5 Tips Merawat Rambut Berminyak

Ditulis oleh: Saskia Elizabeth

Rambut lepek berminyak semakin sering saya alami setelah menjadi ibu (eaaaa). Mungkin hormon yang berubah setelah melahirkan atau memang keringetan mengurus dua anak yang aktifnya LUAR BIASA. 5 tips merawat rambut berminyak versi saya adalah….

Sering ‘ditembak’ dengan pertanyaan, “Pasti belum keramas, deh!” atau “Habis olahraga?” Sudah pasti langkah berikutnya saya akang langsung ke kamar mandi atau melihat kaca dan memberikan berbagai trik kilat agar rambut tidak terlihat berminyak dan lepek (biasanya pasti pakai bedak bayi!). Runtuh sudah semangat juang sebelum berangkat setiap paginya untuk membuat rambut tampak lebih bervolume dan bersinar sehat. Lebih kesal lagi kalau ternyata kemarin malam baru saja dari salon, paginya rambut sudah terlihat seperti habis keluar dari kelas hot yoga (a.k.a kilang minyak pindah ke rambut kita).

Merawat rambut berminyak

*Image dari Fitandhappy.org

Well, you are not alone. Tapi, sebelum mengatasi masalah rambut berminyak ada baiknya kita mencari tahu dahulu apa penyebabnya. Karena beda penyebab, bisa berbeda juga solusi dan pemakaian produknya. Rambut berminyak bisa disebabkan oleh beberapa hal:
– Seperti masalah hormonal (di antaranya; kehamilan, menopause, masalah dengan tiroid)
– Masalah karena menggunakan produk rambut atau pola makan yang salah sehingga ‘manajemen’ di area rambut pun mengeluarkan kelebihan minyak.

Apabila penyebabnya nomor satu maka yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati dan merawat dengan baik sehingga mengurangi masalah, karena hal ini hanya sementara setelah melewati fase hormonal diharapkan rambut kembali lebih normal. Kalau penyebabnya adalah nomer dua, maka Anda sudah bisa tahu solusi tercepatnya, ganti produk dan hindari makanan-makanan yang dapat menghasilkan sebum berlebih.

Jadi bagaimana menyiasati dan merawat rambut berminyak ini, apapun latar belakang yang menyebabkannya? Yuk, coba tips di bawah ini:

1. Baiknya mencuci rambut dengan air dingin. Penggunaan air hangat dapat menstimulasi produksi sebum berlebih, sedangkan air dingin membantu menutup kutikel dan mengurangi kerusakan rambut Anda.

2. Sebisa mungkin biarkan rambut Anda kering alami, apabila sesekali ingin men-styling rambut pilih hair dryer. Hindari pemakaian catok, karena selain akan membuat rambut terlihat lebih lepek, panasnya akan membuat kondisi rambut berminyak lebih parah.

3. Rambut yang berminyak cukup sensitif. Setiap gerakan atau sentuhan dapat merangsang produksi sebum berlebih. Oleh karena itu sisir dan sentuh rambut secukupnya.

4. Hindari penggunaan conditioner namun apabila ingin menggunakan cukup di ujung rambut saja.

5. Menggunakan produk rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Untuk produk, memang harus melalui proses trial and tested karena satu produk yang sangat bagus sekalipun bisa tidak dapat mengatasi masalah rambut Anda. Dari beberapa testimonial, dry shampoo merupakan penyelamat rambut berminyak. Namun, apabila Anda lebih terbiasa menggunakan shampoo biasa, pilih yang formulanya ringan. Berikut beberapa produk favorit referensi yang sudah pernah direview di forum femaledaily.com.

a. DOVE Volume Nourishment. Para pemakai memuji khasiatnya menjadikan rambut tidak lepek serta aromanya yang harum tidak cepat hilang. Mudah-mudahan Anda bisa cocok juga ya apabila menggunakan shampoo ini.

Dove Volume Nourishment Shampoo
b. Batiste Dry Shampoo. Menurut review, ini merupakan produk favorit yang telah menyelamatkan banyak tragedi kilang minyak di rambut. Semacam 911 untuk shampoo. Selain terasa ringan dan aromanya yang harum, memberi volume pada rambut namun tetap lembut.

Batiste Dry Shampoo

Kalau Mommies yang memiliki keluhan yang sama seperti saya, biasanya menggunakan apa sebagai bala bantuan??