H-20 Back to School Planner

H-20 menjelang kedua anak saya memasuki tahun ajaran baru. Apa yang perlu dipersiapkan agar mereka ready kembali ke sekolah setelah libur panjang?

Baru juga mau libur, udah ngomongin masuk sekolah aja… hahaha. Maaf ya kalau waktunya kurang cocok :D. Habisnya, kalau nunggu-nunggu lagi, takut persiapannya malah terlalu mepet. Oke, libur sekolah yang berbarengan dengan puasa dan persiapan menyambut Lebaran memang cukup membuat perhatian saya teralihkan dari persiapan kembali ke sekolah.

Terlalu asik membuat daftar menu dan belanja bahan makanan untuk si kakak sahur dan berbuka. Terlalu sibuk mencari baju Lebaran untuk krucil dan diri sendiri. Terlalu sibuk memikirkan saat ART pulang nanti, mendingan saya mencari ART di yayasan yang menyediakan ART infal atau memanfaatkan jasa catering atau jasa bersih-bersih online dsb.

back to school planning

Sampai tiba-tiba, anak-anak saya mengingatkan kalau kami belum beli buku tulis, seragam baru, sepatu dan tas serta peralatan tulis. Whoaaaaaaaa…….. padahal minggu besok udah mudik. Jadi-jadi, si mama pun buru-buru membuat planning.

Satu bulan sebelum…
(Iyaaaa, ini harusnya satu bulan sebelum. Tapi akhirnya 20 hari sebelum sih, hihihi.)

- Sortir pakaian anak-anak yang ada di lemari. Lihat, mana pakaian yang masih muat dan yang perlu dikeluarkan dari lemari. Trust me, anak-anak ini pertumbuhannya luar biasa. Tahu-tahu celana udah cingkrang, lengan baju kependekan dsb *__*.

- Check up ke dokter. Biasanya dokter gigi, THT dan dokter anak langganan untuk melihat kira-kira ada vaksin yang perlu dilakukan nggak. Seringnya, memasuki usia sekolah, para orangtua suka lupa melakukan vaksin. Takut masalah vaksin palsu? Cek di sini deh mengenai tanggapan para dokter.

3 minggu sebelum….

– Atur jadwal les agar sesuai dengan jam sekolah anak-anak. Menyesuaikan jadwal les juga membuat saya jadi tahu aktivitas dan rute perjalanan supir yang akan mengantar jempur mereka.

2 minggu sebelum…..

– Bersihkan meja belajar anak-anak. Biasanya saya akan menyimpan buku-buku pelajaran yang lama di kamar bermain sebagian, dan sebagian lagi saya kasih ke tukang loak atau anak tetangga. Saya menyimpan soal-soal ulangan si kakak dari kelas 1 hingga kelas 3. Ini sangat berguna ketika adik juga sudah masuk SD dan ketika ulangan dia bisa belajar juga dari soal ulangan kakaknya dulu.

- Print dan letakkan di tempat yang mudah dilihat segala macam jadwal pendidikan selama satu tahun ke depan. Yang penting buat saya adalah: Jadwal ujian dan liburan, hahaha.

1 minggu sebelum…

– Beli seragam yang baru jika memang dibutuhkan. Begitu juga dengan kaos kaki dan sepatu.

- Beli buku tulis, peralatan tulis dan sampul buku yang kertas maupun yang plastik. Jangan lupa juga label nama untuk buku.

- Cukur rambut.

- Menyesuaikan kembali jam tidur dan pemakaian gadget seperti iPad. Karena ada beberapa kebebasan yang diterima anak-anak ketika libur.

3 hari sebelum…

– Sampul seluruh buku-buku yang akan digunakan dan cek kembali kelengkapan peralatan tulis.

- Cek jadwal pemakaian seragam dan jangan sampai ada yang terlewat.

- Buat menu bekal sekolah anak selama satu minggu ke depan, jadi kita nggak serabutan di pagi pertama anak akan sekolah.

Malam sebelumnya…

– Siapkan seragam beserta perlengkapannya, sepatu dan kaos kaki yang akan digunakan.

- Buku-buku dan peralatan tulis sudah dimasukkan ke dalam tas.

- Cek kembali bahan untuk sarapan besok dan bekal yang akan dibawa

– Dan memastikan saya siap mengantar anak ke sekolah di hari pertama mereka, yeaaaaaay.

Bagaimana dengan Mommies or Daddy???


Post Comment