Cara Terbaik Membuat si Kecil Tidur Nyenyak

Siapa bilang membuat anak tertidur nyenyak dengan pola waktu yang teratur itu sulit? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, kok, sehingga kita dapat membantu anak  mencapai tumbuh kembang secara optimal.

Setuju, dong, ya kalau saya bilang membuat anak tidur nyenyak itu bukan perkara yang mudah? Paling nggak situasi inilah yang sempat saya alami dulu.  Ketika Bumi masih bayi sering kali saya dibikin bingung. Sudah ditepuk-tepuk sambil dinyanyiin, tetap nggak mau merem. Digendong juga sama saja. Nah, bingung,kan?

pamperss

Seperti yang kita ketahui, pola tidur yang tepat sangat berhubungan dengan proses pematangan atau maturasi fungsi otak. Oleh karena itu, tidur sangat penting bagi perkembangan fisik dan mental anak.  Hal ini dipertegas oleh keterangan dr. Catharine M. Sambo, SpA yang saya temui di acara  pemberian pengharaagan MURI untuk Pampers karena sudah membuat Rekor Pajangan Foto Bayi Tidur Nyenyak Terbanyak di Grand Indonesia. Berkat inovasi yang tidak ada habisnya, Pampers pun menjadi popok kepercayaan jutaan ibu* di Indonesia yang merupakan merek nomor 1 di dunia**.

“Tidur nyenyak yang cukup sangat penting bagi bayi dan anak terutama dalam tahun-tahun pertama kehidupan, karena perkembangan otak berlangsung pesat ketika ia sedang tidur,” terangnya.

Oh, ya, Mommies  sudah tahu belum, sih, kalau belum lama ini Pampers baru saja memecahkan rekor untuk pemajangan foto bayi tidur terbanyak dengan jumlah foto 11.700? Kebetulan saat acara di mana MURI memberikan penghargaan untuk Pampers ini saya menjadi salah satu saksi mata yang ikut hadir. Mengingat anak saya ini ‘alumni’ pengguna Pampers,  saya ikut merasa senang. Dari sini bisa terlihat kalau dengan beragam inovasi yang dilakukan, membuat jutaan ibu di Indonesia semakin yakin #PakaiPampers.

pampers

Yang membuat acara kali ini lebih spesial karena kali ini Mommies yang datang dengan bayinya juga berkesempatan selfie bersama Brand Ambassador Pampers, Artika Sari Devi dan Gisella Anastasia. Selain itu, bagi 1000 ibu dan bayi pertama yang berpartisipasi untuk foto selfie dan mengunggah ke social media menggunakan hashtag yakin #PakaiPampers juga mendapatkan bips, dan free sample kemasan satuan Pampers Baby Dry Pants.  Asik, ya?

Nah, balik lagi ke masalah tidur bayi, nggak bisa dipungkiri kalau pemilihan pospak turut andil dalam mengatur pola tidur bayi.  Belajar dari pengalaman saya dulu dan beberapa teman yang lebih pengalaman, saya pun bisa menyimpulkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

pampers1

Pastikan jadwal menyusu tepat

Bisa dibilang saya ini tipe perempuan yang nggak bisa tidur dengan kondisi perut lapar. Jadi sebelum  tidur saya harus memastikan saya sudah kenyang. Tapi bukan berarti makan di malam hari, lho.Dan ternyata salah satu kunci agar bayi tidur lelap adalah memastikan dia nggak lapar. Jadi atur jadwal menyusu dengan tepat.

Pastikan kondisi bayi nyaman

Selanjutnya cek apakah kondisi si kecil sudah nyaman atau belum. Untuk itu pilih pakaian yang nyaman, dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Selain itu tentu saja perhatikan dalam memilih popok yang tepat. Seperti yang dijelaskan dr. Catherine, memilih popok yang tepat diperlukan untuk membuat bayi dapat tidur nyaman sekaligus pertumbuhannya menjadi optimal. Lagi pula,  popok yang tepat bisa menjaga agar kulit bayi tetap kering dan nyaman. Siklus tidur bayi pun tidak akan terganggu, begitu juga pertumbuhan fisik dan emosi kognitif bayi atau balita yang akan berkembang dengan baik. Kalau dulu, sih, saya selalu memercayakannya pada Pampers Baby Dry Pants karena sudah yakin popok yang satu ini bisa  menjaga agar kulit bayi tetap kering dan nyaman.

yakin pakai pampers1

Ciptakan suasana tidur nyaman

Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari bagaimana kita harus bisa membuat suasana kamar yang nyaman. Mulai saja dari meredupkan lampu kamar. Dengan begitu si kecil pun bisa belajar membedakan antara waktu siang dan malam. Kondisi itu akan membantu bayi untuk membentuk pola tidurnya. Jangan lupa atur suhu yang pas, jangan terlau panas jangan juga membuat suhu kamar terlalu dingin. Selanjutnya jangan lupa  putarkan musik pengantar tidur yang lembut. Saya percaya, tidur punya peran penting untuk aktivitas otak dan kesehatan mental bayi.

Kalau sudah bisa menciptakan suasana tidur yang nyaman, otomatis kita bisa membantu si kecil  mencapai tumbuh kembang secara optimal. Bahkan ada beberapa penelitian yangt menunjukan bahwa otak secara aktif menstimulasi diri khususnya selama tidur REM (Rapid Eye Movement) atau fase tidur aktif. Ada yang mau menambahkan cara lainnya?

*berdasarkan survey yang dilakukan oleh IPSOS di tahun 2015

**No. 1 di dunia dalam volume dan value share perhitungan P&G berdasarkan informasi penjualan Nielsen periode Juli 2013 – Juni 2014


One Comment - Write a Comment

Post Comment