Pilihan Aktivitas Seru Bersama Si Kecil Saat Puasa

Bulan puasa bukan berarti  hanya mengisi hari dengan tidur saja. Supaya nggak bosan, selama bulan puasa saya pun melakukan beberapa aktivitas seru bersama Bumi.

Menjelang bulan puasa, anak saya, Bumi sudah cukup antusias menyambutnya. Dari awal dia sudah semangat untuk ikutan puasa, sahur dan tarawih. Dalam hati saya pun membatin semoga saja semangatnya terus berkobar nggak cuma di awal puasa saja.Namanya juga anak-anak, bisa saja di tengah bulan Bumi merasa lesu bahkan bosan.

Sebenarnya, ada banyak cara supaya anak nggak cepat bosan dan merasa fun dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satunya dengan mengisi kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah. Kegiatan apa saja?

seimbang dalam karier dan rumah tangga

Menyiapkan menu berbuka puasa

Sejak dulu Bumi sudah terlihat senang melakukan aktivitas di dapur, baik bantuin saya masak sampai mencari camilan yang bisa dia kunyah, hahaha. Jadi kenapa nggak saya ajak aja dia ikut bantuin menyiapkan bukaan puasa. Terbukti waktu saya minta tolong dia mengaduk adonan bakwan, dia bangganya luar biasa. Bolak balik bilang kalau bakwan itu hasil masakannya dia. Btw, banyak hal kok yang bisa dipelajari si kecil dari kegiatan memasak bersama. BANYAK…. nggak cuma satu dua!

Mengaji bersama

Salah satu kegiatan yang saya rindukan di bulan Ramadan adalah mengajak Bumi mengaji. Mengaji juz amma. Mommies juga bisa mengajak si kecil bergabung di TPA dekat rumah. Mungkin kalau mengaji sama ibunya nggak asik, beda cerita kalau mengaji bersama teman-temannya, hahaha.

Mendongeng atau membacakan buku cerita favoritnya

Sama seperti anak kecil kebanyakan, anak saya,  Bumi, juga senang sekali mendengar saya mendongeng atau membacakan buku cerita favoritnya. Mungkin, khusus untuk bulan Ramadan, buku cerita yang dipilih bisa tentang para Rasul, Jangan lupa melibatkan anak-anak dengan mengajaknya diskusi secara sederhana, bisa dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan.

Membersihkan rumah

Percaya, deh, aktivitas ini bisa dipilih untuk mengisi waktu selama bulan puasa. Tapi lihat dulu usia anak ya Mom. Sesuaikan permintaan kita dengan kemampuannya. Jangan anak umur 5 tahun sudah kita minta untuk mengepel seluruh rumah :p.  Mulai saja dengan membereskan kamar tidur, termasuk perlengkapannya, seperti alat-alat tulis, buku cerita, hingga mainannya. Setelah itu baru, deh, ajak si kecil untuk menata ruangan rumah agar lebih fresh. Kegiatan menata rumah ini juga bisa dilakukan bisa sekalian sebagai persiapan menyambut Lebaran nanti.

Bagaimana dengan kegiatan Mommies yang lain?


Post Comment