Cara Memilih Bra yang Tepat

Ditulis oleh: Monik Wulandari

Saat hamil, kita cenderung memerhatikan area perut. Nah, jangan lupa kalau payudara pun juga membutuhkan perhatian yang sama. Ssttt, ini calon pabrik ASI kita lho, Moms!

Sebagai pemilik payudara berukuran, well, mungil (bahkan super mungil), saya memang sempat meremehkan fungsi dari bra, karena saya merasa kalau bra hanyalah untuk meng-cover payudara saja bukan untuk menyokong. Begitu pikir saya dulu.

Ternyata saya tidak sendirian dalam hal ini. Sebuah riset yang dilakukan produsen pakaian dalam ternama, Triump, lebih dari 60% perempuan juga tidak tepat memilih bra. Dan sekarang di saat hamil, barulah terasa manfaat dari memilih bra yang tepat untuk kita. Payudara yang berubah dan mulai bertambah ukurannya, ternyata butuh lebih dari sekedar cover up.

Memilih bra yang tepat

*Image dari mirror.co.uk

Nah, ini beberapa tip yang saya andalkan dalam memilih bra.
1. Pilih support maksimal
Berapa pun ukuran payudara Anda, besar atau kecil, sama-sama membutuhkan sokongan yang pas. Ini tidak hanya dilihat dari seberapa besar strap bra yang Anda coba, melainkan support pada bagian lingkar dada. Bra yang nyaman akan terasa setelah pemakaian pada waktu lama. Pilih lingkar dada yang tidak terlalu sempit. Setidaknya dua jari masih bisa Anda selipkan pada lingkar bra Anda.

2. Ukur kembali
Berapa sering Anda membeli bra? Setahun sekali? Masihkan Anda menggunakan ukuran yang lama, selama bertahun-tahun lamanya? Nah, itu bisa menjadi kesalahan pertama dalam memilih bra. Jangan pernah berasumsi ukuran Anda masih tetap sama, meskipun ukuran baju masih stabil. Coba ukur kembali lingkar dada ketika hendak berbelanja dan jangan malas mencoba, karena setiap merek bisa jadi memiliki ukuran yang berbeda.

3. Jangan simpan bra jadul Anda
Bra lama biasanya sudah kehilangan elastisitasnya, pastinya ini memengaruhi support yang Anda dapatkan. Cobalah untuk membeli bra baru setiap sembilan bulan sekali. Oh ya, jangan lupakan hook yang biasanya berfungsi untuk mengencangkan bra yang mulai kendur.

4. Perindah dengan cup
Variasi cup bra diciptakan untuk menampilkan efek yang berbeda. Pilih cup yang membuat bentuk payudara Anda lebih indah, disesuaikan dengan bentuk payudara Anda. Serasikan juga dengan busana yang akan dikenakan. Pastikan cup tidak memiliki kerutan dan posisi cup dengan band yang melingkar di dada seimbang, tidak lebih naik atau turun.

5. Harga menentukan kualitas
Untuk pakaian dalam, hal ini tak dapat dipungkiri. Karena semakin lembut dan tahan lama bra yang Anda pilih, bisa dipastikan, materialnya pun dipatok dengan harga yang tidak murah. Jadi jangan takut untuk sedikit royal pada hal yang penting ya mom.


Post Comment