Cara Mencegah dan Menghilangkan Stretch Marks

Nggak usah risau dengan kehadiran stretch marks, soalnya guratan putih pada kulit ini sebenarnya bisa dicegah dan dihilangkan, kok.

Sekedar flash back ke masa saya hamil dulu, saya ingat sekali ketika kehamilan baru memasuki trimester ke-2, perut saya rasanya gatal bukan main. Orang zaman dulu, sih, bilangnya gatal ini dikarenakan rambut si janin yang tumbuh lebat. Kenyataannya, begitu lahir rambut anak saya, Bumi, cuma sedikit. Bahkan bisa dibilang cenderung botak. Dari sini, saya pun akhirnya bisa mematahkan mitos yang mengatakan perut bumil yang gatal diakibatkan rambut janin yang banyak.

Faktanya, perut gatal ini disebabkan oleh peregangan kulit secara drastis yang ujung-ujungnya menimbulkan stretch marks. Terus terang saja, saya sempat dibikin resah kalau kondisi tubuh saya akan dipenuhi oleh guratan putih yang mirip ‘carakaran kucing’ ini. Biar bagaimanapun, pasti akan memengaruhi penampilan dan bisa bikin nggak percaya diri. Nggak aneh kalau akhirnya stretch marks ini dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi para ibu hamil. Para bumil pun mau nggak mau mencari cara untuk mencegah dan menghilangkan stretch marks.

Kalau merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, kebanyakan 90% perempuan hamil akan mengalami stretch marks. Biasanya, sih, terjadi di usia kehamilan enam atau tujuh bulan. Dan saya salah satu perempuan yang mengalaminya *hiiiks*

strech marks

Hal ini dr. Mardiati Ganjardani, SpKK menjelaskan kalau stretch marks ini terjadi akibat peregangan pada kulit. “Bisa karena menggendut secara mendadak, atau sebaliknya karena mengurus mendadak. Makanya ini sering dialami oleh ibu hamil karena pada waktu yang relatif singkat, berat badannya naik, dan melar sekali. Tapi pada bumil memang ada pengaruh faktor hormonal juga, jadi hormon ini bikin serat-serat elastin di bawah kulit jadi nggak bagus atau pecah, makanya bisa terjadi stretch marks”.

Lebih lanjut dokter kulit yang kerap disapa dokter Menik ini melanjutkan, karena stretch marks para ibu hamil dipengarungi faktor hormonal, maka ketika hormon sudah ‘beres’ biasanya akan berkurang. “Tapi, kalau nggak diapa-apain tanpa ada perawatan lebih lanjut akan susah hilang juga. Makanya perlu perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil.”

Berkaitan dengan perawatan kulit untuk mencegah dan menghilangkan stretch marks, saat ini memang sudah banyak sekali produk yang ditawarkan. Pertanyaanya, apakah produk tersebut aman digunakan bumil? Terus terang saja, dulu waktu saya hamil saya cukup parno dan sangat selektif dalam memilih produk. Jangan sampai karena salah memilih, akhirnya menyesal karena memengaruhi kesehatan janin.

Setelah browsing ke sana ke sini, termasuk ke forum Mommies Daily, ternyata ada produk yang bikin saya jatuh hati. Namanya, Mustela. Ada yang sudah familiar dengan produk ini? Jadi produk Mustela 9 Months, untuk meningkatkan kulitas kulit pada ibu hamil. Produk ini terdiri dari Stretch Marks Double Action dan dan Stretch Marks Intensive Action. Produk ini pun sudah melalui uji klinis yang membuktikan kalau produk ini aman digunakan para bumil.

Mustela

Nggak percaya? Mustela telah lulus uji klinis, yang dilakukan selama 6 bulan ke 26 peserta ibu hamil. Ternyata 96% peserta ibu hamil yang memakai Stretch Marks Double Action tidak mengalami pembentukan stretch marks saat mengandung. Bahkan 100% peserta ibu hamil mengkonfirmasi kulit lebih tahan terhadap stretch marks saat memakai Stretch Marks Double Action.

Sementara untuk Stretch Marks Intensive Action, produk ini juga bisa membantu mengurangi stretch marks yang sudah lama terbentuk. Itu, lho…. stretch marks yang warnanya sudah putih. Untuk kasus yang seperti ini memang dibutuhkan perperbaikan jaringan kulit, dengan menyamarkan warna stretch marks maupun memperkecil ukuran stretch marks yang sudah ada. Dengan 2 bahan baku yang ada di produk ini, yaitu Panthenol dan copper gluconat, akhirnya mampu bekerja dan saling sinergis untuk memperbaiki jaringan kulit yang sudah ada stretch marks dengan menyamarkan warna stretch marks maupun memperkecil ukuran stretch marks yang sudah ada.

Yang membuat brand satu ini unik dan berbeda dari produk kebanyakan, produk ini menggunakan bahan yang digunakan dari bahan alami. Misalnya lupeol, yang  mampu menstimulasi pembentukan kolagen yang berkualitas. Serta kandungan avocado peptides tidak akan ditemukan pada produk lainnya. Avocado peptides ini mampu meningkatkan pembentukan lemak lapisan kulit luar, mencegah kekeringan pada kulit dan mengembalikan kenyamanan kulit bahkan menekan faktor pencetus radang dan gatal pada kulit.

Keren, ya? Asiknya, lagi rangkaian Mustela tidak hanya Mustela 9 Months saja, karena ada rangkaian Mustela Bebe untuk si kecil. Masalah segi keamanan tentu saja nggak perlu diragukan lagi, jadi bisa dipercaya untuk menjaga kesehatan kulit anak kita, mulai dari bayi baru lahir, bayi hingga anak-anak.


2 Comments - Write a Comment

  1. Waaahhh sekarang makin banyak ya krim-krim pencegah stretchmark….Dulu waktu saya hamil anak pertama, akhirnya karena khawatir muncul stretchmark dari awal hamil sampai lahiran saya pake body butter. Karena dulu belum banyak nih dijual krim-krim begini, kalau mau musti PO.
    Mustela ini aku pernah liat ada di Mothercare deh, bener ga?

  2. @nasamarello, iya bener waktu minggu lalu aku pernah beliin buat temenku di Mothercare tapi di Kimia Farma dan Guardian juga ada kok gampang dicarinya bahkan online juga udah banyak.
    Btw stretcmark yang bisa ilang itu yang warna nya gimana sih?

Post Comment