Mee Siam Singapore dan Tahu Cabai Garam

Dibuat oleh: Black Garlic

Mari hadirkan pesona Singapura di meja makan kita dengan Mee Siam Singapore.

Mee Siam Singapore

Bahan-bahan :

Udang pancet utuh belah punggung lalu cuci bersih 150 gr
Tauge 100 gr
Bihun 150 gr
Telur rebus 4 butir
Asam jawa 20 gr
Santan 2 pack
Bawang bombay 1 buah ukuran sedang
Tahu pong 8 buah
Taoco 50 gr

Bumbu halus 100 gr
– Bawang merah 20 gr
– Cabe kering 20 gr
– Terasi 10 gr
– Ebi 10 gr
– Garam 2 sdt
Haluskan lalu tumis hingga harum.

Tahu putih 1 buah
Bumbu bawang 45 gr
Bawang bombay cincang 30 gr
Bawang putih cincang 15 gr
Garam 1 sdt, lada 1/8 sdt
Tumis hingga harum
Cabe rawit 10 buah
Kucai 20 gr

Cara Memasak

Langkah 1:
Cara memasak Mee Siam Singapore : Di panci, panaskan 1 sdm minyak. kemudian tumis bawang bombay hingga harum lalu masukkan bumbu halus, udang dan taoco. Tumis kembali selama 30 detik dengan api sedang lalu tambahkan air 900 ml, didihkan.

Langkah 2:
Setelah mendidih, kecilkan api lalu masukkan santan dan air asam jawa. Cicipi dahulu masakan Anda, pastikan rasa sudah sesuai dengan selera. Jika kurang asin: tambahkan 1/4 sdt garam dan terus tambahkan sampai mendapatkan rasa yang diinginkan.

Jika terlalu asin / terlalu pedas: tambahkan 1/4 sdt gula pasir dan terus tambahkan sampai mendapatkan rasa yang diinginkan. Kemudian matikan api jika sudah mendidih.

Langkah 3:
Di mangkuk sedang, campurkan/susun sesuai selera tauge, bihun, tahu pong dan telur rebus. Kemudian siram/tuangkan kuah mee siam yang sudah direbus tadi. Sajikan selagi hangat.

Langkah 4:
Cara memasak tahu cabai garam: Di pan sedang, panaskan 250 ml minyak. Kemudian goreng tahu putih hingga kuning keemasan, setelah itu angkat dan tiriskan. Di pan yang sama, kurangi sisa minyak hingga tersisa 1 sdm. Tumis bumbu bawang hingga harum lalu masukkan cabe rawit secukupnya sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan. Setelah itu masukkan tahu putih yang sudah digoreng dan kucai. Tambahkan 1/4 sdt garam dan 1/8 sdt gula pasir. Aduk hingga rata.

Cicipi dahulu masakan Anda, pastikan rasa sudah sesuai dengan selera.
Jika kurang asin: tambahkan 1/4 sdt garam dan terus tambahkan sampai mendapatkan rasa yang diinginkan.

Jika terlalu asin/terlalu pedas: tambahkan 1/4 sdt gula pasir dan terus tambahkan sampai mendapatkan rasa yang diinginkan. Angkat dan sajikan

Jika Anda malas memasak dari awal, silakan manfaatkan jasa pelayanan dari Black Garlic yang sudah menyiapkan paket bahan mentahnya berikut tutorial langkah-langkah memasaknya, Anda tinggal cemplung-cemplung saja ke panci :). 


Post Comment