Pastikan Keamanan Bayi Saat Tidur

“Boleh nggak ya, bayi saya ditidurkan telungkup?”
“Lebih baik tidur di ranjang yang sama, atau dipisah ya?”

Pertanyaan-pertanyaan ini pasti selalu muncul dan ditanyakan oleh ibu baru. Bayi -terutama yang baru lahir- memang tugas utamanya adalah tidur, karena sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Bila bangun, hanya untuk menyusu atau saat merasa tak nyaman setelah buang air.

Seperti pertanyaan di atas, yang menjadi perhatian orang tua, adalah tentang keamanan bayi saat tidur, karena bayi baru lahir masih sangat terbatas kemampuannya. Risiko utama kelalaian saat bayi tidur adalah SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), yang walaupun angka kejadiannya kecil, tetap merupakan kengerian utama bagi orang tua.

Tetapi selain itu, keamanan tidur bayi ini juga terkait banyak hal, risiko-risiko lain seperti bayi sesak napas, terjatuh, dan gangguan kesehatan lainnya. Karena itu, untuk memastikan keamanan bayi saat tidur, perhatikan hal-hal berikut ini:

Peek A Boo_Grobag2 (1)

Bayi paling baik tidur secara telentang. Orang tua bisa memastikan bayi tidur telentang, terutama untuk bayi yang belum bisa berguling sendiri. Beberapa orang tua merasa bayinya tidur lebih nyenyak bila telungkup, tetapi bila ia dibiasakan tidur telentang sejak lahir, maka berikutnya bayi akan nyaman dan nyenyak tidur telentang.

Tempatkan bayi (terutama di usia 6 bulan pertama) pada baby cot atau boks bayi, dekat dengan kita. Ini adalah tempat paling aman, dibanding berada di satu ranjang bersama orang tua. Bayi berisiko terjatuh, tertutup selimut atau anggota tubuh orang tua bila berada di tempat tidur orang tua.

Pastikan kamar di mana bayi tidur terbebas dari asap rokok, ataupun sisa asap rokok pada baju ayah yang mungkin merokok di tempat lain. Walaupun simpel, ini sangat penting karena partikel racun asap rokok sekecil apapun bisa mengendap dan membahayakan kesehatan bayi.

Pastikan seprei pada boks bayi terpasang dengan pas dan kencang, serta boks bayi bersih dari dari benda-benda, mainan, boneka, selimut atau bantal. Jangan memakaikan selimut pada bayi, karena bayi berisiko tertutup atau terlilit selimut. Supaya bayi tetap hangat saat tidur, kita bisa menggunakan produk baby sleep bags, seperti GroBag baby sleeping bags dari Bloom and Grow Asia ini. Grobag mempunyai fitur unggulan seperti material premium yang sangat aman untuk bayi, dan desain yang memastikan keamanan dan memberikan kenyamanan saat bayi tidur, dengan panjang dan kelonggaran yang pas sehingga bayi tetap bebas bergerak.

Biasanya bayi baru lahir akan dibedong, untuk membuatnya lebih nyaman, dan terjaga dari gerakan refleks tubuhnya yang belum terkontrol. Tetapi, terkadang ikatan bedong yang sangat kencang justru menghalangi posisi normal dan natural bayi, seperti pada kaki. Kaki bayi yang menekuk, adalah posisi naturalnya dan memungkinkan pertumbuhan optimal. Jadi sebaiknya jangan membedong terlalu kencang dengan meluruskan kaki bayi.

Alternatifnya, kita bisa menggunakan Gro-Snug pada bayi usia 0-3 bulan, produk 2 in 1 yang berfungsi sebagai swaddle (bedong) sekaligus newborn sleeping bag. Gro-Snug memungkinkan kita untuk ‘membungkus’ bayi seperti bedong dengan memasukkan tangan bayi, ataupun membiarkan tangan bayi di luar seperti memakai baby sleeping bag. Memakaikan Gro-Snug pun sangat mudah, tanpa melipat, dengan resleting bawah yang untuk memudahkan mengganti popok bayi. Desain yang unik menciptakan space untuk posisi kaki bayi untuk menekuk natural.

memastikan tidur bayi tenang

Produk-produk seperti baby sleeping bags ini mungkin belum umum digunakan di masyarakat kita, tetapi sudah banyak pula keluarga muda Indonesia yang memakai dan merasakan manfaat dan kepraktisannya. Grobag baby sleeping bags dan Gro-Snug merupakan produk unggulan dari Gro Company yang tersedia di bloomandgrowasia.com. Selain keduanya, ada pula Gro-Hush, produk inovatif berupa calming device, alat yang dapat membantu untuk menenangkan bayi yang gelisah, yang bekerja dengan cara ditempel atau didekatkan ke telinga bayi secara lembut. Alat ini akan mengeluarkan suara lembut dan menenangkan yang disukai bayi, dan akan membuatnya nyaman hingga mudah terlelap.

Seluruh produk ini bisa Mommies dapatkan di Kiddobaby, Birds & Bees, Bayi Tembem, Madeline Baby Shop, Jaime & Jaimie dan leading nursery retailer lainnya.

Bayi yang mendapatkan tidur cukup, aman dan nyaman akan tumbuh dan berkembang optimal, seperti harapan semua orang tua. Di sisi lain, tidak perlu cemas dan panik apakah bayi baru lahir kita baik-baik saja saat tidurnya lama, yang penting, pastikan semua faktor keamanan dan kenyamanannya saat tidur ya Mommies.


3 Comments - Write a Comment

  1. Soal SIDS dan benda-benda di tempat tidur bayi itu bener banget lho. Waktu Rory masih bayi dua bulanan, pernah ditinggal bentaaaarrrr banget dan pas balik guling bayinya ada di atas kepalanya! Nggak nutup hidung sih tapi asliiiii deg-deg-an banget. Guling yang agak berat aja bisa pindah (padahal ni anak masih piyik banget) apalagi selimut yang gampang kesingkap. Yang model GroBag ini boleh banget dipertimbangkan sebagai pengganti selimut. Better safe than sorry.

Post Comment