3 Tempat yang Tabu untuk Ponsel

Relakan ponsel lepas dari genggaman Anda di 3 tempat berikut ini. Semua tentu atas nama kebaikan dan keselamatan kita sekeluarga.

3 Tempat yang Tabu untuk Ponsel

Sering dengar nggak Mommies candaan yang berbunyi: “Handphone itu, menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.” Kalau membuat yang jauh jadi dekat sih nggak masalah ya, yang bahaya kalau malah jadi merenggangkan hubungan. Karena harusnya, kehadiran gadget bisa bermanfaat untuk banyak hal loh – misalnya memanfaatkan gadget untuk financial planning, memaksimalkan proses belajar mengajar, hingga mengunggah aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Namun, ada kalanya kehadiran ponsel di beberapa tempat juga dapat mengganggu kegiatan inti yang sedang dilakukan. Dan lebih parahnya lagi, berakibat fatal untuk keselamatan Mommies sekeluarga. Jadi, ada baiknya hindari menggunakan ponsel di tiga tempat ini:

  1. Meja Makan

Setidaknya ada 7 manfaat  dari makan bersama di meja makan untuk si kecil, jangan sampai manfaat-manfaat tadi berkurang karena kehadiran ponsel. Contohnya nih, dengan makan bersama si kecil bisa mengasah kemampuannya berkomunikasi. Bayangkan jika Anda, Ayah, dan sang Kakak sibuk dengan ponselnya masing-masing :(. Si kecil akan kehilangan kesempatan untuk mengasah kemampuannya berbicara dengan seluruh anggota keluarga. Sayang kan, Mommies? Belum lagi momen kedekatan yang lewat begitu saja. Ini nih, yang dinamakan “Menjauhkan yang dekat!.”

  1. Ruang Tidur

Banyak peneliti telah membuktikan bahwa sinar biru yang berasal dari ponsel akan menyebabkan gangguan sulit tidur. Ujung-ujungnya kualitas tidur jadi menurun, performa di kantor atau di sekolah jadi terganggu, hingga ada keluhan dengan kesehatan (duuuh, ini sih, sudah parah banget deh). Bahkan nih, kalau terlalu sering memainkan ponsel, harus waspada dengan beberapa penyakit yang bisa mampir ke tangan Anda. Di antaranya Carpal Tunnel Syndrome (CTS), yang disebabkan gerakan berulang naik turun atau getaran yang terus menerus pada pergelangan tangan yang mengakibatkan pembengkakan tendon dan menekan saraf medianus pada daerah tersebut.

  1. Mobil

Buang jauh-jauh pikiran, menelepon atau mengetik pesan selama Anda menyetir – bahkan ketika Mommies tidak sedang menyetir. Selain (TENTUNYA), untuk alasan keselamatan, menggunakan ponsel di dalam mobil akan mengurangi kualitas pembicaraan Mommies dengan anak-anak. Kan kasihan, kalau si kecil sedang bicara dengan Anda, tapi Anda malah sibuk dengan layar ponsel. Karena ketika melakukan perjalanan jauh, misalnya ke luar kota – akan ada banyak sekali topik pembicaraan menarik yang bisa dilakukan. Jadiii, jangan sampai kehilangan kesempatan itu.

Ada saran tempat lainnya yang harus “steril” dari ponsel?