Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Saat anak tersedak maka kita harus menepuk punggungnya, ternyata ini hanya efektif saat makanan belum ditelan. Dan menangani anak tersedak usia di bawah satu tahun pun berbeda dengan di atas satu tahun.

Tanggal 26 Juli 2016 lalu, adalah perdana bagi Gia mencicipi makanan padat alias MPASI. Segala persiapan MPASI sudah tentu saya lakukan satu bulan sebelumnya. Mulai dari mencari resep MPASI untuk bayi usia 6 bulan, mencari tahu aneka sumber karbohidrat, protein dan serat yang aman untuk bayi hingga memahami cara mengatasi tersedak yang seringkali terlewatkan. Walaupun sebetulnya bayi sudah bisa tersedak saat ia mendapatkan ASI.

Suka penasaran nggak sih Moms, kenapa tersedak bisa terjadi? Ternyata ini karena makanan atau minuman ‘lolos’ dari katup di saluran pernapasan dan masuk ke saluran pernapasan. Dalam kondisi normal, katup di saluran pernapasan ini harusnya menutup saat ada makanan atau minuman yang masuk.

Mengatasi tersedak pada bayi (usia di bawah 1 tahun):

ASI, air putih maupun makanan padat bisa saja menjadi penyebab anak tersedak. Hal ini bisa terjadi akibat aliran ASI yang terlalu deras sehingga bayi (biasanya pada bayi yang berusia di bawah 3 bulan) mengisap ASI dengan lahap dan tersedak saat bayi menarik napas. Posisi bayi saat menyusu juga bisa menjadi faktor penyebab bayi tersedak. Peralatan minum yang tidak sesuai usia bayi juga bisa menyebabkan tersedak, termasuk potongan atau tekstur MPASI yang tidak sesuai dengan usianya.

mengatasi anak tersedak

Pertolongan pertama:

1. Tengkurapkan bayi pada lengan depan, topang leher dan dagu bayi menggunakan jari-jari tangan. Posisi kepala bayi harus lebih rendah dari posisi dadanya.

2. Tekan punggung bayi tepat di antara kedua bahunya dengan menggunakan dasar telapak tangan sebanyak 5 kali. Lakukan dengan gerakan cepat.

3. Bila makanan tidak juga keluar, segera balik badan bayi dan letakkan bayi telentang pada meja atau lantai.

4. Posisikan dua jari Anda tepat di tengah tulang dada dan sedikit di bawah puting, lalu tekan dengan gerakan cepat sebanyak 5 kali.

5. Jika penyumbatan belum teratasi, ulangi gerakan menekan dari belakang dan depan hingga makanan yang menyumbat keluar atau hingga bayi bisa bernapas normal.

PENTING! Jangan guncang bayi saat ia tersedak! Hindari juga mengorek sembarangan ke dalam tenggorokannya untuk mengeluarkan benda yang menyumbat saluran pernapasan bayi.

Mengatasi tersedak pada anak usia di atas 1 tahun

Pada anak yang lebih besar, cara sederhana yang bisa dilakukan saat anak tersedak adalah dengan menepuk-nepuk punggung anak. Namun, ternyata, cara ini berhasil jika makanan belum berhasil ditelan anak. Jadi, masih terlihat bila anak membuka mulut. Namun, bila makanan sampai menyumbat saluran pernapasan, maka cara sederhana ini tidak akan berhasil. Jadi, saya pun mempelajari cara Heimlich maneuver, yaitu tindakan pertolongan pertama saat anak (di atas 1 tahun) tersedak.

mengatasi anak tersedak

*Image dari americatop10-wpengine.netdna-ssl.com

Cara melakukan Heimlich maneuver:

1. Pangku anak dengan posisi Anda berada di belakangnya. Lalu, lingkarkan kedua lengan Anda di seputar pinggang anak.

2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan letakkan sedikit di atas pusar, sementara tangan lain memegang erat lengan dari tangan yang mengepal.

3. Hentakkan dengan gerakan cepat ke bagian perut anak. Gerakan hentakan menekan perut ini dirahkan ke ulu hati.

Bila langkah-langkah pertolongan pertama tidak juga berhasil dan anak mulai kehilangan kesadaran, maka Anda harus segera membawa anak ke rumah sakit. Ada baiknya, saat Anda melakukan pertolongan pertama, minta orang lain untuk menghubungi ambulance. Selain itu, meskipun benda yang menyangkut sudah berhasil ke luar tenggorokan, namun tetap dianjurkan untuk membawa anak ke dokter untuk memeriksa apakah ia mengalami trauma tersedak atau tidak.

Saran lain dari saya, sebaiknya seluruh anggota keluarga, termasuk pengasuh anak harus mengetahui cara memberikan pertolongan pertama saat anak tersedak ini.


Post Comment