Tips Menaruh Tanaman di Dalam Rumah

Ditulis oleh: Saskia Elizabeth

Berencana meletakkan tanaman di dalam rumah? Perhatikan dulu tips menaruh tanaman di dalam rumah berikut ini.

Cara saya memberi kontribusi dalam menjaga kelestarian bumi sebetulnya simpel saja, menumbuhkan tanaman di rumah. Tapi hal ini langkah besar buat saya, secara saya blank urusan pertanaman. Saya memilih langkah ini karena begitu banyak manfaatnya buat saya dan keluarga. Sekarang ini saya sedang tertarik untuk menaruh tanaman di dalam ruangan.

Tanaman di dalam rumah ini ternyata fungsinya tidak hanya sebagai penghias saja, namun dapat mengatur kualitas udara dengan menyaring udara tidak sedap dan kotor sampai dapat meredam suara keras. Dasyat ya khasiatnya. Tapi tentu hal ini tidak semudah menaruh tanaman dalam pot lalu diletakan di suatu ruangan saja. Ternyata merawat tanaman di dalam ruangan cukup menantang! Salah perawatan, tanaman akan cepat mati. Dan, tidak semua tanaman bisa ditaruh di dalam rumah, harus yang kuat dan tahan kondisi rumah.

Buat Anda yang tertarik mengikuti jejak saya, awalnya cukup mengetahui 4 hal di bawah ini!

meletakkan tanaman di dalam rumah

1. Perhatikan letak tanaman sesuai fungsi tanaman tersebut. Contohnya ada tanaman yang dapat berfungsi menyerap racun, mungkin dapat diletakan di tengah, sehingga tanaman tersebut dapat menyerap racun dan udara kotor dari seluruh ruangan dari mulai ruang depan sampai belakang.

2. Memilih perlengkapan yang tepat untuk mendukung kelangsungan hidup tanaman serta perhatikan media tanam. Contoh, tanaman di dalam ruangan biasanya menggunakan pot, cari pot yang tepat sehingga tanaman mendapat air yang cukup. Perhatikan juga apabila tanaman mulai membesar maka sudah saatnya dipindahkan ke pot yang lebih besar.

3. Selama satu kali dalam 2 minggu, lakukan rotasi tanaman hias agar mendapat asupan sinar matahari yang cukup dan udara segar. Walaupun fungsinya di dalam rumah, sesekali keluarkan di bawah tempat yang sejuk dan rindang, biarkan si tanaman rehat terutama apabila ruangan mengenakan AC.

4. Perhatikan dengan benar kualitas tanaman, perubahan pada tanaman terjadi karena kekurangan salah satu dari hal ini air, cahaya, kelembapan, pupuk, dan suhu. Misalnya apabila daunnya mulai kecokelatan maka udara terlalu kering sehingga kembalikan ke suhu normal ruangan. Jadi, pelajari karakteristik dari tanaman Anda, setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda, ada yang membutuhkan lebih banyak cahaya tapi ada juga yang lebih suka di tempat gelap, ada yang membutuhkan air lebih banyak ada juga yang apabila diberi terlalu banyak air malah cepat mati.

Seru juga yah hobi baru saya ini. Buat yang ingin mempercantik rumah namun ingin mendapat banyak manfaat kesehatan, ini hobi yang tepat!


Post Comment