8 Hal Paling Klise Dalam Hidup Namun Penting

Ditulis oleh: Nina Samidi

Saya akan menuliskan delapan hal yang menurut orang-orang sangat klise. Tetapi saya jamin, delapan hal klise inilah yang justru bisa menjadi hal paling penting dalam hidup kita.

Apa yang sesungguhnya kita butuhkan untuk membuat hidup jadi lebih menyenangkan? Jawabnya, hanya delapan hal (klise) di bawah ini.

1. Tersenyum
Saya termasuk yang percaya pada petuah lama, “Tersenyumlah pada orang lain, orang lain akan tersenyum balik pada kita.” Cobalah tersenyum ramah kepada tetangga yang kita lewati, saat dia membalas, seketika ada perasaan menyenangkan menyusup ke hati kita. Itu sebuah kemewahan. 

2. Tertawa
Tertawa melancarkan sirkulasi darah sampai 22 persen dan menurunkan stres sampai 35 persen, dan kita akan 30 kali lebih banyak tertawa saat bersama orang lain. Jadi tertawalah sepuasnya dan buatlah hidup jadi lebih menyenangkan dengan tertawa bersama teman atau keluarga.

3. Bersyukur
Oke, ini paling klise tapi ajaibnya, ini paling ampuh efeknya dalam hidup. Bersyukur ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri, membuat tidur lebih nyenyak, dan membuat kita lebih bertenaga atau bersemangat. Bersyukur juga membuat kita lebih mencintai diri sendiri.

4. Beraktivitas di luar
Jangan cuma si kecil yang disuruh main di luar, tapi kita juga dong. Kalau kita mengajari si kecil bahwa bermain di luar akan menguatkan otot dan mencerdaskan otaknya, ini juga berlaku untuk kita. Beraktivitas di tengah alam mampu menurunkan stres dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Hal penting dalam hidup

5. Hargai perasaan sendiri
Lupa menghargai perasaan sendiri adalah dengan membiarkan orang lain berbicara seenaknya kepada kita, atau merendahkan/menghina/mempermalukan kita di depan banyak orang. Kalau tidak suka atau tidak setuju terhadap sesuatu, katakan saja. Ingat Moms, cara orang lain menghargai kita adalah bagaimana kita menghargai diri sendiri.

6. Melambat
Kehidupan modern yang super sibuk membuat kita kadang lupa pada arti hidup itu sendiri. Sesekali, cobalah melambat. Diam sebentar, lalu perhatikan sekeliling. Apakah kalau kita melambat lalu dunia akan runtuh? Tidak juga, kan? Sesekali tidak sempurna dalam hidup itu normal, kok. Coba turunkan ritme dengan mengurangi aktivitas, dunia akan tetap berputar seperti biasa, santai saja.

7. Berbagi
Iya, saya tahu ini juga sangat klise. Saya memasukkan butir ini karena saya sangat percaya pada keyakinan bahwa harta kita akan kembali berlipat jika kita berbagi. Buktikan deh, karena saya sudah membuktikannya. Saya tidak pernah merasa rugi karena sudah memberi, bahkan hati jadi lebih bahagia karena bisa berbagi.

8. Jaga kesehatan
The most cliché thing ever: stay healthy! Minum air putih, makan sayur dan buah, tidak merokok dan minum alkohol, serta berolahraga atau banyak beraktivitas fisik, itu saja kok aturan dasarnya. Asal kita sehat, apapun yang terjadi dalam hidup, tak ada yang lebih berat daripada kalau menjalaninya saat sakit. Setuju kan, Moms?!