Darina Danil – “Forum Female Daily Network seperti “Google” untuk saya”

Darina Danil (32), perempuan yang hobinya jalan-jalan dan belanja ini, berhasil mengonversi hobinya tersebut menjadi bisnis. Tak hanya itu, passion-nya sebagai blogger mampu ia jalani sambil bekerja. Darina juga aktif  di forum Female Daily semenjak 7 tahun lalu.

Semenjak bergabung di forum Female Daily pada tahun 2009 lalu, Darina mengaku mendapatkan banyak sekali manfaat, ”Forum  FD udah kayak “Google” sih buat aku, kayanya kalau mau cari opini apapun pasti aku meluncur ke thread FD dari mulai tujuan liburan, review skincare, branded bags, cari tempat makan enak, review sekolah anak, ide birthday party anak, sampai online shop trusted – komplit :D” jelas Darina.

Darina Danil – “Forum Female Daily Network sudah seperti “Google” untuk saya””

Ibu dari Zahra (7), dan Zayyan (1,5) juga melirik bisnis online – selain  punya pekerjaan tetap dan belum lagi profesi sebagai blogger (keluargakamil.com). Selain blog pribadi ada juga blog Turiskece.com yang dia “asuh” bersama rekannya. Waduh, waduuuh, diborong semua nih, tampaknya :D

Beberapa waktu lalu, saya sebetulnya ingin banget ketemu dan ngobrol langsung dengan Darina, namun karena kesibukan kami berdua – akhirnya obrolan kami lakukan lewat email. Salah satu poin yang saya tanyakan adalah kiat-kiat merintis karier menjadi blogger. Nah untuk Mommies yang penasaran, langsung saja baca artikel berikut ini.

Selama menjadi anggota forum FDN, apa saja manfaat yang mbak dapatkan?

FD udah kaya “google” sih buat aku, kayaknya kalau mau cari opini apapun pasti aku meluncur ke thread FD dari mulai tujuan liburan, review skincare, branded bags, cari tempat makan enak, review sekolah anak, ide birthday party anak, sampe online shop trusted – komplit :D

Seringnya main ke thread apa?

Belakangan lagi suka banget sama skincare jadi bolak balik mantengin review member soal skincare. Aku baru “melek” nih soal per-skin care-an, baru tahu double cleansing, double toning, sampai bikin catatan, loh kalau baca review member saking banyaknya hahaha…

Bagaimana pendapat mbak mengenai komunitas Female Daily Network ini? khususnya untuk Mommies Daily?

Berguna banget, rasanya kayak anak pertama aku (7 tahun) tumbuh bareng MommiesDaily. Dari mulai kesehatan, sekolah anak, seminar parenting semua aku dapat infonya dari MommiesDaily. Namanya juga belum pengalaman jadi orangtua jadi aku ngerasanyamerasa perlu banyak guide. Aku gabung sejak masih Fashionese Daily, abis banyak “racun” belanjaannya :D

Yang saya tahu mbak juga bekerja sekaligus seorang blogger – ceritain dong mbak tentang blog Turis Kece-nya ini. Awal mulanya, dan kenapa fokus ke tema travelling?

Awalnya aku sama Dhita memang masing-masing punya family blog, terus kami suka hunting tiket pesawat promo bareng, dan dari hamil juga udah barengan, lalu karena kami suka liburan bersama keluarga jadi kami pikir kenapa nggak bikin travel blog berdua yang khusus membahas liburan keluarga. Kami berdua suka shopping dan travelling, jadi kami berusaha untuk bagi-bagi info seputar tempat belanja, tempat menginap, tempat wisata yang tentunya kids friendly. Ditambah karena kami member lama FD yang suka OOTD jadi kami sering menyelipkan holiday outfit kami. Walau liburan bawa anak dan tanpa asisten tetep dong foto liburan harus kece :D Selain itu, untuk ibu-ibu yang baru punya anak, biasanya suka ragu-ragu untuk travelling bersama anak. Di blog TurisKece.com, kami mau memerlihatkan how fun it is to bring along your kids when traveling. Dijamin seru kok! Di setiap agenda liburan, kami selalu menyempatkan untuk mendatangi tempat yang menarik untuk anak-anak.

This is a family vacation afterall, everyone should be happy. 

Lalu baru setahun belakangan ini kami nyobain jadi personal shopper. Semuanya dengan satu tujuan sih, banyak liburan hehe…

Darina Danil – “Forum Female Daily Network sudah seperti “Google” untuk saya””

Mana yang lebih dulu mbak geluti? pekerjaan tetap atau menjadi blogger?

Jadi pekerja tetap pastinya. Aku udah kerja kantoran dari tahun 2005. Jadi blogger sejak tahun 2008 waktu aku hamil anak pertama.

Boleh dong mbak bagi-bagi ke kami, kiat jadi blogger pemula?

  • Segmented lebih baik, mau blog apa? travel blog, food blogger, fashion blog, atau family blog.
  • Diusahakan tulisan yang memang bermanfaat bagi orang lain.
  • Tulisannya murni hasil pemikiran sendiri dan nulisnya dengan hati :)
  • Bikin judul dengan pointers biasanya lebih memudahkan pembaca. Misal 5 kiat belanja atau 4 kesalahan working mom yang harus dihindari, dan lain-lain.
  • Kualitas foto kadang penting untuk memperjelas visual, tapi itu tergantung selera :)

Aku lihat, mbak juga punya bisnis online nih, nggak repot nich mbak? Time management apa yg diterapkan?

Yang penting komitmen. Kalau waktu kerja kantor memang nggak kepegang sih, inilah untungnya punya partner, Dhita biasanya backup aku untuk jawab order customer di working hours. Ketika weekend baru aku lebih aktif. Bisnis online ini juga semacam jadi stress relieving juga sih karena kita hobi belanja. Ternyata ngebelanjain orang itu sama menyenangkan kok dengan kita belanja untuk diri sendiri hihi. Semacam ada kepuasan tersendiri aja kalau kita bisa beli barang lebih murah dari harga normal. Atau ketika bisa beli barang yang limited edition atau nggak ada di Indonesia.

Sudah bahagiakah dengan pancapaian mbak sekarang? definisi bahagia menurut mbak itu apa sih?

Aku pikir yang aku terima sekarang sudah pasti porsinya sesuai dengan yang ditentukan oleh Allah, jadi aku berusaha untuk selalu bersyukur. Konsisten aja untuk selalu memberikan yang terbaik. Menurut aku bahagia itu kalau kita bisa selalu bersyukur. Hal simple yang kadang kita lupakan. Tapi harus selalu diusahakan :)

Semoga semua bidang yang sekarang  dogeluti, sukses dan bermanfaat untuk orang banyak ya, mbak. Dan tentu, bisa terus jalan-jalan dan belanja yang sekaligus bisa mendatangkan keuntungan dari segi bisnis :D


One Comment - Write a Comment

Post Comment