Strategi Reksadana untuk Pendidikan Anak

Berencana memiliki reksadana untuk pendidikan anak? Bagaimana strategi jitunya?

Ditulis oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

reksadana

Beberapa waktu lalu, seorang teman mengeluhkan mahalnya biaya pendidikan. Dia mengeluhkan kekesalan atas keterlambatannya mendaftarkan sang buah hati pada awal sesi pendaftaran sehingga harus menanggung tambahan biaya yang sebenarnya bisa diperoleh secara gratis. Ternyata banyak ibu yang mengeluhkan biaya sekolah yang terus meningkat setiap tahunnya. Apakah Mommies termasuk salah satunya?

Kali ini, saya mau berbagi saran tentang cara merencanakan dana pendidikan bagi si kecil melalui strategi investasi. Kali ini produk investasi yang digunakan adalah reksadana. Mengapa? Hal ini dikarenakan reksadana memberikan kemudahan bagi investor pemula karena dana investor dikelola oleh manajer investasi yang telah memiliki sertifikasi keahlian. Jadi Mommies nggak perlu khawatir dan bingung untuk mengelola investasi reksadana. Berikut saya share strategi yang bisa dilakukan Mommies.

  1. Menentukan Rencana Pendidikan Si Kecil

Hal pertama yang perlu Mommies lakukan adalah menentukan rencana pendidikan si kecil. Rencana ini berisi informasi detail rencana sekolah impian si kecil. Termasuk periode waktu kapan anak akan masuk ke sekolah impian tersebut serta biaya pendidikan yang dibutuhkan. Biaya pendidikan meliputi biaya pendaftaran, SPP, uang gedung, dan biaya- biaya lainnya. Berikut contohnya:

Tingkat Pendidikan Waktu untuk Masuk Sekolah Nama Sekolah Impian Biaya Pendidikan (hanya ilustrasi, bukan nominal sebenarnya)
Play Group 1 tahun lagi Play Group ABC Kids Rp5 juta
TK 2 tahun TK ABC Kids Rp……
SD 4 tahun SD ABC Kids Rp75 juta
SMP 10 tahun SMP Springfield Rp……
SMA 13 tahun SMA Springfield Rp……
S1- Corporate Finance 16 tahun Universitas Prasetya Mulya Rp……
  1. Mencari Tahu Biaya Pendidikan di Masa Depan bagi Masing- Masing Sekolah

Setelah mencari tahu biaya pendidikan saat ini, Mommies perlu menghitung perkiraan biaya pendidikan di masa depan. Nilai masa depan ini perlu dihitung, sebab anak baru mulai beberapa waktu ke depan, sehingga Mommies perlu menyesuaikan perkiraan biaya pendidikan yang dibutuhkan.

Untuk menghitung biaya pendidikan ini, Mommies perlu informasi biaya pendidikan saat ini, periode kapan si kecil masuk sekolah dan persentase kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Dua faktor pertama sudah dicari tahu pada tahap sebelumnya, sehingga pada tahap ini Mommies perlu mencari tahu persentase kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Informasi ini bisa diperoleh dengan menanyakan kepada pihak administrasi sekolah atau membandingkan biaya pendidikan tahun berjalan dengan tahun sebelumnya.

Setelah memperoleh ketiga faktor tersebut, Mommies bisa mulai menghitung biaya pendidikan di masa depan. Untuk mempermudah, bisa menggunakan kalkulator pendidikan yang disediakan oleh website institusi keuangan termasuk website ZAP Finance. Dari kalkulator tersebut, Mommies pun bisa mengetahui biaya pendidikan di masa depan dan alokasi investasi yang diperlukan untuk mengumpulkan dana pendidikan tersebut.

  1. Menentukan Strategi Reksadana

Sekarang kita masuk ke tahap terakhir dalam merencanakan dana pendidikan si kecil. Berbeda dengan tujuan keuangan lainnya, dana pendidikan dikeluarkan beberapa kali sesuai tingkat pendidikan yang akan dimasuki. Sehingga dalam menyiapkan dana pendidikan si kecil, Mommies perlu memisahkan produk reksadana pada masing- masing tingkat pendidikan.

Selain itu, Mommies juga perlu merencanakan strategi reksadana sesuai dengan periode kapan si kecil akan memasuki sekolah impian sekolah. Berikut panduan sederhana yang bisa dikuti:

Periode Masuk Si Kecil Saran Produk
Kurang dari 1 tahun Tabungan
1- 2 tahun Reksadana Pasar Uang
2- 5 tahun Reksadana Pendapatan Tetap atau Reksadana Campuran
Di atas 5 tahun Reksadana Saham

Kalau menggunakan ilustrasi di atas, berikut strategi reksadana yang disarankan :

Tingkat Pendidikan Waktu untuk Masuk Sekolah Nama Sekolah Impian Biaya Pendidikan (hanya ilustrasi, bukan nominal sebenarnya) Biaya di Masa Depan Saran

Produk

Play Group 1 tahun lagi Play Group ABC Kids Rp5 juta Rp5,5 juta RD Pasar Uang Merek X
TK 2 tahun TK ABC Kids Rp…… Rp…… RD Pasar Uang Merek Y
SD 4 tahun SD ABC Kids Rp…… Rp…… RD Pendapatan Tetap atau RD Campuran
SMP 10 tahun SMP Springfield Rp…… Rp…… RD Saham Merek A
SMA 13 tahun SMA Springfield Rp…… Rp…… RD Saham Merek B
S1- Corporate Finance 16 tahun Universitas Prasetya Mulya Rp…… Rp…… RD Saham Merek C

Nah, pembahasan cara merencanakan dana pendidikan si kecil sudah berakhir. Ayo segera disusun sehingga nggak perlu bingung lagi dengan biaya yang dibutuhkan ketika saat si kecil mulai sekolah. Tunggu artikel saya selanjutnya, ya!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.