Cara Jitu Cegah Dehidrasi Selama Puasa

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Memilih dengan tepat apa yang kita konsumsi di kala sahur itu ternyata bisa menentukan kelancaran aktivitas selama kita berpuasa satu hari penuh, lho, Moms.

Saya tidak pernah setuju dengan anggapan makan atau minum sebanyak-banyaknya saat sahur hingga kenyang agar tidak lemas selama puasa. Justru, lemas atau tidaknya sebenarnya tergantung dari pemilihan asupan makanan dan minuman yang tepat.

Saya pernah membuktikan hal ini. Suatu saat saya terlambat bangun dan hanya sempat makan sahur seadanya. Saya hanya makan 2 buah gorengan, 1 potong kue cokelat dan 2 gelas teh manis. Hasilnya? Jam 1 siang saya sudah merasa sangat lemas dan haus! Tapi, apakah saat sahur tersebut saya merasa kenyang? Jawabnya, ya, saya kenyang. Namun makanan yang saya konsumsi ternyata kurang bergizi dan hanya memenuhi rasa kenyang dan dahaga sesaat.

IBU HAMIL - copy

Pemilihan menu yang tepat saat sahur ternyata sangat menentukan jumlah energi yang saya dapatkan untuk tetap bisa berpuasa seharian sembari tetap menjalankan aktivitas. Banyak orang berpikir hanya makanan yang perlu diperhatikan saat sahur, namun ternyata cairan yang masuk juga tak kalah pentingnya. Apa yang saya minum selama ini saat sahur ternyata merupakan minuman yang bersifat diuretik. Ini adalah minuman yang cepat mengeluarkan cairan tubuh dan membuat kita jadi cepat haus, contohnya seperti teh dan kopi. Jika cairan tubuh yang keluar semakin banyak, kita bisa mengalami bahaya dehidrasi.

Dehidrasi merupakan kondisi di mana asupan cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dibandingkan yang masuk, inilah yang biasa terjadi saat kita berpuasa. Dehidrasi berdampak pada banyak hal, mulai dari merasa haus, lemas, pusing, mual atau bahkan pingsan. Tentunya tidak ada yang ingin mengalami hal tersebut.

Sebagai gambaran untuk Anda, 60% dari tubuh kita terdiri dari cairan. Saat menjalankan puasa apapun aktivitas yang dilakukan, cairan tubuh pasti selalu berkurang dikarenakan tidak ada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kita harus pastikan hidrasi yang tepat,pilihlah minuman yang mengandung ION seperti Pocari Sweat untuk memenuhi kebutuhan cairan serta mencegah dehidrasi.

Mengapa harus ION? Karena ION mampu mengikat cairan tubuh lebih lama sehingga Anda tidak cepat merasa haus. Terlebih, komposisi ION dalam Pocari Sweat mirip dengan cairan tubuh, cepat diserap dan bertahan lebih lama sehingga saya tidak mudah merasa haus dan mencegah dehidrasi saat beraktivitas selama berpuasa.

Puasa bila dilakukan dengan tertib dan benar, akan menyehatkan tubuh dan mengistirahatkan kerja saluran pencernaan. Demi puasa yang lancar dan terhindar dari dehidrasi, saat sahur saya mengonsumsi asupan cairan yang cukup dengan Pocari Sweat, karena ION saat sahur jaga harimu.

Jadi, nggak ada alasan lagi kan untuk merasa lemas ketika puasa? :)


One Comment - Write a Comment

  1. Baru 2x sih nyoba buka puasa pakai Pocari ini, karena kebetulan waktu itu pas adzan maghrib, pas masih di jalan. Jadilah melipir ke minimarket yang dilewati…Bener sih cepet hilang hausnya…belum pernah coba juga minum pas sahur, apa betul bikin ga kering pas siangnya hehehe

Post Comment