Menyiapkan Balita Memasuki Dunia Sekolah

Ditulis oleh: Nayu Novita

Memasuki dunia sekolah terkadang menjadi pengalaman menakutkan bagi balita. Bagaimana cara menyiapkan balita memasuki dunia sekolah?

Memperkenalkan rutinitas sekolah kepada balita itu memang gampang-gampang susah. Gampang, karena biasanya mereka langsung excited melihat mainan yang melimpah ruah di sekolah. Susah, karena tak sedikit anak yang menolak berpisah dengan orangtuanya alias mengalami separation anxiety disorder. Makanya, sering terjadi, selain anaknya yang bersekolah, mamanya juga ikut bersekolah, hahaha.

Nah, buat para mama yang hendak mendaftarkan si kecil bersekolah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar prosesnya berjalan lancar:

menyiapkan balita sekolah

1. Terapkan rutinitas harian

Secara alami, sebenarnya sejak usia 3 bulan, seorang anak sudah menunjukkan keteraturan dalam aktivitasnya. Karenanya, jadwal rutinitas harian sudah bisa diterapkan sejak usia dini. Dengan adanya rutinitas harian, anak akan belajar mengantisipasi kegiatan dan mengenali sinyal dari tubuhnya sendiri, apakah lapar, mengantuk, atau bersemangat untuk bermain. Membiasakan anak menjalankan rutinitas harian akan membuatnya lebih siap mengikuti jadwal bermain di sekolah.

2. Bepergian tanpa orangtua

Menyesuaikan diri dengan suasana sekolah akan lebih mudah jika si kecil terbiasa bepergian tanpa orangtuanya. Misalnya saja saya dulu membiasakan anak-anak sesekali pergi ke toko dengan neneknya, pergi ke taman bersama tante dan sepupunya atau bermain dengan anak-anak sebaya di sekitar rumah. Secara perlahan, rasa percaya diri mereka tumbuh, lho!

3. Belajar berkenalan dengan orang baru

Karena saya paham betul kalau di sekolah nanti, anak akan menemui banyak sosok baru, mulai dari guru, teman sekelas, sampai petugas sekolah, saya pun sejak awal sudah membiasakan mereka bertemu dan berkenalan dengan orang lain selain orangtuanya. Misalnya, mengajaknya ikut arisan keluarga besar, mengizinkan anak mengikuti playdate di rumah teman, dan sebagainya.

4. Bercerita tentang sekolah

Menjelang masa sekolah berlangsung, saya semakin sering bercerita tentang sekolah dan kegiatan apa saja yang kira-kira akan ada di sana. Yang saya lihat, anak-anak saya jadi cepat paham dan lumayan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain bercerita pengalaman pribadi, bisa juga ajak si kecil membaca buku cerita bergambar tentang sekolah dan hal-hal yang berhubungan dengan sekolah, seperti tentang guru, tentang kegiatan bermain bersama teman, dan tentang belajar.

5. Mengunjungi sekolah

Sebelum mulai bersekolah, ajak si kecil mengunjungi sekolah barunya untuk melihat-lihat dan merasakan suasana di dalamnya. Jika memungkinkan, ajak ia bermain dengan bermacam-macam mainan yang ada di sana dan biarkan ia mengeksplorasi sekolah dengan caranya sendiri.

6. Simulasi waktu sekolah

Beberapa minggu sebelum mulai bersekolah, ajak anak tidur 15 menit lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal 15 menit di pagi hari. Pada jam ketika anak seharusnya berada di sekolah, lakukan kegiatan bermain bersama dengannya di rumah. Dengan begini, anak akan terbiasa menepati jadwal harian yang sesuai dengan jadwal sekolahnya kelak. Coba cek back to school planner yang pernah Fia buat deh. Itu juga bisa membantu, kok.

Selamat mengantarkan balita Anda memasuki dunia sekolah, Mommies :).


Post Comment