5 Cara Mudah Meredakan Stress di Kantor

Ditulis oleh: Nina Samidi

Sudah selesai liburannya kan, Moms? Yuk mulai kerja, kerja, kerja! Yang baru masuk kantor sudah mulai stres, jangan sedih. Redakan stres Mommies dengan cara-cara berikut ini!

Stres di kantor bisa jadi juga diakibatkan oleh rasa bosan atau lelah. Rasa bosan bisa timbul karena Anda melakukan hal yang sama berulang-ulang, apalagi Anda masing terbayang-bayang dengan serunya liburan kemarin. Sementara itu, rasa lelah bisa jadi karena Anda justru tidak melakukan banyak gerakan bervariasi, misalnya seharian hanya duduk, menjawab email, menelepon klien, dan sebagainya. Berkurangnya rasa bosan dan lelah akan meredakan rasa stres Anda. Coba ikut beberapa hal sederhana ini ya, Moms.

1. Chair yoga
Luangkan waktu 5 – 10 menit saja untuk melakukan gerakan-gerakan yoga sederhana. Di kubikal, Anda bisa melakukan chair yoga yang sangat mudah diikuti. Mulai dari meregangkan otot leher dengan menariknya ke belakang dan menenggelamkan kepala ke bahu, meregangkan otot punggung dan kaki, sampai mengembalikan fleksibilitas otot lengan dan tangan. Semua gerakan sederhana yoga di kantor ini dilakukan tanpa membuat Anda beranjak dari kursi.

2. Doodling saat meeting? Boleh!
Beberapa teman saya sedang menggandrungi kegiatan yang sedang populer ini. Asal Anda tahu, ternyata ada orang yang melakukan doodling (coret-coret/gambar yang dilakukan secara tidak sadar), selain mengasah kreativitas, juga mampu menyerap informasi lebih banyak dibanding yang tidak. Tidak heran, banyak orang yang doodling saat meeting. Nah, kalau Anda merasa sangat bosan saat meeting berlangsung, taruh kertas kosong dan pensil/pulpen di hadapan Anda dan biarkan tangan bergerak sendiri untuk mencoret-coret sesukanya. Dijamin meeting jadi lebih menyenangkan.

meredakan stress di kantor

3. Keep calm and listen to the music
Yap, musik adalah senjata andalan bagi siapapun yang merasa bosan atau kelelahan. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa musik bekerja efektif pada otak dalam meredakan stres atau depresi. Bahkan ada penelitian yang juga menyebutkan bahwa musik juga memengaruhi proses penyembuhan pada orang yang sedang sakit. Nah, jangan pernah hapus aplikasi musik di HP Anda, update isinya, dan pasang earphone (terutama saat rekan kerja yang lain sedang ingin serius bekerja ya, Moms) selama 30 menit, dan rasakan efeknya.

4. Jalan-jalan, yuk!
Saya ingat di kantor lama dulu saya punya teman kerja yang hobinya mengajak saya keluar kantor saat bosan menulis atau sudah ‘mentok’. Dia mengajak keluar sekadar untuk keliling komplek kantor, mampir ke minimarket dan membeli minuman dingin, atau duduk saja di bangku panjang memandang orang berlalu-lalang. Hanya butuh waktu 10 – 15 menit. Hasilnya, setelah kembali ke meja kerja, saya bisa lebih cepat menyelesaikan tulisan saya yang sebelumnya tidak juga kelar. Apalagi saat hujan datang, kami suka sekali sekadar ke depan kantor dan memandang titik hujan, merasakan hempasan halus air hujan ke wajah, atau mendengar kericiknya. Dijamin, stres, rasa bosan, atau lelah langsung amblas.

5. Saatnya ngobrol
Oke, cukup berteman dengan komputer dan telepon kalau kepala mulai cenut-cenut ya, Moms. Tengok teman yang juga sudah keliatan suntuk di depan komputernya, sapa, dan mulailah ngobrol hal-hal ringan. Ini akan sangat menyegarkan Anda, apalagi kalau Anda juga bisa membicarakan hal-hal yang bikin suntuk hari itu. Boleh juga ditemani kopi atau teh hangat, kembalikan energi yang mulai drop yuk! Asal jangan bergosip, hehehe.


Post Comment