menyusui di tempat umum

Trik Menyusui di Tempat Umum

Kadang nggak semua tempat yang saya kunjungi itu ramah terhadap ibu menyusui. Saya mencoba menerapkan beberapa hal berikut. Ini trik menyusui di tempat umum. 

Saya merasakan sendiri, betapa masih minimnya fasilitas untuk menyusui. Boro-boro mikirin bisa menyusui di ruangan khusus, menenangkan dan beriklim sejuk. Bisa menyusui tanpa dilihat oleh orang lain saja merupakan kemewahan bagi saya. Masalahnya, nggak mungkin saya selalu mengunjungi tempat yang ramah terhadap ibu menyusui. Adakalanya saya harus mendatangi tempat-tempat yang belum memiliki fasilitas penunjang bagi ibu menyusui.

Bukan berarti ketiadaan fasilitas untuk menyusui membuat saya jadi patah semangat untuk menyusui di tempat umum. Dengan beberapa trik, saya masih bisa kok menyusui si kecil. Mommies juga bisa loh menerapkan hal-hal berikut supaya menyusui di muka umum tidak lagi menjadi masalah. Check it out ya :

trik menyusui di tempat umum

1. Gunakan apron/nursing cover

Sekarang apron atau nursing cover sangat mudah didapat. Apron atau nursing cover ini punya manfaat untuk “melindungi” payudara ibu dan bayi ketika kegiatan menyusui sedang berlangsung. Tujuannya supaya tidak dilihat oleh orang-orang di sekitar. Saran saya, pilihlah apron dengan bahan yang nyaman (tidak membuat Mommie ataupun bayi merasa gerah) dan yang memudahkan Mommies untuk melihat si kecil.

2. Pakailah baju berkancing depan

Saat ini, baju menyusui pun tak melulu hanya berkancing depan atau dengan zipper di bagian dada. Selain punya motif yang cantik dan model terkini, baju menyusui masa kini tetap mengedepankan untuk memudahkan Mommies saat menyusui.

3. Cari pojokan yang tersembunyi atau tidak terlalu ramai

Ini sih berdasarkan pengalaman saya, kadang ada beberapa bayi yang enggan menyusui di tempat yang terlalu ramai. Bisa jadi, bayi membutuhkan suasana yang tenang saat menyusui. Untuk mencegah bayi menjadi rewel ketika akan menyusui, ada baiknya Mommies memilih tempat yang agak jauh dari keramaian.

4. Tetap santai

Jangan resah atau merasa tidak tenang ketika Mommies sedang menyusui si kecil di muka umum. Cukup fokus pada kegiatan menyusui dan hiraukan pandangan orang-orang di sekitar. Jika memungkinkan, mintalah pengertian kepada orang-orang yang berada di dekat Mommies. Katakan dengan terus terang bahwa Mommies harus menyusui si kecil. Nggak perlu sungkan sebenarnya, lha itu kan hak kita :).
5. Minta bantuan suami/teman untuk menemani Mommies yang sedang menyusui

Daripada berdua saja dengan si kecil, ada baiknya Mommies ditemani oleh orang dewasa lainnya. Bisa ditemani oleh suami, teman atau saudara yang menemani Mommies bepergian. Keberadaan teman ketika Mommies harus menyusui di tempat umum memberikan ketenangan juga bagi Mommies. Selain itu, ketika membutuhkan bantuan, Mommies nggak perlu merasa repot karena mereka berada di dekat Mommies.

Mommies juga harus tetap percaya diri. Selama Mommies melakukan kegiatan menyusui dengan rasa percaya diri, si kecil pasti turut merasa tenang. Percayalah, meski tidak ada ruangan menyusui, kegiatan menyusui si kecil tetap bisa Mommies lakukan dengan menerapkan trik-trik di atas. Tetap semangat untuk menyusui si kecil ya Mommies.


Post Comment