banner-detik
GREEN HOME

5 Kiat Menyiasati Halaman Rumah Sempit Jadi Taman Asri

author

?author?05 Jun 2016

5 Kiat Menyiasati Halaman Rumah Sempit Jadi Taman Asri

Kehadiran taman di rumah bisa menyegarkan suasana, sekaligus sebagai sumber produksi oksigen. Tapi bagaimana kalau nggak begitu luas ya? Nggak masalah! Atasi dengan beberapa kiat berikut ini.

5 Kiat Menyisati Halaman Rumah Sempit Jadi Taman Asri

Halaman di rumah saya termasuk mungil, tapi karena orangtua saya senang menanam segala macam tanaman jadilah taman rumah kami tetap rimbun. Tapi tentu saja harus memerhatikan beberapa trik, supaya taman kecil kami tetap sedap untuk dipandang. Mendesain halaman mungil ini memang susah-susah gampang sih, tapi tetap banyak jalan menuju Roma :D

  • Hati-hati memilih jenis tanaman
  • Pilih tanaman yang ukurannya tidak terlalu besar, pilih yang agak tinggi untuk memanipulasi luas taman. Selain itu, usahakan  tanaman yang tidak menghasilkan sampah daun terlalu banyak. Mommies bisa memilih tanaman yang sudah dibonsai, agar terkesan taman Anda luas. Saran saya jatuhkan pilihan pada pohon yang memiliki dedaunan memanjang dan agak runcing.

  • Manfaatkan dinding
  • Mommies pernah mendengar istilah vertical garden? Yaitu cara menanam pada area vertical. Banyak cara untuk membuat vertical garden ini, yang paling sederhana memanfaatkan pot yang ditempel atau digantung pada dinding. Atau sesederhana menanam tanaman rambat yang diarahkan ke bagian dinding.

  • Pencahayaan
  • Kalau malam tiba, permainan cahaya bisa menjadi pilihan menarik untuk membuat taman Mommies lebih kece. Gunakan lampu LED yang ramah lingkungan, sorot bagian tanaman yang ingin Anda tonjolkan.

  • Jalan setapak
  • Jalan setapak digunakan agar Mommies tidak menginjak rumput apabila ingin menyiram tanaman. Selain itu, memberi kesan taman Anda memiliki dimensi yang lebih luas. Jalurnya bisa dibuat agak berkelok (tapi jangan terlau rumit), atau lurus saja. Bahan jalan setapak banyak macamnya, bisa hanya menggunakan batu bata atau atau jalan setapak model lainnya yang banyak dijual di tukang taman.

  • Komposisi
  • Pusatnya tanaman besar hanya di beberapa sudut, misanya dua sudut saja. Tujuannya supaya halaman rumah Anda tidak “sesak”. Permainan warna tanaman juga sangat menolong lhom Mommies. Jangan juga hijau semua, 3 jenis warna masih okelaaah. Pilih tumbuhan yang memiliki bunga-bunga kecil juga akan menambah manis tampilan taman Anda.

    Mommies punya trik lainnya? Silakan bagi ke kami, ya :)

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan