Honeymoon ke Maldives Secara Hemat? Bisa lho!

Ditulis oleh: Anggung Suherman

Saya dan isteri pada akhirnya bisa mengatakan “Kata siapa bulan madu ke Maldives harus menghabiskan bujet yang besar?” Hahaha.

Maldives memang selalu ada dalam daftar destinasi untuk honeymoon. Kejernihan air laut, pasir putih, keindahan underwater plus resort-resort-nya yang memiliki suasana romantis. Tak heran jumlah pengunjung Maldives setiap tahun semakin meningkat. Hal ini juga didukung oleh banyaknya pilihan paket wisata berbulan madu di Maldives.

bagian depan Aadaran Club Ranalhi

Masalahnya, liburan ke Maldives yang udah-udah terbentur urusan bujet. Apalagi kalo ngambil package tour di Indonesia, harganya bisa bikin mikir berkali-kali. Pilih group tour sudah pasti ganggu romantisme bulan madu.

Akhirnya, saya dan istri cari jalan lain dan menemukan cara yang sesuai dengan bujet tanpa mengurangi impian bulan madu kami. Menikmati sunset sambil berendam di air laut yang hangat, menikmati keajaiban sandbank, dimanjakan oleh resort di atas air, dinner di pinggir pantai dan banyak lagi. Akhirnya, kami bisa bilang, “Kata siapa bulan madu di Maldives harus menghabiskan budget yang besar?”

Berkat riset sana sini, kami mengumpulkan banyak hal yang harus diperhatikan. Bertanya ke teman-teman yang sudah pernah kesana bisa menghabiskan lebih dari 50 juta rupiah. Berikut tips bulan madu di Maldives dengan budget ideal.

DCIM103GOPRO

1. Waktu yang pas
Kalo mau dapet living cost dan pesawat yang murah, pilih saat low season, di bulan Juni – Juli. Kekurangannya? Intensitas hujan di Maldives di bulan-bulan ini cukup tinggi. High season mereka adalah Oktober – Mei. Saat itulah selain crowded, biaya penginapan juga mahal.

2. Pesawat
Coba bandingkan harga tiket dan rute lewat apps Kayak. Akhirnya tiket paling ideal ke Maldives dengan naik Tigerair dari Jakarta transit di Singapura. Bersama istri, kami dapet tiket PP 3,8 juta rupiah, sudah termasuk makan di pesawat. Selain kami hobi makan, lumayan juga soalnya perjalanan dari Changi Airport Singapore ke Ibrahim Nasir Airport di kota Malé, Maldives menempuh penerbangan selama 4 jam 50 menit.

3. Destinasi pulau
Karena Maldives terdiri dari 1,190 pulau coral, jadi kita perlu pintar-pintar memilih pulau yang dituju. Beberapa pulau bisa ditempuh lewat public ferry dengan harga 2-5 USD saja. Namun beberapa pulau hanya bisa ditempuh lewat share speedboat, speedboat dan paling mahal seaplane.

Pulau Malé dan Hulhumalé biasanya dijadikan sebagai pulau transit dan Malé jadi pusat kota, jadi segala destinasi ke pulau-pulau lain ada di Malé dan berbagai macam keperluan bisa diperoleh di pulau ini, tapi kalo urusan pantai, Malé tidak memiliki keistimewaan. Alternatif lain adalah Hulhumalé, pulau paling dekat bandara, yang juga memiliki public beach yang bagus dan pilihan hotel mewah dengan harga affordable.

villa water di Aadaran Club Ranalhi

Untuk menikmati keindahan pantai yang cenderung sepi, kami mengunjungi Maafushi. Pilihan ini cocok karena selain memiliki public beach juga memiliki bikini beach. Transportasi ke pulau ini bisa pake public ferry yang menempuh perjalanan selama 2 jam, atau speedboat 30 menit. Menuju pulau-pulau lain bisa dari Maafushi, selain lebih dekat tentu saja bisa lebih murah karena menggunakan speedboat.

Pulau dengan resort kami pilih Rannalhi, pulau dengan satu resort tentunya akan lebih sepi, lebih bersih, lebih rapi dan lebih dimanjakan. Jangan terlalu nafsu dengan tawaran airport transfer, karena bisa ditempuh nyicil lewat pulau-pulau lain. Selain lebih murah tentunya bisa eksplorasi pulau-pulau lainnya.

Kalian bisa cek jadwal transportasi di Maldives dengan mudah lewat http://www.atolltransfer.com/. Untuk mengakali pulau-pulau di Maldives dan merasakan Maldives vibes, tinggal di pulau yang memiliki bikini beach seperti Maafushi atau Gulhi. Untuk menikmati sandbank dan suasana resort, bisa memilih Rannalhi. Untuk transit, kami rekomendasikan Hulhumalé.

4. Penginapan
Harga resort di Maldives cenderung tinggi, mulai dari 6 juta hingga 200 juta rupiah. Kami riset super detail untuk masalah ini, di Tripadvisor dan membandingkannya dengan review di booking.com plus mengecek hashtag dan place di Instagram. Ada 3 jenis penginapan yang kami pilih untuk menyesuaikan dengan bujet liburan bulan madu.

• Transit Hotel
Jika arrival atau departure pada malam hari, cari transit hotel aja. Harga sekitar 500 –600 ribu rupiah sudah termasuk sarapan, AC, free wifi dan airport transfer. Bisa memilih di Coral Queen Inn atau di Off Day Inn.

• Boutique Hotel
Untuk tinggal dengan durasi yang lama, bisa memilih boutique hotel. Cari di lokasi yang beachfront dan kamar yang seaview. Masaaree Boutique Hotel jadi pilihan terbaik. Pelayanan udah seperti di resort, airport transfer, sarapan gratis, dapet kejutan bulan madu, beachfront, seaview dan hotel yang bagus.

DCIM103GOPRO

• Resort
Kalau booking dari jauh hari, kita bisa dapat harga yang sangat-sangat murah untuk sekelas resort. Centara Grand Island sering punya program promo di booking.com, kalo beruntung bisa dapet harga 2 – 3 juta rupiah per malam untuk all inclusive dan 6 – 10 juta rupiah untuk water villa. Atau Adaaran Club Rannalhi yang memiliki pulau sendiri. Paket all inclusive memang agak mahal, tapi worth it.Unlimited drinks & food, dilayani seperti raja & ratu, semua fasilitas watersports gratis dan soal pantainya jangan ditanya. Setiap pagi hingga jam 3 sore ada sandbank yang panjang banget di Rannalhi.

DCIM103GOPRO

• Mata uang
Di Maldives, pelayanan wisata cenderung menggunakan USD, dan biasanya dibulatkan. Mata uang Maldives itu MVR, Maldives Rufeeya dan hanya digunakan untuk toko-toko atau restoran kecil. Karena perbandingannya lumayan, kami memilih pembayaran pake MVR untuk beberapa kebutuhan. ATM sangat mudah ditemukan di pulau-pulau besar dan penggunaan CC pun bisa digunakan di mana pun.

5. Makanan
Intinya sih rajin riset dan nanya ke orang lokal. Candle light dinner di pinggir pantai ada yang cuma 9 USD dan itu all you can eat, plus ikan bakar segar. Di Maafushi banyak tempat dinner seperti ini, bahkan ada yang 7 – 8 USD. Kalau untuk breakfast atau lunch ambil paket sama hotel aja, karena jauh lebih murah.

6. SIM card
Ooredoo lagi promo-promonya di Maldives, banyak counter Ooredoo tersebar di mana-mana, tapi untuk penggunaan data internet mending pakai Dhiraagu. Untuk short time stay bisa ambil paket yang 10 USD dapet kuota 3 Giga dan telpon gratis untuk lokal selama 14 menit. Kami tinggal seminggu dipake personal hotspot masih nyisa ampe hari terakhir dan 4G kenceng banget.

7. Lokal
Pada dasarnya orang Maldives sangat ramah, murah senyum dan baik. Kebanyakan pegawainya itu laki-laki dan Bahasa Inggris pada jago. Di Maldives perkantoran libur hari Jumat-Sabtu, jadi hari Minggu sudah aktif bekerja kembali. Peak aktivitas orang Maldives pada hari Jumat, biasanya mereka berkumpul bersama keluarga atau beraktivitas di pantai, mulai dari olahraga, menari bahkan bernyanyi. Beberapa transportasi laut pun libur hari pada Jumat. Setiap jam sholat, pertokoan tutup selama 15 menit.

Jadi masih ragu untuk honeymoon ke Maldives?


Post Comment