image

5 Film Anak Indonesia yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh: Nina Samidi

Hari ini Hari Film Nasional, lho. Oke, tutup dulu HBO, Disney Channel, dan jadwal 21-nya ya, Moms. Ajak si kecil menonton lima film anak Indonesia wajib tonton berikut ini, yuk!

1. Petualangan Sherina

film anak indonesia wajib tonton
Untuk umur: 6 – 12 tahun
Tema: petualangan dan persahabatan
Cerita: Sherina harus berpisah dari teman-temannya dan ikut orangtuanya pindah ke luar kota. Di sekolah yang baru, ada sekelompok anak yang suka mem-bully anak lain yang dipimpin Sadam. Di tengah cerita, ternyata Sherina justru terlibat dalam peristiwa penculikan Sadam, yang tidak lain adalah anak dari bos ayahnya. Di sinilah petualangan mendebarkan dimulai dan tercipta persahabatan antara Sherina dan Sadam.

Kenapa wajib tonton? Tema ceritanya yang sederhana dikemas secara lugas dan masuk akal di mata anak-anak. Dengan bumbu lagu serta musik yang bagus, film ini layak tonton sepanjang masa.

2. Denias, Senandung di Atas Awan

film anak indonesia wajib tonton2
Untuk umur: 6 – 12 tahun
Tema: pendidikan dan budaya Papua
Cerita: Denias adalah anak Papua yang berusaha bisa bersekolah. Dia selalu ingat pesan ibunya bahwa gunung takut pada anak yang rajin dan pintar. Namun, tidak lama kemudian ibunya meninggal, disusul gurunya yang juga harus pulang ke Pulau Jawa. Lalu muncul Maleo, yang sementara jadi gurunya dan teman-temannya. Namun, Maleo juga menghilang. Denias kemudian pergi ke kota berbekal bola, peta Indonesia yang dibuatnya bersama Maleo, dan buku tulis, melewati gunung, sungai, dan hutan. Di kota, Denias tak langsung bisa sekolah, sampai seorang guru wanita membantunya.

Kenapa wajib tonton? Film ini tidak hanya menunjukkan tanah Papua yang begitu indah, tapi juga memberi pengertian kepada anak-anak bahwa tidak semua anak seberuntung kita untuk bisa sekolah dan betapa pentingnya sekolah.

3. Laskar Pelangi

film anak Indonesia wajib tonton 3
Untuk umur: 7 – 12 tahun
Tema: pendidikan dan semangat menggapai mimpi
Cerita: Sebuah sekolah di Belitung harus memiliki 10 murid untuk bisa menjalankan sekolahnya. Di waktu yang sangat mendesak, akhirnya terkumpullah 10 murid, yang semuanya memiliki sifat yang istimewa. Dua guru yang bertahan berusaha mendidik murid-murid mereka sebaik mungkin. Sebagai sekolah yang dipandang sebelah mata, berbagai tantangan menghadang mereka. Sampai akhirnya, di sebuah lomba antar-sekolah, mereka membuktikan diri bahwa mereka juga istimewa.

Kenapa wajib tonton? Dari film ini, anak-anak akan belajar bahwa setiap anak istimewa dan punya masalah sendiri-sendiri, namun tidak berhenti bermimpi dan menjaga persahabatan dengan siapa pun teman mereka.

4. Bendera

film anak Indonesia wajib tonton 4
Untuk umur: 6 – 10 tahun
Tema: nasionalisme, petualangan, dan tanggung jawab
Cerita: Budi mendapat tugas untuk membawa pulang bendera sekolah mereka agar dicuci di rumah. Namun naasnya, berbagai peristiwa secara kebetulan “membawa pergi” bendera itu dan nyaris hilang. Budi lalu mengajak teman-temannya “mengejar” bendera tersebut, melalui petualangan seru yang tak pernah mereka kira.

Kenapa wajib tonton? Tema nasionalisme adalah tema yang sangat langka untuk anak-anak. Film yang dibungkus dengan petualangan mendebarkan ini membangun rasa tanggung jawab dalam cerita yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah dipahami anak-anak.

5. King

film anak Indonesia wajib tonton 5
Untuk umur: 8 – 12 tahun
Tema: olahraga dan semangat mengejar mimpi
Cerita: Judul film ini diambil dari nama legenda atlet bulutangkis kebanggaan Indonesia, Liem Swie King. Guntur yang merupakan anak pengumpul bulu angsa sangat mencintai olahraga bulutangkis dan punya mimpi ingin seperti Liem Swie King. Meski mendapat banyak hambatan, Guntur tidak mau menyerah dan terus rajin berlatih. Sampai akhirnya dia memenangkan sebuah kompetisi dan harus lanjut ke kompetisi berikutnya.

Kenapa wajib tonton? Pertama, film ini mengingatkan anak untuk mencintai olahraga. Jarang sekali film anak yang memiliki tema ini. Namun meski serius, film ini juga disisipi humor. Anak-anak juga bisa melihat bagaimana Guntur adalah anak yang tidak menyerah.

Di luar lima film di atas, sebenarnya ada satu lagi tontonan yang sangat apik untuk si kecil, yaitu Serial Boneka Si Unyil. Serial yang begitu populer di tahun 1980-an ini sangat berkesan bagi anak-anak di masa itu. Ceritanya sangat dekat dengan dunia keseharian anak-anak. Moms yang masa kecilnya di tahun tersebut, pasti tahu dan ingat dengan Pak Raden dan Unyil, kan? Sayangnya, kita mungkin agak sulit menunjukkannya kepada si kecil mengingat hak tayang sekarang dimiliki PFN dan tidak disebarkan secara umum. Hanya beberapa yang bisa kita intip di Youtube.

Nah, silakan hunting film-film di atas, ya Moms. Selamat Hari Film Nasional!