3 Produk Eksfoliasi Wajah untuk Kulit Cerah dan Mulus

Eksfoliasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi kulit tetap cerah dan mulus. Dan, ini dia 3 produk eksfoliasi wajah untuk membantu Anda memiliki kulit cerah sekaligus mulus.

It’s a sad fact. Seiring dengan bertambahnya umur, kemampuan kulit kita untuk beregenerasi biasanya berkurang. Kalau umumnya regenerasi kulit terjadi setiap 28 hari, proses ini melambat seiring dengan bertambahnya angka di lilin kue ulang tahun kita, dan rontoknya kulit mati pun biasanya tidak lagi merata seperti dulu. Padahal kemampuan kulit untuk “membuang” kulit mati dan memunculkan kulit baru ini adalah rahasia kita untuk kelihatan tetap muda dan “bening” :D

produk eksfoliasi

Untungnya, para ilmuwan di bidang kecantikan menjawab keresahan kita-kita ini dan menciptakan berbagai produk yang bisa membantu menghilangkan kulit mati dari permukaan kulit dan juga membantu regenerasi sel kulit baru. Produk jenis ini biasanya disebut exfoliator dan prosesnya disebut exfoliation atau eksfoliasi. Untuk eksfoliasi yang kita gunakan sendiri di rumah, umumnya ada dua jenis:

1. Physical exfoliation, yaitu eksfoliasi dengan menggunakan produk seperti scrub atau alat pembersih seperti Clarisonic dan Fiore Luna.

2. Chemical exfoliation, yaitu eksfoliasi dengan menggunakan zat asam yang ada di produk skincare seperti AHA atau BHA, yang bisa membantu pelepasan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Seberapa sering harusnya kita melakukan eksfoliasi? Jawabannya tergantung usia dan jenis kulit kita. Sewaktu umur 20-an saya hanya melakukan eksfoliasi seminggu sekali, bahkan kadang-kadang dua minggu sekali, karena kulit saya lagi kinclong-kinclongnya :D Memasuki penghujung usia 30-an ini, saya melakukannya secara harian dan juga mingguan, tentunya dengan dua jenis produk yang berbeda. Untuk eksfoliasi harian, saya menggunakan acid toner pagi dan malam, yang merupakan produk eksfoliator ringan dan untuk eksfoliasi mingguan saya menggunakan serum yang mengandung asam AHA atau BHA dengan konsentrasi lebih banyak.

Does that sound a little bit intimidating for you? Kalau Mommies belum melakukan eksfoliasi secara rutin, kita mulai saja dengan eksfoliasi mingguan yuk. Ada beberapa produk eksfoliasi wajah yang saya rekomendasikan di bawah ini.

1. Alpha-H Liquid Gold

produk-eksfoliasi

Sesuai namanya, produk ini memang dianggap sama berharganya seperti emas bagi para perempuan yang sudah membuktikan keampuhannya dalam mengeksfoliasi kulit. Saya biasanya menggunakan produk ini satu sampai dua kali seminggu, setelah membersihkan wajah dengan double cleansing. Hasilnya tidak langsung kelihatan, tapi setelah rutin dipakai selama 2-3 minggu, wajah saya kelihatan lebih cerah, kenyal dan garis-garis halus pun lebih samar.

2. Kiehl’s Overnight Biological Peel

produk-eksfoliasi2

Ini adalah produk eksfoliasi non-physical yang saya coba pertama kali. Karena tidak mengandung AHA atau BHA, Kiehl’s menyebut produk ini sebagai “biological” exfoliator. Kandungan utamanya adalah urea sintetis yang memang bisa membantu pelepasan sel kulit mati, walaupun tidak secepat asam AHA dan BHA. Teksturnya seperti gel dan kulit terasa halus setelah menggunakan produk ini, sepertinya karena kandungan silikon di dalamnya. Sewaktu menggunakan produk ini, kulit saya bisa dibilang “perawan” karena jarang sekali melakukan eksfoliasi dan saya merasakan perubahannya di kulit, walaupun perlahan-lahan. Kulit memang terasa lebih cerah dan halus. Menurut saya produk ini bisa dicoba untuk mommies yang masih ragu mencoba produk AHA atau BHA karena Kiehl’s Overnight Biological Peel tidak rentan menimbulkan iritasi dan tergolong produk eksfoliasi wajah yang mild.

3. Novexpert The Peeling Night Cream 

produk-eksfoliasi3

Ini adalah produk eksfoliasi wajah yang belum saya coba tapi mendapat rating cukup bagus di Female Daily dan sepertinya akan saya coba segera! Novexpert The Peeling Night Cream menggunakan AHA yaitu glycolic acid dan lactic acid dan juga Gluconolactone (PHA) sebagai bahan exfoliantnya. Disarankan untuk digunakan setiap malam selama 1 bulan berturut-turut kemudian diberi jeda, atau bisa juga digunakan setiap 2-3 hari sekali. Para member Female Daily yang sudah mencoba produk ini mengaku kalau wajah mereka kelihatan lebih cerah, dry patch berkurang, bahkan bisa membuat bekas jerawat lebih samar! Menarik kan?