4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Perjalanan Mudik

Menjelang mudik biasanya persiapan dilakukan dengan puooool. Masalahnya, saat dalam perjalanan mudik, ada juga yang perlu kita perhatikan, lho! Jangan sampai lupa.

Siapa yang sudah siap berangkat mudik atau yang masih terjebak kemacetan? Atau jangan-jangan sudah ada yang leyeh-leyeh di kampung halaman nih? Hmmm…. kok enak :D. Saya sendiri baru akan mudik besok pagi. Harapannya sih kalau H-1 jalanan lumayan lengang dan lancar (Amiiiiin).

Biasanya kalau mudik lewat jalur darat, menuju hari keberangkatan, persiapan sudah maksimal ya Moms. Mulai dari menyiapkan kendaraan, menghitung bujet mudik, dan berbagai macam persiapan mudik lainnya.

Masalahnya, kita suka lupa nih, begitu di perjalanannya, kurang memerhatikan beberapa hal yang sebenarnya berpengaruh terhadap kenyamanan perjalanan kita. Kalau saya, karena krucil lebih senang perjalanan darat (kata mereka lebih seru), jadi saat menempuh perjalanan yang kadang cepat dan kadang membuat saya ingin garuk-garuk aspal saking macetnya, ada beberapa hal yang saya lakukan.

yang harus diperhatikan dalam perjalana mudik

*Image dari campaignindonesia.com

1. Jangan sampai telat makan
Tiga tahun pernikahan kami, saya suka berantem sama suami karena dia hobi banget menunda-nunda waktu makan di saat melakukan perjalanan mudik. Alasannya, karena dia maunya makan di restoran langganannya. Laaaah, pernah suatu ketika karena memaksa ingin makan di restoran langganan, kami sekeluarga jadi makan siang pada pukul 16.00 WIB!!! Gimana nggak nongol tanduk di kepala saya? Prinsip saya, asal restoran bersih ya sudah, berhenti dan makan. Nggak usah sok milih-milih kalau akhirnya hanya membuat saya sakit maag *__*.

2. Melipir setiap 3 jam sekali
Kebayang kan duduk berjam-jam, sudah pasti membuat tubuh pegal, terutama area punggung dan bokong. Jadi saya meminta pak suami untuk melipir sejenak setiap 3 jam sekali. Memang sih, perjalanan jadi lebih lama. Tapi daripada badan pegal dan saya serta anak-anak jadi cranky? :D. Lagipula dengan melipir, saya jadi punya kesempatan menghirup udara segar, nggak hanya udara dari AC thok! Asal melipirnya nggak di pinggir jalan raya tempat truk-truk lalu lalang ya.

3. Jangan lupa minum
Karena kita duduk manis di dalam mobil yang ber-AC, nggak berasa panas dan gerah, kita suka lupa minum. Padahal, mau kita anteng di dalam mobil, tetap aja tubuh butuh cairan kan. Nah, jangan lupa sedia minuman di dalam mobil. Air mineral sudah pasti ada. Tambahan lainnya, biasanya susu UHT untuk kedua anak saya dan Pocari Sweat.

4. Jangan nahan pipis
Point yang ini juga masih menjadi tantangan tersendiri sih bagi saya pribadi, secara saya orangnya males berurusan dengan toilet umum. Tapi, kalau nahan-nahan pipis, perut saja jadi anyang-anyangan dan sisa perjalanan malah terasa nggak asik lagi. Jadi, biasanya saya sudah menandakan toilet-toilet umum yang cukup bagus di daerah mana saja.

Hmmm so far sih hanya empat ini yang ada di pikiran saya. Nanti kalau ada tambahan saya masukin lagi ya.


Post Comment