Ingin Hidup Lebih Sehat? Fitbit Flex Mungkin Bisa Membantu

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Wristband pintar yang telah membantu saya menghitung jumlah kalori yang telah dikeluarkan hingga melacak kualitas tidur.

Supaya keuangan sehat, biasanya kita menghitung pengeluaran ya, kan, mommies? Entah itu pakai aplikasi, disimpan di file Excel, atau sesederhana mencatat di jurnal pengeluaran. Nah, kalau tubuh mau sehat, sebenarnya juga ada angka-angka yang dihitung. Semacam menghitung kalori masuk, dan keluar, yaitu dengan menghitung jumlah langkah atau jumlah gerakan yang dilakukan per hari. Bisa juga dengan menghitung kalori makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Kedengarannya rempong? Banyak juga yang bilang, menghitung kalori semacam nggak menikmati hidup. Makanan udah enak, ngapain pakai dihitung? Padahal dengan menghitung kalori yang masuk, dan terbuang, saya jadi bisa menjaga berat badan.

Nah, kalau Mommies bertekad hidup lebih sehat dengan menghitung gerak, langkah, hingga kalori yang masuk, terbuang dari dan ke dalam tubuh, Fitbit Flex Activity Tracker mungkin bisa membantu.

Wristband pintar ini bisa tahu jumlah kalori yang dikeluarkan, berapa langkah yang sudah dilakukan atau sekadar melacak aktivitas harian. Bahkan Fitbit Flex juga bisa mengetahui kualitas tidur di malam hari, lalu membangunkan kita dengan alarmnya yang didesain khusus agar tidak mengurangi kualitas tidur.

fitbit_iphone_hero

Sekilas Fitbit Flex kelihatan seperti gelang rubber biasa. Tapi dilengkapi dengan LED light yang menunjukkan level aktivitas kita. Di dalam gelang tersebut ada semacam magnetic device yang kalau dipakai di pergelangan tangan, akan mendeteksi denyut nadi. Nah, device ini nanti yang tersinkronisasi dengan apps Fitbit yang harus diinstall di smartphone kita. Tersedia, kok, buat OS Android maupun IOS. Semua informasi jumlah langkah, fitness level, kalori, dan kualitas tidur tersaji di dalam apps tersebut.

Fitbit Flex hadir dalam 2 gelang beda ukuran. Satu ukuran kecil, satu lagi ukuran yang lebih besar, untuk memfasilitasi pemakai berlengan (uhuk) besar. Jadi nggak usah khawatir nggak cukup. Nanti kalau lengan sudah kecilan, bisa pakai ukuran yang lebih kecil :D. Dilengkapi juga dengan magnetic device (inti dari Fitbit) serta charger.

Cara mulainya juga gampang banget. Pertama install dulu apps Fitbit di App Store atau Google Playstore. Setelah itu, hubungkan Fitbit Flex yang sudah dilingkarkan di pergelangan tangan dengan aplikasi via bluetooth. Kalau device sudah bergetar, itu artinya Fitbit Flex dan aplikasi sudah terhubung.

Minusnya dari Fitbit Flex ini, adalah saat mengoneksi device dengan aplikasi di smartphone untuk pertama kali. Bisa lama banget nyari sinyal bluetooth-nya. Tapi sekali terkoneksi, selanjutnya akan lancar-lancar saja Mom. Dan, ya, karena terkoneksi via bluetooth, bakal bikin baterai smartphone cepat habis. Triknya, matikan bluetooth saat beraktivitas. Jika ingin melihat hasilnya, nyalakan lagi bluetooth, maka device akan mengirimkan rekaman level aktivitas kita sebelumnya, dan mengirimkannya ke dalam aplikasi.

Kalau saya, sih, suka dengan Fitbit Flex wristband ini. Apa lagi bila Mommies termasuk yang mengutamakan gaya (ehem), dengan harga terjangkau, di samping fungsi optimal tentunya. Sebenarnya secara fungsi, Fitbit Flex ini kegunaannya masih di bawah Fitbit Force, atau Garmin sekalipun. Tapi, ya, sebagai pemula, Fitbit Flex ini sudah cukup banget Moms.

Fitbit Flex juga bisa membuat mommies bagaikan berkompetisi dengan diri sendiri. Bisa juga misalnya, sesama teman memakai Fitbit Flex, ini, lalu kita bisa berkompetisi sehat dengan mereka. Fitbit Flex tersedia di beberapa gerai online, seharga 1 jutaan rupiah. Tersedia dalam banyak varian warna, seperti hitam, shocking pink, serta yang paling populer, warna teal. Nah, saya punya yang teal. Terus nyesel, kenapa nggak beli yang shocking pink? And you know what, sekarang ada yang bermotif polkadot. Hanya saja membeli Fitbit dengan warna wani sesuka hati agak pe-er ya. Paling banyak dijual dalam warna standar, biru, hitam, dan teal.

Siapa di sini yang sudah menggunakan juga seperti saya?


Post Comment