The Jungle Book, Cerita Si Anak Rimba yang Sarat Pesan Moral

Kalau ada film keluarga yang wajib ditonton tahun 2016 ini, salah satunya tentu saja film The Jungle Book. Selain efek visual yang  keren, ceritanya juga sarat dengan pesan moral.

The Jungle Book1

Siapa, sih, yang nggak kenal dengan cerita soal  Mowgli, anak rimba yang hidup dan dirawat oleh sekumpulan serigala? Paling tidak, samasa kecil saya sudah sangat familiar dengan cerita ini. Setelah Mama membelikan buku cerita dan sering membacakannya, The Jungle Book akhirnya menjadi salah satu cerita favorit saya. Makanya, begitu tahu kalau cerita kehidupan si anak rimba yang dirilis tahun 1984 ini akan difilmkan lagi dengan versi live- action, saya langsung antusias. Apalagi kalau mengingat anak saya Bumi, sudah menyukai cerita ini.

Beruntung, Kamis malam kemarin, saya mendapat kesempatan untuk nonton premier film garapan Jon Favreau (Iron Man, Chef) bersama Bumi. Terus terang saja, di menit-menit pertama fim ini dimulai saya sudah terpesona dengan efek visual yang ditawarkan. Keren banget! Mungkin hal ini juga ditambah karena saya nonton versi 3D-nya.

The Jungle Book2

Yang jelas, Disney mengemas ulang cerita The Jungle Book dengan efek CGI sehingga mampu menjadi magnet tersendiri bagi yang menonton. Gambaran hutan terlihat begitu ‘hidup’ dengan berbagai pohon yang rimbun. Saya yang nonton, seakan-akan bisa ikut masuk dan merasakan keindahan hutan yang digambarkan. Katanya, sih, hutan yang ditampilkan diadaptasi dari berbagai hutan yang ada di India.

The Jungle Book ini sendiri diperankan aktor cilik asal India,  Neel Sethi yang didapuk memerankan Mowgli. Sementara untuk pengisi suara binatang ada banyak jajaran aktor dan aktris ternama yang ikut bergabung. Mulai dari Bill Murray (Baloo), Ben Kingsley (Bagheera),  Idris Elba (Shere Khan), Lupita Nyong’o (Raksha), Scarlett Johansson (Kaa), Giancarlo Esposito (Akela), Christopher Walken (King Louie) dan beberapa nama lainnya.

Meskipun semuanya bisa mengisi suara secara pas, saya tetap paling suka dengan suara Scarlett Johansson. Seksi dan misterius. Pas banget, dengan karakter yang ingin ditampilkan Kaa, si ular besar dengan tatapan yang menghipnotis.

Buat saya pribadi, film ini nggak cuma menghibur dengan tampilan visual yang keren, tapi sekaligus mengajarkan saya banyak hal. Mulai dari bagaimana orang tua harus melindungi dan bertaruh nyawa untuk anaknya, bahkan meskipun bukan anak yang lahir dari rahimnya. Saya benar-benar dibikin ‘meleleh’ melihat scene saat Akela dan Raksha melindungi Mowgli dari kejaran Shere Khan. Terlebih ketika Mowgli memutuskan untuk pergi dari kawanan serigala, hewan yang telah dianggapnya menjadi keluarga. Di situ, terlihat kalau Raksha begitu menyayangi Mowgli dan nggak rela jika si man cub meninggalkannya *mewek*.

The Jungle Book*adegan paling emosional dalam film The Jungle Book

Seperti yang kita ketahui, dalam cerita The Jungle Book ini, Mowgli memang harus menyelamatkan diri dari kejaran si raja hutan, Shere Khan dan mencari ‘rumah baru’. Dalam pecariannya menemukan ‘rumah baru’ dan kembali pada kawanan manusia, Mowgli bersama Bagheera, si macan kumbang yang menjadi sahabatnya. Di sinilah mereka kemudian menemukan berbagai petualangan seru yang memberikan banyak pesan moral.

Perjalanan Mowgli dan Bagheera ini akhirnya mempertemukannya dengan Baloo, si beruang konyol. Sosok Baloo dalam film ini sangat menghibur karena kerap  memancing gelak tawa. Selain Baloo, mereka pun akhirnya bertemu dengan berbagai hewan lainnya, mulai Kaa, King Louie si raja monyet, hingga kawanan gajah yang sangat dihormati.

Ingat nggak dengan cerita saat Mowgli bernyanyi di atas badan Baloo sambil mengarungi sungai? Ternyata scene ini menjadi adegan favorit buat Bumi. Begitu selesai nonton, saya sempat bertanya, “Mas Bumi paling suka di bagian mana?”. Setelah berpikir beberapa detik, anak lanang saya ini lantas bilang, “Aku suka waktu Mowgli main air sama Baloo di sungai”.

Buat saya, film yang ditayangkan dalam empat bahasa berbeda, Inggris, India, Telugu dan Tamil ini memberikan paket lengkap sebuah film. Ada yang makin penasaran dengan ceritanya? Pesan apa saja yang bisa dipelajari lewat film ini? Dari pada saya jadi spoiler, mending langsung aja nonton. Jadi jangan sampai ketinggalan, ya…


Post Comment