Papan Permainan Edukatif Buat Si Kecil

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak-anak bila kita mengenalkan mereka dengan real life game layaknya papan permainan. Penasaran keterampilan apa saja? Simak penjelasan Saskhya Aulia Prima, M.Psi di artikel ini, yuk!

indomilk

Masih ingat, dong, dengan permainan zaman beuhela seperti monopoli ataupun ular tangga? Nah, siapa yang masih suka mengajak anak bermain papan permainan seperti ini? Kalau saya, sih, cukup sering mengajak Bumi, bermain papan permainan di akhir pekan. Saya percaya papan permainan ini nggak cuma permainan yang menyenangkan dan seru, tapi efektif meningkatkan kecerdasan anak, bahkan mengajarkan keterampilan lainnya.

Seperti yang dipaparkan Saskhya Aulia Prima, M.Psi, orangtua memang perlu mengenalkan anak dengan permainan yang lebih konkrit. Contoh real life game yang disarankan Saskhya adalah papan permainan. Oleh karena itulah Saskhya menyarankan agar orangtua lebih mengedepankan anak untuk mengedepankan real life game lebih dulu, permainan yang bisa dipegang dan membuat anak belajar berinteraksi dengan temannya.

Serunya lagi, saat ini ada jenis papan permainan baru yang bisa dikenalkan pada si kecil. Sudah tahu belum, sih, kalau saat ini Indomilk menawarkan papan permainan Jagoan BoBoiBoy? Jadi, pada saat membeli susu cair Indomilk UHT 190ml dan Indomilk Kids 115ml, kita bisa mengumpulkan 24 karakter serial televisi BoBoiBoy.

Setelah mengumpulkan karakter dari kemasan susu, papan permainannya tinggak diunduh lewat website www.indomilk.com. Kalau di antara Mommies masih ada yang bingung memainkannya, langsung cek tutorialnya lewat video di link ini, ya.

indomilk1

Berhubung anak saya, anak laki-laki, jadi saya sudah cukup familiar dengan film BoBoiBoy. Soalnya, salah satu topik obrolan saya dengan Bumi adalah membahas keseruan jagoan dalam cerita BoBoiBoy. Makanya, begitu anak saya ini tahu kalau setiap kemasan susu cair Indomilk bisa mendapatkan avatar jagoan favoritnya, anak lanang saya ini lantas minta dibelikan terus, hahaha…

Sebagai orangtua, saya pun nggak kalah ikuatan antusias dengan ide Indomilk untuk melahirkan papan permainan ini. Kalau dingat, saat ini kan permainan beheula semacam ini sudah mulai dilupakan. Dari sini bisa terlihat kalau Indomilk punya kepedulian terhadap tumbuh kembang, dan mendorong anak-anak untuk lebih berani, berpikir lebih kreatif dengan papan permainan ini.

Biar bagaimanapun kalau terbiasa bermain papan permainan, maka anak punya kesempatan untuk  lebih berani berinteraksi dengan bermain langsung dengan temannya. Mau nggak mau, mereka pun belajar bagaimana kelola emosinya sendiri. Bagaimana ia harus giliran main, ketika menang dan melihat temannya sedih apa yang harus dilakukan. Dari sini anak juga bisa belajar lebih berempati.

Berkaitan dengan keterampilan sosial, Saskhya mengatakan dengan mengajak anak melakukan real life games, anak lebih bisa mengembangkan kemampuannya. “Kalau sedang  bermain bareng, saat bertemu dan berinteraksi, banyak sekali yang harus dipelajari anak.  Mulai bagaimana anak harus belajar beradaptasi, memilih media apa supaya bisa lebih akrab dengan temannya”.

Dengan mengajak anak kita bermain papan permainan, anak juga bisa belajar untuk melakukan perencanaan. Mencari cara bagaimana bisa menang dengan mengatur strategi. “Artinya, bisa melatih anak untuk berpikir. Setelah punya perencanaan, anak juga bisa belajar mengontrol emosi untuk mengesksekusi perencanaan tersebut. Ketika menang anak juga bisa dilatih untuk lebih peka dan empati karena harus tahu batasan meledek temennya yang kalah,” jelasnya.

Wah, kalau manfaatnya segini banyak, buat apa nunggu lebih lama lagi untuk mengumpulkan karakter Indomilk Jagoan BoBoiBoy? Saya jadi nggak sabar untuk mengajak Bumi bermain, nih.


7 Comments - Write a Comment

  1. oohhh ini nih ya yang lagi heiitss di kalangan anak SD hahahaha..pantes anak gue kok tau-tau awal bulan ini ketika diajak belanja bulanan tuh minta ganti susunya, dari UHT yg biasa dia minum ke Indomilk ini. Katanya mau ngumpulin karakternya biar bisa main :D

    1. adiesty

      hahahaha….iya, Mbak :) Ngehiiitzzzz abisss…. Bumi juga gitu, pas tau ada permainan BoBoiBoy, langsung aja minta beliin susunya dan ngebet buat mainin. Bolak balik liat yutup cara bermainnya gimana. Seru juga, sih, paling nggak jadi punya permainan baru buat wiken di rumah :D

  2. Jangan sedih @adiesty and mbak @nasamarello, anak gw dua orang, laki semua, dan masing-masing mau punya SETIAP karakter dengan kemampuan yang berbeda-beda….kebayang kan berapa sering gw beli ini…ahahahaha. Tapi jadi anteng sih nggak main gadget mulu, jadi ada kegiatan lain yang seru, hehehe.

Post Comment