8 Trik Mengurus Bayi untuk Ibu Baru

Ada yang di antara Mommies baru saja melahirkan? Simak deh 8 trik mengurus bayi untuk ibu baru yang akan memudahkan Mommies mengurus si kecil.

8 Kiat Mengurus Bayi, untuk Ibu Baru

Di masa-masa awal saya baru melahirkan, rasanya masih kikuk mengurus Jordy anak pertama saya. Ada perasaan takut kalau membuat kesalahan sebagai ibu baru, beruntung support system di rumah berjalan dengan baik. Artinya seluruh orang rumah, mengambil porsinya masing-masing untuk membantu saya, misalnya menyukseskan program ASI eksklusif 6 bulan, membantu menyiapkan asupan makanan yang tinggi serat, dan siap sedia mengantar saya ke rumah sakit untuk vaksin.

Selain itu, ibu dan teman-teman saya juga memberikan beberapa trik, dan saya merasakan hidup saya sebagai ibu baru mejadi jauh lebih ringan :D Ini dia kiat mengurus bayi yang pernah saya dapatkan.

  1. Balurkan sedikit minyak kelapa atau minyak almod pada bagian anus si kecil untuk melancarakan pup-nya keluar. Cairan minyak tadi akan membuat bagian anus si kecil menjadi lebih lembap dan licin untuk jalan keluar veses.
  2. Usapkan pula petroleum jelly, pada bokong dan sekitar perut bayi untuk menghindari ruam popok. Ada yang khusus untuk bayi atau gunakan saja yang original. Cara ini sudah saya buktikan, dan memang ampuh mencegah ruam popok.
  3. Tutup bagian kelamin kecil dengan pakaian bekasnya, supaya kalau si kecil pipis tidak mengenai wajah Anda. Apalagi anak laki-laki, sudah seperti air mancur tuh…hihihi.
  4. Lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda, jika di perut si kecil terdapat banyak gas, dalam keadaan berbaring. Gerakan ini akan membantu mengeluarkan gas berlebih pada perutnya, tak hanya itu – saya juga pernah melakukan hal ini untuk melancarkan pupupnya.
  5. Siapkan baju tidur dengan bentuk zip-up sleeper, supaya mudah juga mengenakannya ke si kecil. Dan Mommies tak perlu khawatir bayi Anda masuk angin. Saya sempat membeli model ini, yang model pada bagian tangannya juga bisa tertutup – meminimalisir si kecil terluka karena gesekan kukunya sendiri.
  6. Tidurlah saat bayi Anda tidur!. Duuuh awal-awal tuh saya nggak engeh dengan rumusan yang satu ini. Ketika Jordy tidur, yang ada saya malah sibuk melakukan ini itu, yang ada ketika Jordy bangun energi saya tidak tersimpan dengan baik. Dan merasakan lelah luar biasa. Sampai ketika Papa saya mengingatkan tentang hal ini “Nita, kalau Jordy tidur ya kamu juga tidur ya!” ibarat dapat angin segar dan pencerahan…hehehehe
  7. Jangan langsung menggambil si kecil saat ia terdengar bersuara di tengah-tengah tidurnya. Biarkan dulu setidaknya satu menit, bisa jadi si kecil hanya mengigau dan akan kembali tertelap.
  8. Tempatkan kapas berbentuk bulat pada sebuah wadah, lebih bagus yang terbuat dari kaca agar tidak bereaksi apapun. Lalu berikan air yang ditambahkan cairan disinfektan, untuk membasuh ketika si kecil buang air kecil atau besar.

Apa kiat lainnya dari Mommies? silakan ya, bagikan ke kami :)


Post Comment