4 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

Setelah saya menulis tentang tanda-tanda kulit mengalami dehidrasi, sekarang saatnya saya berbagi tips tentang cara mengatasi kulit dehidrasi.

apply serum-5

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, ada beberapa faktor penyebab kulit dehidrasi seperti cuaca, hormon, stress, pola makan, gaya hidup, dan juga menggunakan produk yang terlalu harsh untuk kulit kita. Kalau faktor yang bisa kita kendalikan – seperti pola makan, merokok, stress – tentunya kita harus berusaha untuk menghindari atau menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik dong. Kalau penyebabnya adalah karena pemakaian produk yang salah, segera hentikan pemakaian produk tersebut dan teruskan baca cara mengatasi kulit dehidrasi di bawah ini.

1. Hindari cleanser jenis foam atau mengandung SLS

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah bahan sejenis deterjen yang berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran dari permukaan kulit kita. Walaupun penggunaannya di dalam produk skincare berfungsi untuk memastikan kulit kita bebas bakteri, untuk sebagian orang, terutama yang kulitnya sensitif dan dehidrasi, produk yang menggunakan SLS bisa membuat kulit semakin kering, gatal-gatal dan kemerahan. Sebaiknya pakai cleanser yang lebih gentle seperti cleansing balm, oil atau lotion.

2. Gunakan serum yang mengandung kata hydrating atau nourishing

Kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan kadar air sehingga dibutuhkan produk-produk yang berbahan dasar air atau mengandung bahan yang bisa membantu kadar air untuk bertahan lebih lama di kulit seperti, Novexpert Hyaluronique serum yang mengandung hyaluronic acid.

3. Gunakan juga hydrating toner dan pelembap yang menenangkan kulitmu

Kulit dehidrasi biasanya juga “ditemani” dengan rasa kering, kemerahan atau perih. Produk yang soothing juga bisa membantu mengurangi gejala tersebut sambil kamu terus memberikan hidrasi untuk kulitmu. Favorit saya untuk produk yang sangat soothing adalah Avene Eau Thermal Spring Water spray dan juga moisturizer Avene Skin Recovery Cream. Kedua produk ini berbahan dasar utama air Avene yang kaya mineral dan terbukti membantu menyembuhkan masalah kulit dan tidak mengandung fragrance ataupun pengawet. These are very soothing products for your parched skin.

4. Bersahabatlah dengan face oil

Intensely-Revitalising-Facial-oil-30ml

Saat kulit saya sedang mengalami dehidrasi parah, face oil juga merupakan salah satu produk yang “menyelamatkan” kulit saya, selain produk-produk yang sudah saya sebutkan di atas. Face oil yang mengandung minyak esensial alami sangat baik untuk mengembalikan kelembapan kulit, membuat kulit cerah dan mengembalikan elastisitas kulit. Tapi ingat, cari yang bahannya sealami mungkin dan tidak ditambahkan bahan-bahan kimia seperti parfum ya, supaya kulitmu tidak mengalami iritasi. I am currently loving The Body Shop Oils of Life Intensely Revitalizing Facial OIl because it’s so hydrating, it absorbs fast to skin and it smells lovely!


One Comment - Write a Comment

Post Comment