4 Bahan Makanan Wajib Saat Sahur

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Berdasarkan pengalaman pribadi sekaligus sebagai spesialis gizi, saya merasa ada 4 bahan makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur agar puasa bisa lancar selama satu hari full.

Pemilihan jenis makanan yang tepat saat sahur ternyata sangat menentukan jumlah energi yang saya dapatkan untuk tetap bisa berpuasa seharian sembari tetap menjalankan aktivitas (dalam kasus saya adalah tetap bekerja dengan maksimal, hehehe). Oleh karena tantangan puasa tahun ini lebih berat yaitu tetap bekerja, menyusui anak kedua dan sekaligus mendampingi si kakak, maka saya benar-benar harus memilih makanan yang tepat saat sahur, agar jauh dari lemas saat puasa.

Bagi saya ada 4 bahan makanan wajib yang harus dikonsumsi saat sahur, yaitu:

makanan wajib sahur

1. Sumber karbohidrat
Salah satu penyedia energi terbesar adalah makanan sumber karbohidrat seperti nasi, mie, bihun, kentang atau ubi. Namun, karena saya membutuhkan energi yang ‘dilepaskan’ perlahan sepanjang hari, maka untuk pilihan karbohidrat saya memilih makanan sumber karbohidrat dengan kandungan serat yang tinggi. Misalnya seperti beras merah, beras hitam atau oatmeal.

2. Sumber protein

makanan wajib sahur
Makanan sumber protein juga memberikan sumbangan energi. Protein dibutuhkan tubuh untuk memelihara jaringan dan sel-sel di dalam tubuh serta mengganti sel-sel yang rusak. Selain itu, saya juga membutuhkan protein untuk meningkatkan produksi ASI. Beberapa jenis sumber protein yang cukup baik dikonsumsi saat sahur antara lain ikan, ayam, tahu, tempe dan kacang-kacangan. Pengolahan dengan cara dikukus atau ditim juga membuat nilai protein lebih baik daripada digoreng.

3. Sayur
Makanan wajib ketiga saat sahur adalah sayur. Meskipun hanya satu porsi (satu mangkuk sedang), namun saya sangat berusaha memenuhinya. Kandungan serat, vitamin dan mineral dalam sayur membantu memperlancar pencernaan sehingga saya terbebas dari gangguan pencernaan selama puasa.

4. Buah
Sama seperti sayur, buah juga mengandung serat, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah saat sahur juga bisa menambah asupan cairan, apalagi bila buah yang akan saya konsumsi saya buat menjadi jus tanpa gula.

Jadi, apa menu untuk sahur besok Moms? :)


Post Comment