Libur Ramadan di Singapura

Mungkin ada yang berminat berlibur di Singapura selama Ramadan ini?

“Duh, mana enak Ramadan di Singapura? Susah ah nanti kalau mencari restoran halal.”

Mungkin Mommies juga memiliki pemikiran yang sama seperti teman saya, yang lagi bingung mencari destinasi liburan untuk keluarganya. Padahal, tahu nggak sih kalau Singapura berhasil dinobatkan sebagai destinasi paling bersahabat untuk wisatawan Muslim di antara negara-negara non-Muslim oleh Global Muslim Travel Index1?!

Melihat peluang ini, Far east Hospitality memberikan rekomendasi tempat untuk para wisatawan Muslim yang ingin berlibur ke Singapura saat Ramadan. Ke mana saja, ya?

1. Kampong Glam

Malay Heritage Cantre

*Image dari www.yoursingapore.com

Daerah ini memiliki perpaduan antara sejarah, budaya, dan gaya hidup. Mommies bisa memulai hari dengan mengunjungi Museum Malay Heritage Center untuk mempelajari warisan dan budaya masyarakat Melayu Singapura. Di sekitarnya terdapat berbagai toko yang menjual kain dan merchandise, salah satunya adalah Heritage Shop (buka 13.00 – 20.00) yang cocok bagi Mommies yang senang berburu karya seni vintage untuk dekorasi rumah.

Untuk berbuka puasa: Kampong Glam Café yang berlokasi di Bussorah Street menawarkan berbagai variasi masakan halal Melayu dan Indonesia.

Untuk Beribadah: Ada Masjid Sultan (3 Muscat Street) atau Masjid Burhani (39 Hill Street).

2. Holland Village

MU Parlour
Dengan nuansa Bohemia, Holland Village atau ‘Holland V’ adalah destinasi yang sempurna untuk berbelanja berbagai kerajinan serta pakaian. Nah, bagi pecinta sepatu kulit, coba deh melipir ke Interpax Shoes Custom Footwear. Untuk si kecil pecinta Lego, kunjungi Secret Chamber yang menawarkan berbagai pilihan Lego.

Untuk berbuka puasa: MU Parlour berlokasi di 16A Lorong Mambong yang menawarkan burger homemade halal.

Untuk beribadah: Masjid Mujahidin (590 Stirling Road), 5 menit berjalan kaki dari Holland Village.

3. Katong District
Berlokasi di Timur Singapura, Mommies bisa mengunjungi rumah tradisional kaum Peranakan yang telah dipugar total dan nikmati koleksi barang antik yang menarik.

Untuk berbuka puasa: 328 Katong Laksa, menyajikan Laksa khas Singapura yang legendaris.

Untuk beribadah: Masjid Khalid (130 Joo Chiat Road)

Mau menginap di mana?
Ada Village Hotel Bugis yang berlokasi di area Arab Street dan Kampong Glam. Dekat dengan Bugis Village dan Little India. Di hotel ini ada tipe kamar special bernama “Kid First,” yang sebenarnya sudah bisa dipesan dari bulan April lalu.

Village Hotel Bugis_Family Kids Room 1_Low Res

Delapan kamar didesain secara unik menggunakan berbagai tema dari film kesukaan anak-anak, seperti Captain America, Princess Sofia, Big Hero 6 dan Cars. Kamar-kamar ini dapat mengakomodir 2 orang dewasa dan 1 anak. Bagi Mommies yang memiliki bayi, bisa kok meminta bak mandi khusus bayi serta ranjang bayi untuk anak di bawah usia dua tahun. Hotel ini juga menyediakan pilihan restoran halal sehingga wisatawan Muslim dapat menikmati sajian yang ada tanpa perlu khawatir.

Village Hotel Bugis_Family Kids Room_Amenities_Low Res

Tidak jauh dari hotel, ada beberapa lokasi yang bisa didatangi bersama anak-anak Moms.

1. Eat Play Love Café

Eat Play Love

*Image dari Cafehopping.sg

Kafe ini merupakan tempat populer untuk pesta anak-anak, dengan pilihan kombinasi hidangan Thailand dan Barat yang pas untuk selera si kecil. Dengan SG$5 untuk dua jam, si kecil bisa membuar kerajinan tangan dengan material yang sudah disiapkan. Lokasi: Aliwal Arts Centre, 28 Aliwal Street, #01-07/ Buka: Senin, Rabu – Minggu: 12.00 – 22.00

2. The Children Little Museum 
Ini adalah rumah bagi berbagai mainan kuno dan klasik. Mommies dapat menjelaskan kepada anakanak tentang mainan-mainan tersebut, lho! Lokasi: 42 Bussorah Street (di depan Mesjid Sultan) / Buka: 10.30 – 22.00 setiap hari / Tiket masuk: SGD 2/person

Tuh kan, bisa aja kok liburan Ramadan di Singapura :).


One Comment - Write a Comment

Post Comment