Ibu Bekerja: Maksimalkan Cuti Lebaran, yuk!

Ditulis oleh: Nina Samidi

Liburan adalah saatnya ‘melampiaskan’ keinginan yang tidak bisa dilakukan selama bekerja. Setuju, Moms?! Nah, saya mau memaksimalkan cuti Lebaran dengan 5 cara ini.

Ibu bekerja memaksimalkan liburan

1. Malas-malasan boleh, asal…
Kalau sudah dapat libur, rasanya dendam ingin bangun siang dan bermalas-malasan ya, Moms. Itulah yang saya alami. Menurut saya wajar kok, boleh asal cukup sehari-dua hari saja. Setelah itu, mari rencanakan liburan kali ini mau dimanfaatkan untuk apa. Bagaimanapun, banyak hal yang ingin kita lakukan waktu liburan, jadi jangan sampai terlewatkan.

2. Rencanakan yang perlu
Kebanyakan kita kalau sudah libur Lebaran yang agak panjang, rencana menghabiskan waktu liburan berderet panjang di kepala. Mulai dari jalan-jalan, masak menu istimewa, sampai belanja bareng keluarga. Ingat, liburan ini juga kesempatan untuk istirahatkan badan. Kalau mau liburan yang maksimal, ya liburan, santai, jangan membebani tubuh dengan terlalu banyak rencana. Kalau saya biasanya membatasi satu hari ke satu tempat kunjungan saja atau satu agenda saja. Ini juga penting untuk anak-anak saya agar tidak kelelahan.

3. Yang selama ini tak sempat
Kalau cuti Lebaran Anda cukup panjang, bisa juga memaksimalkan liburan kali ini dengan melakukan hal yang selama ini tidak sempat Anda lakukan. Misalnya, check up kesehatan, ke dokter gigi, atau berkebun. Percayalah, begitu selesai cuti dan Anda sudah melakukannya, pasti Anda akan merasa lega.

4. Libatkan keluarga

Ibu bekerja memaksimalkan liburan
Kapan lagi berpuas diri menghabiskan waktu dengan keluarga? Karena itu, usahakan seluruh kegiatan Anda melibatkan keluarga yang juga sedang menikmati liburannya. Jangan repot sendirian di dapur misalnya, ajak si kecil dan papanya untuk ikut memotong sayur atau mengaduk adonan. Kacau sedikit tidak apa-apa, Moms, yang penting quality time keluarga tercapai. Pasti seru!

5. Tetap sehat
Klise tapi harus! Apapun rencana liburan Anda, syarat utama bisa maksimal menghabiskan waktu liburan adalah harus sehat. Tidak hanya Anda, tapi juga keluarga. Siapkan makanan sehat dan buah-buahan di sela-sela setumpuk makanan Lebaran yang enak yang berlimpah kolesterol.