M. Devy Tamren – ”No Mom is Perfect”

Menjadi mompreneur dengan dua anak tidaklah mudah, namun perempuan 33 tahun pendiri PARC De AYODYA, sebuah jasa dekorasi event dan instalasi seni, membuktikan semua itu bisa berjalan beriringan. Apa ya, strateginya?

7a068e7e-9f38-4815-bf48-b38ce6d1e820

Di sela-sela pembuatan video  DIY Table Setting untuk Mommies Daily beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol dengan pemilik tangan kreatif di balik design-design uniknya tersebut. Adalah  M. Devy Tamren (33), ibu dari dua putra Kalel (6) dan Gael (4), merintis usahanya ini semenjak 8 tahun lalu. Dari awal Devy memang sudah tertarik dengan dunia seni, dan mengambil jurusan arsitektur di Universitas Pelita Harapan dan dilanjutkan studi S2 di Italy mengambil jurusan interior design.

Di sela-sela kegiatan perkuliahannya Devy sempat magang untuk membuat event fashion show, dari sinilah awal kali ia tertarik mendalami bisnis dekorasi event dan segala hal yang menyangkut proses pembuatan suatu event. “Waktu di Florens, Italy saya sempat magang untuk bikin event fashion show, dan ternyata saya suka banget, karena di sana saya bisa bikin karya dengan waktu yang lebih singkat. Kalau arsitek dan interior itu membutuhkan waktu yang lebih lama. Nah, saya suka adrenalinnya dalam 1 atau 2 malam. Di situ saya mulai belajar event, dekorasinya dan flow event-nya itu sendiri,” terang Devy.

M. Devy Tamren – ”No Mom is Perfect”

Salah satu hasil dekorasi PARC De AYODYA, cantik, ya, Mommies? – Image: IG @parcdeayodya

Setelah selesai kuliah, Devy pulang ke Indonesia, dan sempat bekerja di perusahaan tertua yang mengurus fashion show di Jakarta. Sempat bekerja tak berapa lama di perusahaan tersebut, menikah di usia 25, hamil dan akhirnya melahirkan.  Lalu, ia pun mulai merintis bisnisnya ini.

Berkecimpung menjadi mompreneur membuat dirinya leluasa mengatur waktu kerjanya sendiri, mulai dari rapat atau mengerjakan sesuatu di rumah. Dalam hal ini support system yang baik dari keluarga mutlak diperlukan. Terutama pasangan Devy, yang akan menggantikan tugas dirinya selama Devy bekerja mendekor sebuah event.

Seperti yang Mommies ketahui, kini makin banyak perempuan yang berprofesi sebagai mompreneur. Mengenai fenomena ini Devy merasa bangga, karena telah menjadi bagian tersebut. Apalagi saat perempuan tersebut sudah menjadi ibu, artinya ada peran ganda yang dijalankan. Bagi Devy, prinsip yang dijalankan selama 8 tahun merintis usahanya ini adalah”No mom is perfect”, jadi menurut Devy kalau melakukan kesalahan jangan terus dipikirkan, terima saja. Entah itu dalam pekerjaan atau keluarga. Ya tentu, kita harus bisa belajar dari pengalaman juga, ya Mommies. Selain itu, coba untuk tidak ngoyo. “Karena sebagai manusia kalau sakit, kita tidak hanya meninggalkan perusahaan, tapi juga meninggalkan anak sama suami,” jelas Devy membagi pengalamannya.

M. Devy Tamren – ”No Mom is Perfect”

Devy bersama partner kerjanya, Dhitya.

Mengenai target yang berkaitan dengan bisnisnya 10 tahu mendatang, Devi ingin bisa empowering perempuan, “Saya mau menjadi perusahaan yang bisa empower perempuan , seperti Female Daily Network. Mau menunjukkan ke orang-orang  kalau perempuan itu bisa kuat, menjadi seorang ibu dan bisa menghasilkan karya,” terang Devy.

Semoga target kamu bisa tercapai ya, Devy dan PARC De AYODYA makin diperhitungkan keberadaannya.


Post Comment