8 Hal yang Saya Lakukan Saat Anak Tidak di Rumah

Ditulis oleh: Waristi Amila

Sebagai ibu bekerja, kadang, ketika anak-anak tidak berada di rumah, saya menganggapnya itu sebagai me time. Apa yang saya lakukan saat anak-anak tidak di rumah?

Menjadi orangtua itu sama dengan bekerja tanpa cuti, seumur hidup. Pekerjaan yang seru dan menyenangkan namun, kita juga nggak bisa bohong, kalau melelahkan. Sebisa mungkin sih saya rutin melakukan me time singkat. Namun, saat kemarin kedua anak saya diajak liburan bersama kakak saya selama 5 hari…. yeees, ini menjadi ajang me time saya yang cukup lama, hahaha. Oke terus mau ngapain nih. Ini yang saya lakukan Moms….

saat anak tidak di rumah

1. Tidur larut dan bangun siang
Ini surga buat saya! Saat saya bisa tidur selarut yang saya mau tanpa mendengar protes si kecil yang mau ditemani tidur dan si Abang yang bertanya “Kok Mommy tidurnya malam banget?“ Saya bisa baca buku, main games, dan tidak perlu repot menyiapkan sarapan dll di pagi hari.

2. Ambil cuti / kerja sampai malam
Ini bisa jadi pilihan berat tapi sama-sama seru. Kalau selama ini kita sudah sibuk membagi diri dan waktu antara kerja dan keluarga, lalu merasa lelah, mungkin ambil cuti bisa jadi pilihan agar benar-benar bisa cuti Tapi kadang saya memilih yang kedua, saya memilih kerja sampai malam supaya kerjaan bisa selesai cepat dan saat anak-anak kembali, load saya tidak terlalu penuh lagi.

3. Pamper myself
Kapan terakhir ke salon atau Spa, moms? Creambath, facial, meni-pedi, lulur, massage? Iya, sama moms, saya juga merasa sudah lama sekali. Jadi saat anak-anak sedang tidak ada, kenapa tidak memberi waktu untuk diri kita?

4. Bertemu teman – teman
Entah itu teman lama atau teman yang memang sering bertemu, ini waktunya kita menghabiskan waktu sedikit lebih lama bersama mereka. Lunch disambung kopi atau makan malam sampai sedikit larut. Bicara tentang kita sebagai wanita, bukan sebagai ibu, dan cari topik yang tidak berhubungan dengan anak-anak.

saat anak tidak di rumah

5. Olahraga
Karena anak tidak di rumah, tidak perlu ragu untuk berolahraga di rumah misalnya. Mengikuti gerakan senam dari youtube atau bahkan lari keliling kompleks. Banyak kok sekarang aplikasi olahraga yang bisa kita unduh di smartphone.

6. Mengurangi “to – do list“
Saya manusia yang hidup dengan to-do list. Dan semakin anak-anak besar, herannya to-do list saya bertambah setiap harinya. Saat mereka tidak ada di rumah, rasanya tidak apa kalau melewatkan satu atau dua poin dari to-do list saya.

7. Mencoba sesuatu yang baru
Mencoba menembak, memanah, atau bahkan membuat tembikar dan datang ke penampungan hewan untuk bermain? Kenapa nggak! Moms, you have your own time dan ini adalah waktu kita mencoba apapun yang kita mau. Gagal, lusuh, lelah? Nggak masalah, toh kita bisa langsung tidur saat sampai di rumah. Waktu itu saya mencoba aktivitas menembak :D.

8. Relax
Sebenarnya, ini adalah inti dari semuanya. Walau tidak melalui tujuh cara di atas, mommies bisa mencari banyak cara lainnya untuk merasa lebih tenang, mengurangi degup jantung dan helaan napas

Saya tahu, pada saat anak tidak di rumah kita sebebarnya kesepian dan merindukan mereka – atau khawatir. Langkah di atas sebenarnya bukan cuma untuk kita senang dan juga  tenang dan terdistraksi dari rasa rindu, kesepian dan ketakutan. Karena saat kita merasa tenang, kita akan mengirimkan signal positif ke anak kita – yang sedang jauh dari kita. Dan pada akhirnya mereka juga akan baik-baik saja dan merasa bahagia.

Kalau mommies, apa yang dilakukan saat anak-anak nggak ada?