7 Hal yang Saya Lakukan di Hari Pertama Anak Sekolah

Senin besok anak-anak saya sudah kembali ke sekolah. Biasanya hari pertama sekolah ada hal-hal ‘ekstra’ yang saya lakukan.

Saya ingat, pertama kali anak-anak saya akhirnya memasuki dunia sekolah. Yang heboh persiapan siapa? Saya! Yang deg-degan sepanjang malam siapa? Saya juga! Anaknya? Kayaknya sih lumayan santai dibanding mamanya, hahaha. Dan semakin mereka tumbuh besar, dari Playgroup ke TK kemudian masuk SD, saya pun sudah semakin santai menyambut datangnya tahun ajaran baru. Namun, tetap, hari pertama sekolah saya membiasakan diri melakukan beberapa hal berikut ini.

Back-to-School1

*Image dari www.twiniversity.com

1. Menyediakan sarapan sesuai request mereka
Kalau biasanya saya mengharuskan mereka menyantap buah-buahan untuk sarapan, khusus di hari pertama sekolah, saya bebaskan mereka untuk memilih menu yang mereka inginkan. Setidaknya ini membuat mereka semangat setelah menjalani libur panjang. Hal ini juga berlaku jika si anak masih perlu membawa bekal ke sekolah.

2. Cuti untuk mengantar dan menjemput mereka sekolah
Bisa cuti setengah hari atau satu hari full tergantung kadar kekhawatiran saya, hahaha. Apalagi kalau mereka harus mencari kelas baru, berkenalan dengan guru dan teman-teman baru. Biasanya saat mengantar sekaligus menunggu mereka pulang, ini sekalian menjadi momen bagi saya untuk berkenalan dengan wali kelas yang baru serta orang tua yang anak-anaknya satu kelas dengan anak saya. Saat berkenalan dengan wali kelas, selain mengenalkan diri sebagai orangtua dari Bagus dan Djati, saya juga sedikit banyak menjelaskan mengenai sifat-sifat anak saya. Berharap informasi tersebut bisa membantu para guru ketika berinteraksi dengan anak-anak saya.

3. Bertanya tentang gurunya dan teman-temannya
Setelah anak saya pulang sekolah, saya pasti akan bertanya, mengenai siapa wali kelasnya yang baru, teman-temannya, teman sebangkunya. Apakah ada yang dia sudah kenal dari kelas sebelumnya. Ini membuat saya juga belajar mengenal lingkungan baru yang dimiliki oleh kedua anak saya.

4. Menyimpan nomor telepon wali kelas
Di hari pertama, saya menugaskan anak-anak saya untuk meminta nomor telepon dari para wali kelasnya. Selain untuk kebutuhan saya bertanya atau berdiskusi ke depannya, ini juga melatih keberanian anak-anak saya untuk berkomunikasi dengan orang baru.

5. Meliburkan dulu les pada hari pertama sekolah
Biasanya setiap senin anak-anak saya ada les bahasa Inggris di EF, untuk senin besok, karena bertepatan dengan hari pertama sekolah maka saya akan meliburkan mereka. Nggak ada alasan penting gimana sih. Saya hanya merasa kalau hari pertama sekolah itu kan sesuatu yang seru dan mungkin menegangkan untuk beberapa anak, jadi setelah tegang bertemu guru baru dan teman baru, biarlah pulang sekolah mereka istirahat dulu di rumah :D.

6. Mencari tahu kalender akademis untuk setahun ke depan
Ini tak kalah penting agar saya tahu kira-kira kegiatan apa saja yang akan dilalui oleh anak-anak, kapan waktu ujian dan waktu libur, hehehe.

7. Mencari tahu apa yang mereka sukai dan apa yang membuat mereka tidak nyaman

Harapan saya sih tentu saja mereka merasa nyaman dengan semua hal yang ada di sekolah. Namun, untuk memastikan saya suka sambil lalu bertanya tentang perilaku teman-temannya, kondisi ruang kelas dsb. Kalau ada yang membuat mereka tidak nyaman, ini bisa jadi catatan bagi saya untuk saya tindak lanjuti jika memang perlu.

Kalau Mommies sendiri, apa saja yang sudah disiapkan?


Post Comment