5 Hal yang Wajib Ada di Dalam Bekal Sekolah Anak

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Selain memikirkan membuat bekal apa yang pasti akan dilahap anak, sebaiknya apa hal yang wajib ada di dalam bekal sekolah anak yang perlu dipikirkan oleh kita?

Saat Dhia mulai menginjak usia sekolah, saat itu pula tugas saya di pagi hari (bisa juga dari malam, sih) bertambah, yaitu menyiapkan bekal sekolah. Dan saya kerap rungsing memikirkan bekal Dhia, karena saya ingin perutnya selalu terisi makanan sehat dan bergizi namun tetap membuat Dhia bergairah untuk makan (pusing ya :D). Sebab saya percaya dengan perut yang terisi makanan sehat dan bergizi, Dhia bisa menjalankan semua aktivitasnya dengan baik di sekolah.

Setidaknya ada 5 hal wajib yang harus ada di dalam bekal sekolah Dhia, yaitu:

wajib ada dalam bekal sekolah anak

*Image dari sikecil.net

1. Makanan sumber karbohidrat
Apapun bentuk bekal yang saya bawakan untuk Dhia, baik berupa camilan maupun makan besar, saya selalu menyertakan sumber karbohidrat. Tak hanya nasi, namun bisa juga dalam bentuk mie, roti, kentang, singkong atau bihun. Sebab, karbohidrat adalah sumber energi utama untuk anak.

2. Protein hewani atau nabati
Biasanya saya membawakan makanan sumber protein bergantian antara protein hewani dan nabati. Nantinya, sampai di rumah, protein yang tidak dibwakan dalam bekal bisa dilengkapi pada jam makan selanjutnya.

3. Lemak baik untuk otak
Biasanya saya menyertakan avokad, kacang-kacangan, atau makanan yang diolah dengan kelapa. Makanan sumber lemak ini sangat berguna untuk perkembangan otak anak.

4. Serat dari sayur dan buah
Saya juga menerapkan sayur dan buah secara bergantian setiap harinya. Agar tetap terpenuhi kebutuhan seratnya, saya akan memenuhinya di rumah. Karena buah dan sayur ini biasanya sangat jarang dihabiskan Dhia, saya pun pakai trik khusus, misalnya dengan menyelipkannya ke dalam bahan makanan lain, sehingga Dhia bisa menyantapnya dalam sekali gigit atau memotong buah dan sayur dalam ukuran kecil agar Dhia tak kesulitan memakannya. Misalnya seperti resep Nugget Sayur Wortel & Kembang Kol atau Nugget Buah Pisang & Oat yang pernah dibuat resepnya di Mommies Daily.

5. Air
Mengingat usia Dhia yang sedang aktif-aktifnya dalam sehari, Dhia harus minum setidaknya 1500 ml atau 7-8 gelas ukuran 200ml. Karena memang penting bagi si kecil mengonsumsi air mineral dengan tepat. Tak harus berupa air mineral, biasanya saya membawakan minuman berupa jus buah atau susu ke dalam bekal sekolah Dhia.

Selamat membuat bekal sekolah untuk si kecil di hari Senin besok Mommies :)


Post Comment