6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ganti Ban Mobil (Sendiri)

Ditulis oleh Doni Wahyudi

Ban mobil kempis, bocor, atau pecah terjadi hampir pada semua orang – dan sepertinya dia sering memilih momen yang paling tidak pas dalam keseharian kita. Apa yang harus dilakukan jika ‘nasib malang’ itu mendatangi?

‘Telpon saja suami, nanti juga beres!’.

Yaa, cara itu tentu saja bisa dipakai. Dan saya rasa pilihan ini sering dipilih. Semoga saja suami Anda lagi nggak meeting super penting atau tengah melakukan perjalanan ke luar kota. Berharap bantuan dari pria yang sudah dinikahi selama beberapa tahun itu jadi salah satu pilihan yang baik.

Tapi, ada pilihan lain yang bisa dicoba yakni mengatasinya sendiri. Caranya mudah, kok. Anda cuma perlu sedikit menggulung lengan baju dan mendapatkan sedikit kotor saja. Dengan mempelajari cara-cara ini Anda tidak hanya akan menghemat uang untuk memanggil mobil derek atau montir, tapi juga menghemat waktu.

Tips-Mengganti-Ban-Mobil-Sendiri

Hal pertama yang harus dilakukan jika ban kempis karena pecah atau bocor adalah JANGAN PANIK. Ini diperlukan jika Anda tengah berkendara sendiri dan mengalami di tengah jalan. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan jika mengalami pecah ban.

1. Keselamatan dan Keamanan

Karena kasus kriminal dengan modus mengempiskan ban marak terjadi, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah keselamatan dan keamanan. Pastikan kendaraan terparkir di tempat yang aman. Aman dari kendaraan lain yang melintas dan aman dari ancaman tindak kriminal.

Pastikan parkir mobil di jalan yang rata. Jika menggunakan mobil bertransmisi otomatis, tempatkan pada posisi transmisi parkir. Sementara jika mobil manual, tempatkan gigi 1 atau mundur. Tarik rem tangan dan matikan mesin. Jangan lupa memasang segitiga pengaman sekitar tiga meter di belakang mobil. Untuk memastikan mobil tidak bergerak saat ban diganti, Anda juga bisa menempatkan batu untuk mengganjal ban yang diletakkan pada posisi diagonal ban yang bocor.

2. Siapkan Peralatan

Harusnya perlengkapan standar mengganti ban tersedia di bagasi mobil. Ambil dongkrak, kunci ban, dan lepaskan ban cadangan. Letakkan semuanya di dekat ban yang akan diganti.

Posisikan dongkrak pada bagian bawah sasis dekat ban yang akan diganti. Yang harus dipastikan adalah dongkrak mengangkat bagian besi yang kuat pada sasis. Jika Anda menempatkan dongkrak pada bagian plastik dari mobil, itu bisa merusak bagian tersebut. Untuk memastikannya baca buku manual yang ada (jangan khawatir, buku ini juga harusnya tersedia di dalam mobil).

3. Mengendurkan Mur Ban

Langkah selanjutnya adalah mengendurkan mur pada ban. Ingat, ya, mengendurkan, bukan melepas. Mur-mur ini perlu dikendurkan sebelum dongkrak terangkat karena jika dongkrak sudah terangkat maka ban akan ikut berputar saat mur akan dilepas.

Gunakan kunci ban untuk mengendurkan mur-mur ini. Kunci yang benar akan masuk ke mur dengan mudah dan tidak akan merusak. Mmungkin agak banyak tenaga dibutuhkan dalam proses ini. Jika tangan Anda tak cukup kuat untuk memutar mur, gunakan bobot tubuh Anda untuk membantu memutarnya (no offence, ya). Caranya dengan berdiri atau menginjak kunci ban tersebut supaya berputar. Oiya, kunci diputar berkebalikan dengan arah jarum jam.

4. Kembali ke Dongkrak dan Copot ban

Setelah mendapatkan titik untuk meletakkan dongkrak, kini saatnya memompa dongkrak tersebut. Dongkrak digunakan untuk mengangkat mobil sampai ban yang bocor berjarak sekitar 10 centimeter dari permukaan tanah sehingga bisa mudah dilepaskan. Setelah itu lepas semua mur dan dilanjutkan dengan melepas ban dari tempatnya.

Kadang ditemui ban sulit untuk dilepaskan. Jika ini terjadi Anda bisa memukul salah satu bagian ban menggunakan palu karet ke arah luar. Pukul-pukul pada bagian lain sehingga ban bisa ditarik menggunakan tangan.

5. Pasang Ban Baru

Setelah ban yang kempis terlepas, Anda bisa memasang ban baru. Caranya adalah dengan memasukkan lubang-lubang ban ke baut. Setelah semua terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasang mur ban. Putar mur menggunakan tangan, lalu kencangkan menggunakan kunci ban. Ada hal yang harus diperhatikan saat mengencangkan mur. Mur-mur tersebut harus dikencangkan dengan pola diagonal. Ini dilakukan supaya kekencangan pemasangan mur merata

Anda belum perlu mengencangkan mur-mur itu terlalu kencang, karena dorongan yang terlalu besar saat memutar baut bisa mengganggu keseimbangan dongkrak. Anda bisa mengencangkan mur-mur itu lagi setelah ban menyentuh tanah.

6. Turunkan Dongkrak

Seluruh mur kini sudah terpasang. Langkah selanjutnya adalah menurunkan dongkrak, tapi jangan langsung sepenuhnya dilepas. Sebelum ban mendapatkan beban penuh, Anda bisa mengencangkan lagi mur-mur yang tadi sudah terpasang. Jika sudah kencang betul, dongkrak bisa diturunkan dan dilepas. Kencangkan lagi mur-mur tersebut.

Proses penggantian ban kini sudah selesai. Masukkan ban yang pecah ke bagasi dan bawa ke bengkel langganan Anda. Pastikan ban mendapat perawatan yang baik dan dirotasi sesuai instruksi pabrik.


Post Comment