11 Hal yang Perlu Dimiliki Oleh Anak-anak Generasi Sekarang

Sebagai seorang ibu yang mulai pusing melihat gaya hidup generasi sekarang, saya pun berandai-andai jika memungkinkan, saya ingin kedua anak saya memiliki 11 hal ini untuk menemani mereka menjalani kerasnya kehidupan :D.

Sejak menjadi orang tua dan usia juga terus bertambah, satu ketakutan yang kadang-kadang saya rasakan adalah, bahwa saya tidak akan selalu ada untuk mendampingi anak-anak saya. Dan saat saya tidak bisa mendampingi mereka, apakah mereka sudah siap menghadapi kerasnya dunia? Di luar urusan akademis yang sudah pasti penting, saya berharap bisa mengajarkan anak-anak saya untuk bisa memiliki 11 hal ini:

hal yang perlu dimiliki oleh anak generasi sekarang

1. Mampu berkomunikasi secara langsung dengan baik
Gadget memang penting nak, tapi percayalah, bahwa komunikasi secara langsung dengan orang-orang yang ada di sekitar kamu juga sama pentingnya. Angkat kepala kalian sejenak dari layar smartphone. Jadilah teman ngobrol yang menyenangkan. Jika kalian bisa menjadi lawan bicara yang seru di WA atau email, maka kalian juga harus bisa menjadi lawan bicara yang asik secara langsung. Miliki komunikasi yang baik. Baik dalam artian hargai lawan bicaramu. Komunikasi yang baik juga bisa mencerminkan siapa diri kamu.

2. Miliki rasa ingin tahu
Bebaskan rasa ingin tahu kalian. Rasa ingin tahu yang tidak mengobrak-abrik privasi orang lain. Rasa ingin tahu akan membawa kalian kepada banyak hal baru, membuat kalian memiliki banyak ilmu baru dan membuat kalian pada akhirnya memiliki nilai lebih dari orang lain yang tidak ingin tahu apa-apa selain dunianya sendiri.

3. Berimajinasilah
Jangan batasi imajinasi kalian karena sebuah imajinasi bisa membawa kalian mencapai sebuah mimpi yang mungkin awalnya terlihat tidak masuk akal.

4. Selalu optimis
Karena pesimis hanyalah milik mereka yang tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri. Yakin bahwa dari banyak kegagalan yang mungkin akan kalian rasakan, selalu ada namanya keberhasilan.

5. Jadilah pribadi yang tahan banting
Hidup tidak akan menjadi semakin mudah, karena persaingan di zaman kalian jauuuuh lebih berat. Jangan gampang menyerah setiap menemui masalah. Jangan lantas melempem dan mundur teratur ketika kalian mungkin kalah. Tahu, kan sebuah per atau pegas? Yang ketika ditekan dia melawan dan bahkan mental setinggi mungkin? Jadilah seperti itu. Ada masalah? Kalah dengan orang lain? Mundur sejenak, hanya sejenak nak, untuk menenangkan diri kalian. Di saat tenang, cobalah berpikir jernih dan mencari inti dari masalah yang kalian hadapi. Lalu cari jalan keluarnya.

6. Berpikir kritis
Latih pikiran kalian untuk berpikir dengan kritis, karena ini salah satu syarat jika seseorang ingin maju. Berpikir kritis juga akan membuat kalian terbiasa memecahkan masalah.

7. Miliki jiwa entrepreneur
Karena ini membuat kalian tidak harus bergantung pada orang lain, bahkan sebaliknya, kalian bisa membantu orang lain, kalian membuka lahan pekerjaan untuk orang lain. Berjiwa entrepreneur akan menumbuhkan jiwa kreatif kalian, membuat kalian berani mengambil risiko, berpikir cepat dan menimbulkan jiwa kepemimpinan kalian. Ciptakan peluang untuk diri kalian sendiri.

8. Mampu beradaptasi
Ingat bahwa yang akan tetap ada adalah perubahan itu sendiri. Maka dibutuhkan kemampuan beradaptasi yang baik dari kalian agar kalian bisa mengejar perubahan-perubahan yang terjadi. Perubahan itu tidak akan menunggu sampai kalian siap.

9. Miliki tujuan dalam hidup
Belajar untuk memiliki tujuan yang jelas dalam hidup karena ini yang akan membantu kalian lebih terarah dalam menjalani hidup.

10. Tetap miliki sopan santun

Menjadi generasi sekarang yang modern dan berpikiran terbuka bukan berarti kalian melupakan arti sebuah sopan santun. Sopan santun menjadi salah satu alat ukur sejauh mana kalian menghargai orang lain. Jangan pernah lupa mengatakan tolong, mengucapkan terimakasih dan meminta maaf jika kalian salah.

11. Jangan lupakan empati
Jangan lupa untuk tetap mempertahankan empati yang kalian miliki, karena ini yang membuat kalian tetap menjadi manusia yang bisa memanusiakan sesama kalian.

Di luar 11 hal ini, masih banyak hal penting lain yang perlu dimiliki oleh anak-anak saya. Namun untuk saat ini, biarlah 11 hal ini dulu :).