerja dengan teratur memegang peranan cukup penting agar Mommies terhindar dari rasa malas di hari pertama bekerja. Atur ritme Mommies selama bekerja. Berikan jeda bagi tubuh selama 10-15 menit untuk melakukan pekerjaan di tengah-tengah pekerjaan. Tidak lupa untuk mengasup cairan, terutama air putih, meski Mommies sedang fokus dengan pekerjaan. Dan, jika memungkinkan, konsumsi kudapan sehat untuk menjaga kestabilan energi tubuh. Satu lagi ya, jangan pernah terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan. Tetap santai namun lakukan detail pekerjaan Mommies dengan benar.

Ketika kita sudah tahu mana celah yang harus diperbaiki dalam menghadapi hari pertama masuk kerja – setelah menikmati liburan – maka Mommies akan terhindar dari kemalasan. Bahkan, Mommies akan menikmati “ribetnya” menyelesaikan pekerjaan di hari pertama. Saat Mommies sukses melewati hari pertama masuk kerja dengan meminimalisir drama, pertanda Mommies telah berhasil menjaga profesionalisme di dalam pekerjaan.

Selamat bekerja dan selamat berusaha, Moms!

 


Post Comment